• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Thursday, February 2, 2023
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Maersk : Tetapkan Tanggal Akhir Pengiriman Bahan Bakar Fosil

    Pelayaran Raksasa MSC Kalahkan Maersk..

    Atas Dukungan INSA, Kata PLN Stok Batubara di PLTU Aman

    Atas Dukungan INSA, Kata PLN Stok Batubara di PLTU Aman

    Guangzhou Port Investasi $ 1 Miliar Untuk Bangun Dermaga Baru

    Matinya Operator Kapal Kecil Jalur Perdagangan Dunia

    CMA CGM Beli 2 Terminal Peti Kemas AS

    CMA CGM Beli 2 Terminal Peti Kemas AS

    OOCL Pesan 7 Kapal Baru 24.000 TEU

    Angkutan Kontainer Beralih ke Kapal Besar, Karena..

    Kapal Pesiar Viking Mars Masuk Priok, Wisatawan Bisa ke TMII

    Kapal Pesiar Viking Mars Masuk Priok, Wisatawan Bisa ke TMII

    INSA Berharap KCN Dibuka Kembali

    Ancaman Resesi di 2023, Pebisnis Pelayaran Mesti Waspada

    Samudera Indonesia Akan Tambah 7 Kapal

    Samudera Indonesia Akan Tambah 7 Kapal

    Selama 9 Bulan, Laba Hapag Lloyd Capai US$ 13,8 M

    Selama 9 Bulan, Laba Hapag Lloyd Capai US$ 13,8 M

  • Port
    Patimban, Pelabuhan yang Bermimpi Saingi Priok

    Patimban, Pelabuhan yang Bermimpi Saingi Priok

    Kapal-kapal Besar Sudah Bisa Sandar di Terminal DABN

    Kapal-kapal Besar Sudah Bisa Sandar di Terminal DABN

    Perhubungan Pertanyakan Kenapa KCN Belum Buka Lagi Terminalnya

    Perhubungan Pertanyakan Kenapa KCN Belum Buka Lagi Terminalnya

    ADB Gelontorkan Dana Untuk Kembangkan Terminal Petikemas di India

    ADB Gelontorkan Dana Untuk Kembangkan Terminal Petikemas di India

    IPC TPK Torehkan Banyak Prestasi, Tangani 2,8 Juta TEUs Lebih

    IPC TPK Torehkan Banyak Prestasi, Tangani 2,8 Juta TEUs Lebih

    Tanjung Batu Gandeng Temas Port Kembangkan Pelabuhan

    Tanjung Batu Gandeng Temas Port Kembangkan Pelabuhan

    Pelabuhan Chabahar dan Masa Depannya..

    Pelabuhan Chabahar dan Masa Depannya..

    Throughput Pelabuhan Tianjin Lampaui 21 Juta TEUs

    Throughput Pelabuhan Tianjin Lampaui 21 Juta TEUs

    ICTSI Perluas Dermaga, Kapal 18.000 TEUs Bisa Dilayani

    ICTSI Perluas Dermaga, Kapal 18.000 TEUs Bisa Dilayani

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Galangan Yangzijiang Teken Kontrak Pembuatan 22 Kapal Baru

    Galangan Yangzijiang Teken Kontrak Pembuatan 22 Kapal Baru

    Walkot Restui Jika Pelni Bangun Galangan di Bau-bau

    Walkot Restui Jika Pelni Bangun Galangan di Bau-bau

    Industri Perkapalan Berperan Mewujudkan RI Sebagai Poros Maritim

    Industri Perkapalan Berperan Mewujudkan RI Sebagai Poros Maritim

    Kemampuan Membangun Kapal Selam Sangat Penting

    Kemampuan Membangun Kapal Selam Sangat Penting

    Kemenperin Siap Pasok SDM Dukung Industri Galangan Kapal

    Kemenperin Siap Pasok SDM Dukung Industri Galangan Kapal

    BKI-PAL MoU Untuk Kemajuan Industri Maritim Nasional

    BKI-PAL MoU Untuk Kemajuan Industri Maritim Nasional

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT. MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT. PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Maersk : Tetapkan Tanggal Akhir Pengiriman Bahan Bakar Fosil

    Pelayaran Raksasa MSC Kalahkan Maersk..

    Atas Dukungan INSA, Kata PLN Stok Batubara di PLTU Aman

    Atas Dukungan INSA, Kata PLN Stok Batubara di PLTU Aman

    Guangzhou Port Investasi $ 1 Miliar Untuk Bangun Dermaga Baru

    Matinya Operator Kapal Kecil Jalur Perdagangan Dunia

    CMA CGM Beli 2 Terminal Peti Kemas AS

    CMA CGM Beli 2 Terminal Peti Kemas AS

    OOCL Pesan 7 Kapal Baru 24.000 TEU

    Angkutan Kontainer Beralih ke Kapal Besar, Karena..

