• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Saturday, November 8, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

  • Port
    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Kuartal III, IPCC Bubukan Laba Rp190,30 Miliar

    Kuartal III, IPCC Bubukan Laba Rp190,30 Miliar

    INSA & APBMI Apresiasi Kinerja Pelindo Ciwandan

    INSA & APBMI Apresiasi Kinerja Pelindo Ciwandan

    Dua Kapal Internasional Sandar Sekaligus di IKT, Bongkar Puluhan Ribu Kendaraan

    Dua Kapal Internasional Sandar Sekaligus di IKT, Bongkar Puluhan Ribu Kendaraan

    2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas

    2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

  • Port
    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Kuartal III, IPCC Bubukan Laba Rp190,30 Miliar

    Kuartal III, IPCC Bubukan Laba Rp190,30 Miliar

    INSA & APBMI Apresiasi Kinerja Pelindo Ciwandan

    INSA & APBMI Apresiasi Kinerja Pelindo Ciwandan

    Dua Kapal Internasional Sandar Sekaligus di IKT, Bongkar Puluhan Ribu Kendaraan

    Dua Kapal Internasional Sandar Sekaligus di IKT, Bongkar Puluhan Ribu Kendaraan

    2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas

    2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Limbah B3 & Sampah Masih Jadi Problem Tanjung Priok, Kenapa?

oceanweek by oceanweek
February 1, 2021
in Berita Lain, Uncategorized
Limbah B3 & Sampah Masih Jadi Problem Tanjung Priok, Kenapa?

Kapal sedang di Priok. (**)

410
SHARES
2.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Hingga sekarang pelabuhan Tanjung Priok masih dinilai rapor merah oleh kementerian lingkungan hidup dan kehutanan (KLHK). Karena pelabuhan tersibuk di Indonesia ini dianggap belum ‘becus’ menangani pencemaran polusi laut atau limbah maupun sampah.

Namun, penilaian KLHK itu berbanding terbalik dengan apa yang disampaikan Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara. Sebab melalui suratnya yang ditujukan kepada Badan Pengurus Pusat Asosiasi Pengelolaan Limbah B3 (APLI), tanggal 15 Januari 2021 lalu, Achmad Hariadi (Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Jakut) justru memberi apresiasi dan dukungan atas inisiasi APLI dalam pengelolaan sampah maupun limbah non B3 yang berasal dari kapal maupun kegiatan di wilayah PT Pelindo Tanjung Priok dengan mengikuti ketentuan dalam peraturan daerah no. 03 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah di daerah provinsi Jakarta.

Ketua Umum APLI Poltak Simbolon kepada Ocean Week, menyatakan rasa terimakasihnya atas penilaian yang diberikan oleh pihak Sudin Kebersihan Kota Jakarta Utara atas penanganan limbah B3 dan sampah non B3 di pelabuhan Tanjung Priok oleh anggotanya. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Sudin Kebersihan Jakut atas apresiasi tersebut. Dan kami akan terus berupaya profesional dalam penangana limbah dan sampah di pelabuhan,” katanya, di Jakarta, baru-baru ini.

Seperti diketahui bahwa dalam beberapa tahun belakangan, penanganan limbah B3 di pelabuhan Priok ditangani oleh Pelindo Tanjung Priok yang kemudian bekerjasama dengan Indowastek (salah satu vendor) untuk menangani masalah limbah B3 dari kapal yang berkegiatan di Priok ini.

Sementara itu Munif, salah satu pengurus INSA Jaya menyambut baik dukungan dari pemerintah Jakarta melalui suku dinas kebersihan Jakarta Utara itu. “Ini jadi langkah yang baik, karena Pemkot pun ternyata memperhatikan juga soal ini,” ujarnya.

Dia berharap, PT Pelindo Cabang Tanjung Priok tak setengah hati dalam penanganan limbah dan sampah di wilayah pelabuhan Tanjung Priok ini.

“Kalau memang ingin mewujudkan Priok green port, ya harus total, jangan setengah-setengah, di lepas kepalanya dipegangin buntutnya,” kata Munif.

