• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, December 8, 2023
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Carmelita Hartoto Terpilih Sebagai Chairman FASA

    Carmelita Hartoto Terpilih Sebagai Chairman FASA

    CMA CGM Benahi Layanan Baru Asia-Afrika

    CMA CGM Benahi Layanan Baru Asia-Afrika

    Maersk Restrukturisasi Layanan di Jaringan Timur Jauh-Afrika

    Maersk Restrukturisasi Layanan di Jaringan Timur Jauh-Afrika

    Laba Hapag Lloyd Turun 77%, Tarif Angkut Juga Turun

    Laba Hapag Lloyd Turun 77%, Tarif Angkut Juga Turun

    Buka Layanan Baru, Pendapatan OOCL Turun 65,1%

    Buka Layanan Baru, Pendapatan OOCL Turun 65,1%

    2025, Hapag-Lloyd Bakal Operasikan Selusin Kapal Raksasanya

    2025, Hapag-Lloyd Bakal Operasikan Selusin Kapal Raksasanya

    CMA CGM Kembali Luncurkan Kapal 13.000 TEU Senilai US$ 2,3 M

    CMA CGM Dinobatkan Sebagai Best Global Shipping Line

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

  • Port
    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Bisnis Kepelabuhanan Selalu Ada Tantangan

    TPK Batu Ampar Dikembangkan, Ironi 50 Juta Kontainer Tak Satupun Masuk Batam

    TPK Batu Ampar Dikembangkan, Ironi 50 Juta Kontainer Tak Satupun Masuk Batam

    Operator DP World Australia Kena Serangan Siber, Operasional Terhenti Puluhan Ribu Kontainer Menumpuk

    Operator DP World Australia Kena Serangan Siber, Operasional Terhenti Puluhan Ribu Kontainer Menumpuk

    Abu Dhabi Tertarik Kelola Terminal Petikemas Patimban

    Abu Dhabi Tertarik Kelola Terminal Petikemas Patimban

    China Merchants Ambil Alih 51% Saham Pengendali Nusantara Pelabuhan Handal

    China Merchants Ambil Alih 51% Saham Pengendali Nusantara Pelabuhan Handal

    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Produksi Long Beach Salip LA, November Akan..

    Produksi Long Beach Salip LA, November Akan..

    Pelabuhan Penajam Benua Siap Jadi Persinggahan Pengiriman Logistik IKN

    Pelabuhan Penajam Benua Siap Jadi Persinggahan Pengiriman Logistik IKN

    Akses Jalan Tol & Pelabuhan Patimban Terus Dibangun, 2025 Selesai

    Akses Jalan Tol & Pelabuhan Patimban Terus Dibangun, 2025 Selesai

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Carmelita Hartoto Terpilih Sebagai Chairman FASA

    Carmelita Hartoto Terpilih Sebagai Chairman FASA

    CMA CGM Benahi Layanan Baru Asia-Afrika

    CMA CGM Benahi Layanan Baru Asia-Afrika

    Maersk Restrukturisasi Layanan di Jaringan Timur Jauh-Afrika

    Maersk Restrukturisasi Layanan di Jaringan Timur Jauh-Afrika

    Laba Hapag Lloyd Turun 77%, Tarif Angkut Juga Turun

    Laba Hapag Lloyd Turun 77%, Tarif Angkut Juga Turun

    Buka Layanan Baru, Pendapatan OOCL Turun 65,1%

    Buka Layanan Baru, Pendapatan OOCL Turun 65,1%

    2025, Hapag-Lloyd Bakal Operasikan Selusin Kapal Raksasanya

    2025, Hapag-Lloyd Bakal Operasikan Selusin Kapal Raksasanya

    CMA CGM Kembali Luncurkan Kapal 13.000 TEU Senilai US$ 2,3 M

    CMA CGM Dinobatkan Sebagai Best Global Shipping Line

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

  • Port
    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Bisnis Kepelabuhanan Selalu Ada Tantangan