    Kapal Pesiar Viking Mars Masuk Priok, Wisatawan Bisa ke TMII

    Kapal Pesiar Viking Mars Masuk Priok, Wisatawan Bisa ke TMII

    INSA Berharap KCN Dibuka Kembali

    Ancaman Resesi di 2023, Pebisnis Pelayaran Mesti Waspada

    Samudera Indonesia Akan Tambah 7 Kapal

    Samudera Indonesia Akan Tambah 7 Kapal

    Selama 9 Bulan, Laba Hapag Lloyd Capai US$ 13,8 M

    Selama 9 Bulan, Laba Hapag Lloyd Capai US$ 13,8 M

  • Port
    Patimban, Pelabuhan yang Bermimpi Saingi Priok

    Patimban, Pelabuhan yang Bermimpi Saingi Priok

    Kapal-kapal Besar Sudah Bisa Sandar di Terminal DABN

    Kapal-kapal Besar Sudah Bisa Sandar di Terminal DABN

    Perhubungan Pertanyakan Kenapa KCN Belum Buka Lagi Terminalnya

    Perhubungan Pertanyakan Kenapa KCN Belum Buka Lagi Terminalnya

    ADB Gelontorkan Dana Untuk Kembangkan Terminal Petikemas di India

    ADB Gelontorkan Dana Untuk Kembangkan Terminal Petikemas di India

    IPC TPK Torehkan Banyak Prestasi, Tangani 2,8 Juta TEUs Lebih

    IPC TPK Torehkan Banyak Prestasi, Tangani 2,8 Juta TEUs Lebih

    Tanjung Batu Gandeng Temas Port Kembangkan Pelabuhan

    Tanjung Batu Gandeng Temas Port Kembangkan Pelabuhan

    Pelabuhan Chabahar dan Masa Depannya..

    Pelabuhan Chabahar dan Masa Depannya..

    Throughput Pelabuhan Tianjin Lampaui 21 Juta TEUs

    Throughput Pelabuhan Tianjin Lampaui 21 Juta TEUs

    ICTSI Perluas Dermaga, Kapal 18.000 TEUs Bisa Dilayani

    ICTSI Perluas Dermaga, Kapal 18.000 TEUs Bisa Dilayani

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Galangan Yangzijiang Teken Kontrak Pembuatan 22 Kapal Baru

    Galangan Yangzijiang Teken Kontrak Pembuatan 22 Kapal Baru

    Walkot Restui Jika Pelni Bangun Galangan di Bau-bau

    Walkot Restui Jika Pelni Bangun Galangan di Bau-bau

    Industri Perkapalan Berperan Mewujudkan RI Sebagai Poros Maritim

    Industri Perkapalan Berperan Mewujudkan RI Sebagai Poros Maritim

    Kemampuan Membangun Kapal Selam Sangat Penting

    Kemampuan Membangun Kapal Selam Sangat Penting

    Kemenperin Siap Pasok SDM Dukung Industri Galangan Kapal

    Kemenperin Siap Pasok SDM Dukung Industri Galangan Kapal

    BKI-PAL MoU Untuk Kemajuan Industri Maritim Nasional

    BKI-PAL MoU Untuk Kemajuan Industri Maritim Nasional

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Throughput Yantian Naik 10 Persen

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    Pekerja Galangan Mogok, Tuntut Upah Naik 30%

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT. MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT. PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

oceanweek by oceanweek
October 25, 2020
in Berita Lain, Uncategorized
Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran
1.6k
SHARES
9.7k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Nota kesepahaman antara Kemenhub RI dengan Kepolisian RI no. HK 202/13/DJPL/2020, no. NK /21/2020 tentang Pelaksanaan Penegakan Hukum di bidang Pelayaran, memperoleh kritik negatif dari para pelaku pelayaran, karena dalam implementasinya dirasakan merugikan pelayaran.

“Kecurigaan kita mungkin karena MOU ini. Polisi sampai naik-naik kapal mengecheck document kapal dan manifest muatan?. Ijin berlayarpun dikondisikan harus lapor Polres? baru KUPP beri SPB? ini laporan dari anggota-anggita kita. Sejak kapan SPB harus seperti itu,” kata Hasanul Batubara (Ketua DPC INSA Berau Kaltim) kepada Ocean Week menjawab melalui WhatsApp nya, Minggu sore.

Hasanul Batubara menyatakan kalau hal itu merupakan laporan dari para pemilik kapal dan pemilik barang khususnya komuditas kayu, besitua, dan CPO.

“Kejadiannya sejak KUPP yang baru ini. Saya sudah minta mereka (pelayaran) buat laporan tertulis ke kita (INSA Berau),” ujarnya.

