• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Thursday, August 11, 2022
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

  • Port
    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

    Dalam 6 Bulan, 1,8 Juta TEUs Lewat Pelabuhan Barcelona

    Dalam 6 Bulan, 1,8 Juta TEUs Lewat Pelabuhan Barcelona

    SCN Group Akan Kembangkan Pelabuhannya, Kenapa?

    SCN Group Akan Kembangkan Pelabuhannya, Kenapa?

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Gold Star Line Layani Rute Asia Tenggara Lewat IPC TPK

    Pasar Petikemas Diperkirakan Normal di Paruh Kedua 2022

    Maersk Ungguli Cosco, Karena..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Sungkono Ali : INSA Jaya Harus Kuat, Makanya Ketua Mesti Yang..

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Laba Operasional Hapag Lloyd Meroket 179%

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

  • Port
    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Tanjung Pelepas Tangani 1 Juta TEUs per Bulan

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing, Investasinya Rp 2,9 T

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    Rugi Besar, Pelaku Usaha Pertanyakan Kapan KCN Operasi Lagi

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    6 Bulan 2022, ICTSI Tangani 5,8 Juta TEUs

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Target Pelabuhan SCN Kabil Tak Muluk-muluk

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Tak Mudah Kembangkan Batu Ampar, Sebab..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

    Wajah Batu Ampar Semrawut & Kumuh, Bagaimana Tuh..

    Dalam 6 Bulan, 1,8 Juta TEUs Lewat Pelabuhan Barcelona

    Dalam 6 Bulan, 1,8 Juta TEUs Lewat Pelabuhan Barcelona

    SCN Group Akan Kembangkan Pelabuhannya, Kenapa?

    SCN Group Akan Kembangkan Pelabuhannya, Kenapa?

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Mungkinkah Banten Jadi Gateway Pelabuhan Curah Nasional

oceanweek by oceanweek
August 16, 2018
in Berita Lain, Uncategorized
Mungkinkah Banten Jadi Gateway Pelabuhan Curah Nasional
378
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kepastian hukum, dukungan pengembangan pelabuhan, serta belum seratus persen perlindungan dan keberpihakan pemerintah dalam mendukung usaha jasa terkait di kepelabuhanan Banten dinilai menjadi beberapa penghalang untuk Banten bisa menjadi gate way pelabuhan Curah Nasional.

Meski potensinya besar, serta fasilitas pelabuhan memadai, tetapi jika tak ada kepastian hukum, pelabuhan Banten sulit dapat berkembang. Berbagai pendapat tersebut mengemuka pada acara diskusi nasional Babak Baru Pelabuhan Banten, bertempat di Royal Krakatau Hotel Cilegon (Rabu/15/8) yang digelar Ocean Week.

Meski kargo dari hinterland pelabuhan Banten sangat besar, sekitar 80 juta ton in out per tahun, namun infrastruktur seperti akses jalan juga belum cukup mendukung. “Masih ada tumpang tindih antara BUP dan stakehoders,” kata Muchsin Mansyur, praktisi kepelabuhanan asal Banten kepada Ocean Week, di sela diskusi yang menghadirkan pembicara Chandra Motik (ahli Maritim), Bay M Hasani (pengamat maritim), Agus Santoso (Ketua INSA Banten), David Rahardian (direktur KBS), dan Alawi Mahmud (Ketua APBMI Banten).

Perbaikan infrastruktur memang menjadi harapan Alawi Mahmud agar pemerintah memperhatikan mengenai infrastruktur.

Pastinya, semua pelaku usaha maupun pemerintah dan operator pelabuhan/terminal sepakat bahwa Banten harus menjadi Marine Cluster Business, yang mampu menopang kejenuhan pebisnis di pelabuhan Tanjung Priok.

Apalagi, menurut Agus Santoso (Ketua INSA Banten), kondisi kedalaman pelabuhan di Banten yang sangat dalam karena faktor alam, cukup menarik bagi kapal-kapal besar dapat masuk dan melakuka kegiatan ke wilayah ini. Tapi, biasanya shipping menganut pada teori ship follow the trade, dimana ada perdagangan (barang), kapal akan mengikuti.

Makanya, bukan saja fasilitas pelabuhan yang mesti dibenahi, namun juga produktifitasnya. Sayangnya, buruh bongkar muat (TKBM) sebagai salah satu mata rantai kelancaran lalu lintas barang di pelabuhan Banten, kinerjanya dinilai masih belum sesuai harapan.

