• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Wednesday, September 27, 2023
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    Volume Menurun, 2M Memutuskan Tokyo Dari Layanan TP8

    Akhir Juli, Maersk Berencana Naikkan Tarif 49%

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

  • Port
    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    SPTP Prioritaskan Transformasi Operasional, Hasilnya Top

    Pelabuhan di Tiongkok Sudah Tangani Petikemas 176,2 juta TEU

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    Volume Menurun, 2M Memutuskan Tokyo Dari Layanan TP8

    Akhir Juli, Maersk Berencana Naikkan Tarif 49%

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

  • Port
    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    SPTP Prioritaskan Transformasi Operasional, Hasilnya Top

    Pelabuhan di Tiongkok Sudah Tangani Petikemas 176,2 juta TEU

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Kaltara, Potensi Masa Depan Indonesia

ocean_M.admin by ocean_M.admin
July 16, 2017
in Berita Lain
337
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Menko Maritim Luhut Pandjaitan mengapresiasi terhadap rencana pembangunan PLTA (pembangkit listrik tenaga air) Kayan 9.000 Megawatt (MW) oleh Pemprov. Kaltara.

“Gubernur Kaltara (H Irianto Lambrie-red) sudah mengatakan, investor yang tertarik ke PLTA itu PT KHE (Kayan Hydro Energy). Namun, ada lagi investor yang juga tertarik, sudah meninjau dan meyakinkan bahwa dia sudah mencapai profit dalam mengelola investasi di Indonesia. Jadi, saya pikir, mau apalagi, kita akan buat mereka bergabung untuk mengelola PLTA Kayan. Kita tak perlu terlalu khawatir akan hal ini,” kata Luhut saat konferensi pers disela Rakor Pemerintah, Pemerintah Daerah dan BI di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Jumat (14/7).

Menurut Luhut, pengelolaan bersama antar investor itu tidak akan membebani negara maupun daerah. Karena, sifatnya Bussines to Bussines (B to B). “Biarkan saja dikelola seperti itu. Kalau nanti ada private sector atau state on company yang masuk, dipersilakan. Tapi ingat, ini B to B, dalam urusan peminjaman dana, pertanggungjawaban pemerintah sebagai umbrella-nya. Dan, tak menambah rasio utang kita ke PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa), toh utang kita ke PBB masih dibawah 30 persen,” ungkapnya.

Luhut mengemukakan, hilirisasi industri bersifat mutlak dan terintegrasi. “Indonesia tak boleh lagi mengekspor material mentah, harus melihat nilai tambahnya. Kalimantan, khususnya Kaltara, potensi hilirisasi itu ada pada kelapa sawit. Yang diatur saat ini adalah supply-nya, jangan sampai berlebihan sehingga harganya bisa mencapai USD 800 per ton. Ini baik, tapi kita benahi lagi agar tak berhenti sampai disitu. Harus ada turunannya, industri hilir kelapa sawit itu sendiri,” ucap Menko Maritim Luhut.

Kata Luhut, ketertarikan investasi ke suatu daerah tergantung pada besaran return yang diperoleh investor. Ditambah dengan kemudahan dalam regulasi investasi dari pemerintah daerah.

“Siapapun investornya. Dari Jepang, Tiongkok atau kombinasi, kita sudah punya parameter yang jelas untuk menjalankan fungsi masing-masing. Jadi, polanya sederhana,” jelasnya.

Tol Laut

Sementara itu Menhub Budi Karya Sumadi juga mengapresiasi positif rencana pembangunan dan pengembangan infrastruktur di Kaltara.

Menhub menyatakan akan mengintensifkan peran Tol Laut. “Tol Laut setelah diintensifkan, tidak hanya menjadi angkutan bahan pokok dari Indonesia Barat ke Timur. Tapi diberdayakan untuk membawa produk dari Indonesia Timur ke Barat. Seperti ikan, rumput laut dan lainnya. BI sudah melakukan hal ini di Maluku, dan saya minta ke Gubernur BI untuk melakukan hal serupa di Kaltara dan daerah lainnya,” kata Budi Karya pada konferensi pers, di Kaltara.

Sedangkan Gubernur Kaltara, H Irianto Lambrie menyampaikan ucapan terimaksihnya kepada para Menteri dan yang terkait atas kegiatan rapat yang digelar di daerahnya. “Terima kasih kepada Menko Kemaritiman (Luhut Binsar Pandjaitan-red) yang mendorong percepatan realisasi rencana investasi pembangunan PLTA,” kata Irianto.

Irianto optimistis, dengan adanya dukungan dari pemerintah pusat, pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Kaltara akan semakin membaik. “Saat ini saja, Kaltara sebagai provinsi termuda di Indonesia sudah mampu menyumbangkan pertumbuhan ekonomi baik secara regional maupun nasional. Di regional Kalimantan, Kaltara pertumbuhan ekonominya urutan kedua setelah Kalteng (Kalimantan Tengah), sementara secara nasional, kontribusi Kaltara jauh lebih baik dari Gorontalo dan daerah lainnya,” ujarnya.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo saat konferensi pers menyampaikan bahwa pada rakor pemerintah pusat, pemerintah daerah dan BI,  ada tiga poin yang menjadi kebijakan untuk dilakukan kedepan, yakni, kebijakan untuk memperkuat pembangunan infrastruktur dasar daerah yang dibarengi perkembangan divestasi sumber daya manusia (SDM), serta memperkuat tata kelola birokrasi.

Kemudian mengoptimalkan berbagai potensi siklus ekonomi daerah baik melalui diversifikasi vertikal maupun horizontal, dan kebijakan untuk membangun industri secara terpadu.

“Ditargetkan pertumbuhan ekonomi nasional dapat mencapai 5 hingga 5,4 persen pada 2017 ini, sehingga dibutuhkan berbagai langkah untuk mencapai hal tersebut. Sedangkan Kalimantan, secara signifikan pertumbuhan ekonominya menjadi 4,9 persen pada kuartal I dari sebelumnya 1,4 hingga 2 persen. Ini dipicu oleh naiknya harga batu bara dan CPO (Crude Palm Oil),” kata Agus. (***)

 

Previous Post

493 kapal nelayan di Tegal Diukur Ulang

Next Post

Info & Posisi Kapal

Next Post

Info & Posisi Kapal

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3350 shares
    Share 1340 Tweet 838
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2411 shares
    Share 964 Tweet 603
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1636 shares
    Share 654 Tweet 409
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1488 shares
    Share 595 Tweet 372
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1472 shares
    Share 589 Tweet 368

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

September 27, 2023

BICT

September 27, 2023

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In