Ketika masalah ini Ocean Week konfirmasikan kepada Dirjen Perhubungan Laut R. Agus Purnomo, melalui WA nya, hingga tulisan ini dibuat belum memperoleh jawaban.

Sementara itu, Capt. Zaenal Hasibuan (pelaku bisnis pelayaran) mengaku sangat prihatin dengan kejadian tersebut. “Dengan adanya MOU Hubla & Polri, kebetulan yang nandatangani MOU tersebut sekarang jadi Polda Kaltim. Kasihan anggota-anggota kita kapal-kapak diperikasai Polri, baik Polres maupun Polda,  ujung-ujubgnya pemilik kapal dan TUKS di BAP di Polres,” ungkap Zaenal melalui WA-nya kepada Ocean Week, Minggu malam.

Zaenal mengemukakan, karena kondisi ini, ujung-ujungnya owner TUKS dan Ships owner terpaksa harus silaturahmi dengan Kapolres (Polda)?. “Mereka lapornya kekita (INSA) juga sebagai ketua Forum dan DPC INSA karena di Berau belum ada Assosiasi TUKS,” kata Zaenal mengutip omongan Hasanul Batubara.

Atas keluhan tersebut, katanya, KUPP di Tanjun Redep tiga hari lalu sudah dipanggi oleh ketua DPRD untuk dimintai penjelasannya.

Hasanul juga masih belum memberikan informasi lebih detil kepada Ocean Week mengenai masalah ini, karena dia berjanji akan memberi informasi setelah mendapat laporan dari sekretariat DPC INSA Berau.

“Ada baiknya kalau Menhub juga mengetahui soal ini, pelayaran selama ini sudah cukup berat dengan kondisi dan situasinya, ini malah ditambah masalah lagi,” keluh Hasanul.

Sedangkan DR. Umar Aris, staf ahli Kemenhub melihat kebijakan MOU yang dibuat ini masih relatif aman dari persfektif Hukum, namun DJPL harus tetap Waspada dan Sungguh-sungguh mendengar masukan-masukan terutama pelaku operator di lapangan akan dampaknya suatu kebijakan dilapangan.

“Yang tau persis ya kawan-kawan di lapangan ( wajib didengar) sepanjang di dukung data, fakta dan kenyataan dengan bukti-bukti ( bukan asumsi atau baru kekhawatiran-kekhawatiran dan boleh juga. Saya katakan aman MOU bukan peraturan perundang-undangan, dia dikacamata hukum tidak lebih NOTA KESEPAHAMAN, SALING DUKUNG, SALING PENGERTIAN DAN SINERGITAS dari pertukaran data, kerjasama operasi, tukar menukar informasi serta SINERGI DAN KOLABORASI POSITIF dua instansi ini. Karena hanya MOU, maka dalam pelaksanaan operasionalnya dia tetap tunduk pada peraturan perundang-undangan yang ada untuk Pelayaran ( UU 17/ 2008, PP dan permenhub peraturan pelaksanaanya). Makanya perlu sosialisasi bersama antara Polri dan DJPL, pesertanya juga unsur Polri dan DJPL untuk mendengar langsung maksud tujuan MOU ini supaya ada pemahaman bersama, tidak menafsirkan masing-masing,” kata Umar panjang lebar.

Untuk diketahui dalam bab VII Nota Kesepahaman tersebut disebutkan, para pihak (Polri-DJPL) sepakat melakukan monitoring dan evaluasi terkait pelaksanaan nota kesepahaman ini secara bersama-sama dan berkala paling sedikit 2 kali dalam setahun atau secara insidentil sesuai kebutuhan dan berdasarkan kesepakatan para pihak.

“Kalau memang bisa ya evaliasi, kalau perlu dibatalkan saja MoU tersebut, karena telah membuat keresahan pelayaran,” kata Capt. Zaenal.

Sekali lagi Menhub harus turun tangan supaya masalahnya bisa selesai dengan baik. (**)

Previous Post

Urus Buku Pelaut, Tunggu Mobil Keliling Syahbandar Priok

Next Post

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

Next Post

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3609 shares
    Share 1444 Tweet 902
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    2020 shares
    Share 808 Tweet 505
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1764 shares
    Share 706 Tweet 441
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1643 shares
    Share 657 Tweet 411
  • Imbas BBM Naik, Ongkos Truk Angkut Kontainer Naik 25%

    1380 shares
    Share 552 Tweet 345

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Tarigan : Dua Kali Saja Cukup..

TBS Boleh Ujicoba, Tapi Siapkan Juga Buffer Area Truknya

February 2, 2023
Pengurus APBMI Marunda ke DPW, Diminta Lengkapi Kepengurusan

Pengurus APBMI Marunda ke DPW, Diminta Lengkapi Kepengurusan

February 2, 2023

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In