    TPK Batu Ampar Dikembangkan, Ironi 50 Juta Kontainer Tak Satupun Masuk Batam

    TPK Batu Ampar Dikembangkan, Ironi 50 Juta Kontainer Tak Satupun Masuk Batam

    Operator DP World Australia Kena Serangan Siber, Operasional Terhenti Puluhan Ribu Kontainer Menumpuk

    Operator DP World Australia Kena Serangan Siber, Operasional Terhenti Puluhan Ribu Kontainer Menumpuk

    Abu Dhabi Tertarik Kelola Terminal Petikemas Patimban

    Abu Dhabi Tertarik Kelola Terminal Petikemas Patimban

    China Merchants Ambil Alih 51% Saham Pengendali Nusantara Pelabuhan Handal

    China Merchants Ambil Alih 51% Saham Pengendali Nusantara Pelabuhan Handal

    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Produksi Long Beach Salip LA, November Akan..

    Produksi Long Beach Salip LA, November Akan..

    Pelabuhan Penajam Benua Siap Jadi Persinggahan Pengiriman Logistik IKN

    Pelabuhan Penajam Benua Siap Jadi Persinggahan Pengiriman Logistik IKN

    Akses Jalan Tol & Pelabuhan Patimban Terus Dibangun, 2025 Selesai

    Akses Jalan Tol & Pelabuhan Patimban Terus Dibangun, 2025 Selesai

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Keppres Solusi Tepat Dwelling Time

ocean_M.admin by ocean_M.admin
September 23, 2016
in Berita Lain
336
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Penyelesian dwelling time di pelabuhan dinilai Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) DPW DKI Jakarta bukan dengan cara menerjunkan kepolisian, memerintahkan Menteri Perhubungan yang sekarang terlihat ngotot koordinasi sana-sini menuntaskan masalah ini.

Dwelling Time adalah masa inap container di pelabuhan mulai unloading sampai gate out, yang di dalamnya ada 3 penyelesaian dokumen ( Pre Clearance, Custom Clearance dan pos Clearance) yang hitungannya adalah ketiga urusan tersebut sudah di selesaikan.

“Mengatasi dwelling time untuk pelabuhan Indonesia, mestinya Presiden Jokowi keluarkan saja Keppres (Keputusan presiden). Dari 18 K/L (institusi pemerintah) yang terlibat dalam komponen dwelling time ini, Regulasi  yang memayungi masing-masing disederhanakan akan tetapi pengawasan tidak boleh diabaikan  karena kepentingan Pemerintah maupun Industri / dunia usaha tetap terjaga tentunya perlu menghilangkan ego sektoral di seluruh lembaga yang terkait dan seluruhnya masuk dalam Virtualisasi Otomasi  satu atap dalam system National Single Window (NSW),” kata Adil Karim, Sekretaris ALFI Jakarta.

Mantan anggota tim Mini Lab Kemenkeu di era pemerintahan Presiden SBY untuk system logistic nasional (termasuk tim dwelling time), Adil mengemukakan dengan Virtualisasi Otomasi satu atap untuk pree-clearance tentunya  ini yang harus di dorong dengan Keppres. Disamping itu Lampiran Dokumen untuk mengurus perijinan ( Lartas ) Seperti B/L bukan merupakan keharusan karena importir / pengguna jasa sudah pasti memiliki B/L yang terkadang dokumen B/L  tersebut belum diterima dari rekanan di luar negeri, ini salah satu contoh penyederhanaan pengurusan perijinan disamping penyederhanaan regulasi.

Jika kementerian perhubungan dalam mengatasi dwelling time harus memaksakan dengan mengeluarkan kebijakan tariff progresif yang berlaku di  4 pelabuhan (Priok, Makassar, Belawan dan Perak), itu juga kurang tepat. Sebab, masalahnya bukan disitu. “Ini sudah menyangkut system, seharusnya lebih didorong koodinasi antar instansi/lembaga,” katanya.

Selain itu, ungkap pengurus Kadin ini, koordinasi antar instansi pemerintah (Bea Cukai, Karantina, Perdagangan, Perhubungan dsb) maupun pengguna jasa pelabuhan mesti juga disatukan dalam sebuah system layanan satu atap secara virtualisasi.

