JIANGNAN Shipyard, anak perusahaan China State Shipbuilding Corporation (CSSC), berhasil mengirimkan kapal raksasa MSC Mette berkapasitas 24.116 TEU, ke MSC Mediterranean Shipping Company (MSC) dan ICBC Financial Leasing Co.
Selain MSC Mette, pelayaran raksasa dunia MSC juga menyambut kapal besar lainnya yakni MSC Mariella berkapasitas 24.000 TEU yang dikirim oleh Yangzi Xinfu Shipyard, anak perusahaan dari Jiangsu Yangzijiang Shipbuilding Group, bulan sebelumnya.
Seperti diketahui kapal MSC Mette dirancang oleh pembuat kapal China Hudong-Zhonghua, kapal ini memiliki dimensi yang mengesankan, dengan panjang total 399,99 meter, lebar 61,5 meter, dan kedalaman cetakan 33,2 meter.
Dengan kapasitas angkut 24.116 TEU, kapal ini termasuk di antara kapal peti kemas terbesar di dunia.
Kapal MSC Mette tersebut menampilkan berbagai elemen inovatif untuk meningkatkan efisiensi operasional dan meminimalkan dampak lingkungan. Fitur penting termasuk haluan bulat kecil, baling-baling berdiameter besar, dan saluran hemat energi.
Selain itu, kapal kontainer menggabungkan sistem pelumasan udara yang menciptakan lapisan gelembung antara lambung dan air, secara signifikan mengurangi gesekan dan hambatan hidrodinamik.
Teknologi ini diharapkan dapat memberikan penghematan energi sekitar tiga hingga empat persen, sehingga menghasilkan penurunan emisi CO2 yang substansial.
MSC Mette dilengkapi dengan sistem generator poros, yang pertama untuk kapal semacam itu.
Sistem tersebut dirancang untuk mengurangi konsumsi bahan bakar, mengoptimalkan Indeks Desain Efisiensi Energi (EEDI) kapal, dan selanjutnya menurunkan emisi gas rumah kaca.
Kapal ini adalah bagian dari rangkaian, dengan total empat kapal, dan yang terakhir akan dikirimkan pada akhir September tahun ini. (**/scn)