Disisi lain, pemerintah provinsi maupun pemerintah kota Cilegon pun terkesan tak mau ambil peduli dengan potensi pelabuhan yang ada di wilayahnya. Mereka terkesan hanya ingin enaknya saja. Misalnya, apa yang disampaikan gubernur Banten Wahidin Halim yang menyatakan pihaknya berharap agar pemerintah pusat memberikan kemudahan dan mengeluarkan kebijakan yang berpihak kepada daerah dalam rangka peningkatan pendapatan asi daerah (PAD) dari sektor jasa kepelabuhanan yang dapat dipungut langsung oleh pemerintah daerah guna mendukung pembangunan dan memajukan perekonomian daerah.

Tetapi, Kepala Dinas Perhubungan Banten Herdi Jauhari sempat meluruskan pernyataan gubernur tersebut. “Maksudnya bukan begitu, mungkin kami (Pemprof/Pemda) dapat bekerjasama dengan operator pelabuhan untuk pengelolaan, dan Pemda bisa lewat BUMD-nya,” katanya.

Potensi Banten untuk menjadi wilayah nomor 1 dalam bidang jasa kepelabuhanan sangat mungkin diwujudkan. Dan kata Bay M Hasani (mantan Direktur Lala Ditjen Hubla Kemenhub) hal itu pasti bisa, dengan berbagai catatan.

Jika dilihat dari sisi pelabuhannnya, sangat memungkinkan karena kedalamannya sangat memenuhi kapal besar bisa datang. “Sekarang tinggal bagaimana layanannya, sisi regulasinya, kenyamanan, keamanan, dan infrastrukturnya, kalau semua itu bisa, pasti keinginan menjadikan Banten sebagai gate way curah (multipurpose) akan terealisasi.

Seperti diketahui, ada 50 lebih TUKS berada di wilayah Banten, dua diantaranya sudah menjadi BUP yang memiliki konsesi. Keduanya adalah Cigading, pelabuhan yang dikelola KBS, dan Ciwandan yang dikelola Pelindo II Banten. Keduanya juga sudah ditetapkan dapat melayani kegiatan perdagangan internasional. Sementara satu TUKS yakni Merak Mas, secara regulasi sebenarnya masih belum diperbolehkan untuk kegiatan internasional. Namun, terminal yang satu ini selama ini sudah menangani kegiatan petikemas internasional, termasuk barang umum.

Untuk menuju Banten gate way multipurpose, Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT KBS David Rahadian menyatakan, untuk meningkatkan kualitas pelabuhan sedikitnya ada 4 hal yang harus diperhatikan yaitu kapasitas, fasilitas, teknologi informasi dan Sumber Daya Manusia (SDM). “Butuh pembangunan dermaga baru dan penambahan fasilitas, penggunaan teknologi informasi yang lebih baik, SDM yang diperkuat terus dengan pengetahuan dan pelatihan dan terakhir adalah membangun kemitraan dengan baik,” katanya.

Menurut David, sudah menjadi kewajiban dan keharusan memberikan kualitas pelayanan yang baik kepada seluruh costumer atau pelanggan pengguna jasa seluruh pelabuhan di Provinsi Banten. Sebab, satu saja costumer kecewa maka akan berefek kepada seluruh pelabuhan.

“Secara global pasti Banten atau pelabuhan se-Benten yang akan terkena dampaknya jika salah satu pelayanan yang diberikan kurang bagus. Sebab, pelabuhan ini adalah pelabuhan internasional,” jelasnya.

David menambahkan, volume ekspor dan impor di pelabuhan yang ada di Banten terus tumbuh dan didominasi cargo curah sekitar 40 juta ton. Pelabuhan di Banten juga memiliki jumlah bongkar dan muat terbesar di Indonesia untuk barang curah. “Kami harap statusnya bisa dinaikkan menjadi pelabuhan utama di indonesia seperti pelabuhan Priok,” ungkapnya.

Untuk bisa menuju kesana, menurut Chandra Motik, regulasi dan ranah hukumnya mesti jelas. (***)

Previous Post

Semester I, IPC Bukukan Laba Bersih Rp 1,21 Triliun

Next Post

Empat Kapal Patroli Kawal Obor Asian Games

Next Post
Empat Kapal Patroli Kawal Obor Asian Games

Empat Kapal Patroli Kawal Obor Asian Games

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3450 shares
    Share 1380 Tweet 863
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1979 shares
    Share 792 Tweet 495
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1697 shares
    Share 679 Tweet 424
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1589 shares
    Share 636 Tweet 397
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    1283 shares
    Share 513 Tweet 321

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Dengan Tol Laut, Mendag Kirimkan 1,3 Juta Liter Minyak ke Indonesia Timur

Dengan Tol Laut, Mendag Kirimkan 1,3 Juta Liter Minyak ke Indonesia Timur

August 11, 2022
Kemenhub Serahkan Lahan Reklamasi ke Petro Kimia Gresik

Kemenhub Serahkan Lahan Reklamasi ke Petro Kimia Gresik

August 11, 2022

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In