Selama ini, menurut Adil, penyelesaian importasi ada suatu ketergantungan, penyebabnya antara lain Esensi nomor BC 1.1 pada PIB itu sering agak lama diperoleh dari pelayaran, sehingga pada saat PIB ingin di-submit ke Inhouse bea cukai menjadi terkendala, walaupun dari Bea Cukai sudah ada kebijakan Pra Free notification untuk Non Jalur Prioritas. “Menunggu respon SPPB dari PIB jika terkena jalur kuning  juga sulit diprediksi waktunya bisa memakan waktu 1 sampai 2 hari sehingga memberi kontribusi lamanya barang dikeluarkan dari lini I quay yard,” ungkapnya.

Adil juga menyatakan bahwa DO yang diterbitkan Agen Pelayaran pun memiliki durasi tanggal expired date sehingga jika terjadi kendala proses pengurusan dokumen  yang lama maka freight forwarder harus kembali ke kantor perwakilan agen pelayaran untuk menerbitkan DO yang baru lagi dengan tanggal jatuh temponya dan akhirnya kontainer masih berlama-lama di lini  I quay yard dan tentunya penambahan biaya penumpukan dengan tariff progresif. Padahal pada saat Tim Mini LabKemenkeu pembahasan dan rekomendasi kami salah satunya adalah DO online ( tahun 2014 dikeluarkan edaran oleh Dirjend Hubla pada saat itu Bobby Mamahit.) dan kami rekomendasikan juga e-payment untuk pembayaran di pelayaran sehingga bisa memangkas waktu Inap Container (Dwelling Time) ini merupakan salah satu tugas Kemenhub saat ini untuk mengumpulkan seluruh pelayaran / agentnya sehingga bersama-sama menyelesaikan Dwelling time yang saat ini justru di dorong menjadi 2,5untuk Tg.Priok dan 3.5hari untuk belawan, perak dan makasar.

Ketika SP2 diterbitkan maka untuk mengambil barang di lini I quay yard itu, freight forwarder/ PPJK  harus memberikan dokumen SP2 kepada angkutan truk sehingga terkadang sulit juga dapat kepastian berapa lama / berapa jam truk bisa tiba untuk ambil Container yang sudah mengantongi SP2 di karenakan kemacetan dan sebagainya ( ini diperlukan perbaikan infrastruktur jalan dari dan ke pelabuhan ) supaya Post Clearancenya dapat tercapai dan tentunya importir juga harus di mapping mana yang suka mengendapkan container di pelabuhan dan mana yang benar2 kesulitan untuk mengeluarkan barang di pelabuhan akibat terkadang kesulitan mencari truk pengangkut.

Terkadang koordinasi tidak menunjukkan kekompakan sehingga truk sudah berada di pelabuhan sementara kontainer yang mau diambil masih di atas kapal (belum dibongkar/ ditempatkan di lini I quay yard) atau juga sebagian sudah dipindahkan ke TPS lini II.

Jika terjadi peralihan kontainer dari lini I quay yard ke TPS lini II di luar pelabuhan maka perubahannya ini tidak disampaikan kepada Forwarder atau supir truk pengangkut kontainer dan akhirnya kontainer berlama-lama di TPS dengan biaya demurrage cost progressive yang sama dengan hitungannya di lini I quay yard.

“Kalau hal itu dapat dikoornasi dengan tepat, hal itu barangkali bisa menjadi solusi dwelling time di pelabuhan,” kata Adil. (***)

Previous Post

Kapal Tenggelam di Teluk Lamong

Next Post

Ever Power Masuk MAL

Next Post

Ever Power Masuk MAL

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3374 shares
    Share 1350 Tweet 844
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2442 shares
    Share 977 Tweet 611
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1639 shares
    Share 656 Tweet 410
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1494 shares
    Share 598 Tweet 374
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1481 shares
    Share 592 Tweet 370

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

TPK KOJA

December 8, 2023

TPS SURABAYA

December 8, 2023

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In