Poltak Simbolon melalui APLI juga mengaku siap jika diminta oleh Pelindo Priok harus menyiapkan infrastruktur pendukung untuk penanganan limbah kapal maupun sampah secara full.

Memang untuk merealisasikan keinginan pemerintah Tanjung Priok sebagai pelabuhan berwawasan ramah lingkungan diperlukan kesadaran semua pihak.

Dari sisi regulator kelihatannya tak perlu diragukan. Mengingat, Syahbandar Pelabuhan Priok sudah menyiapkan kebijakan yang tegas untuk itu, salah satunya pelaporan riil melalui inaportnet.

“Jadi, pihak kapal yang masuk ke pelabuhan Priok harus melaporkan kondisi limbahnya/sampahnya di inaportnet sehingga pemerintah bisa mengetahui kondisi limbahnya yang ada di kapal,” kata Capt. Wisnu Handoko, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok, kepada Ocean Week, di kantornya, akhir pekan lalu.

Wisnu pun mengaku sudah menyiapkan langkah untuk memberikan sanksi kepada pihak kapal kalau tak memberikan laporannya dengan benar.

Bahkan, kemungkinan akan meng-hold ijasah Nakhoda, dan tak memberikan SPB (surat perintah berlayar) bagi kapal yang tak mentaati aturan berlaku.

Langkah yang ditempuh oleh pihak Syahbandar juga mendapat dukungan dari pihak Otoritas Pelabuhan, termasuk Dirjen Perhubungan Laut.

Nah, sekarang tinggal sejauhmana pihak Pelindo Cabang Tanjung Priok dan pihak pelayaran mendukung kebijakan ini, karena hal inipun untuk kepentingan mereka juga, menjadikan Tanjung Priok green port.

Untuk itu, Capt. Wisnu Handoko menyatakan akan melakukan ujicoba kepada tiga perusahaan pelayaran (Pelni, Meratus, dan Temas) yang masing-masing dengan tiga kapal telah menyepakati untuk penanganan limbah terpadu. “Kami sudah mulai untuk menerapkan kepada kapal-kapal ketiga pelayaran itu, kalau nanti sudah ok, baru melangkah ke semua pelayaran yang berkegiatan disini (pelabuhan Priok),” kata Wisnu.

Untuk diketahui, bahwa kewajiban untuk penginputan barang bagi kapal-kapal pembawa limbah (sampah) tersebut sebenarnya sudah sejak Oktober 2018 lalu diminta oleh Dirjen Perhubungan Laut Agus Purnomo melalui surat edarannya no. Um-003/86/18/DJPL-18. Bahkan sewaktu Syahbandar Priok dipimpin Amiruddin, pada Juli 2019 juga mengeluarkan edaran akan hal itu. Sayang kewajiban ini masih belum banyak diindahkan oleh pelayaran.

Selama tiga tahunan terakhir hanya ada 135 kapal yang melaporkan sampahnya. Padahal setiap tahun sekitar 16 ribu kapal berkegiatan di pelabuhan Tanjung Priok ini.

Jadi, untuk mewujudkan Green Port Tanjung Priok, perlulah sekali lagi kesadaran semu pihak, karena tanpa itu akan sulit pelabuhan berwawasan ramah lingkungan bisa tercapai, dan ini juga menjadi tugas Sekertariat Bersama untuk selalu menyadarkan kepada semuanya. (***)

Previous Post

Khofifah Berangkatkan Kapal Kemanusiaan ke Kalsel

Next Post

TPS SURABAYA

Next Post

TPS SURABAYA

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6216 shares
    Share 2486 Tweet 1554
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5396 shares
    Share 2158 Tweet 1349
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4498 shares
    Share 1799 Tweet 1125
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3944 shares
    Share 1578 Tweet 986
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3817 shares
    Share 1527 Tweet 954

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Indonesia Komit Jaga Ketahanan Maritim dan Perlindungan Laut

Indonesia Komit Jaga Ketahanan Maritim dan Perlindungan Laut

November 7, 2025
Pelindo Priok Dukung Implementasi PAB

Pelindo Priok Dukung Implementasi PAB

November 7, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In