• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Sunday, January 24, 2021
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Hongkong Punya Sabrina, Indonesia Ada Carmelita

ocean_M.admin by ocean_M.admin
October 10, 2016
in Berita Lain
340
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
Carmelita Hartoto, Dirut PT Andhika Line yang juga Ketua DPP INSA berpose bersama perwakilan pangusaha asal Belanda usai pertemuan mereka di Kantor DPP INSA Jakarta, September 2016 lalu. (foto INSA)
Carmelita Hartoto, Dirut PT Andhika Line yang juga Ketua DPP INSA berpose bersama perwakilan pangusaha asal Belanda usai pertemuan mereka di Kantor DPP INSA Jakarta, September 2016 lalu. (foto INSA)

Ada dua wanita tangguh dalam bisnis pelayaran yang cukup sukses di Negara masing-masing. Keduanya terjun ke sector ini dengan suatu kemiripan yakni meneruskan usaha yang telah dirintis orang tuanya.

Kalau di Hongkong kita mengenal sosok pengusaha pelayaran terkemuka Sabrina Chao (41 th) Chairman Wah Kwong Maritime Transport Holdings, sedangkan di Indonesia siapa yang tak mengenal Carmelita Hartoto, Direktur Utama PT Andhika Line yang sekaligus Ketua Umum DPP INSA.

Cerita kedua wanita cantik ini terdampar di pelayaran itupun tak jauh beda, kalau Sabrina berawal pada saat berusia 30 tahun, dimana waktu itu George Chao ayahnya (owners) terserang stroke, dan dia harus menggantikannya. Begitu pula dengan Meme (pangilan Carmelita) yang kala itu di tahun 1994, ketika Hartoto Hardikusumo ayahnya terkena serangan jantung dan kemudian wafat. Dia pun akhirnya diminta untuk meneruskan usaha yang sudah ayahnya bangun itu.

Alhasil Sabrina di usia 39 tahun sudah sangat diperhitungkan dalam kancah bisnis pelayaran. Hal serupa pun terjadi pada Meme. Setelah beberapa tahun menekuni dunia ini dari mulai bawah, Ketua umum DPP INSA inipun tumbuh sebagai pebisnis pelayaran yang cukup diperhitungkan di negeri ini.

Waktu sebelum memutuskan terjun ke bisnis pelayaran, keduanya juga sempat mampir bekerja pada perusahaan di sector keuangan.

Sabrina yang lulus di Imperial Collegei London itupun menjadikan pengalaman dua tahunnya saat bekerja di perusahaan jasa keuangan Jardine Fleming dan perusahaan auditor PricewaterhouseCoopers menjadi modalnya untuk masuk ke industri perlayaran yang dimiliki orangtuanya. Meski, pada awal meniti karir di sector ini dia merasa sangat berat bahkan sempat mau menyerah.

Namun karena bimbingan sang ayah selama 8 tahun sesembuh dari penyakit stroke pertamanya, Sabrina akhirnya tumbuh menjadi salah seorang pebisnis yang handal, dan diperhitungkan.

Dan sejak resmi diangkat menjadi pimpinan di Wah Kwong bulan Januari 2010, Sabrina lah yang mengontrol penuh salah satu perusahaan swasta terbesar pemilik kapal di Hong Kong 30 unit kapal paling modern yang menghasilkan pendapatan sekitar USD200 juta.

Sementara itu Carmelita yang juga merasa tak dipersiapkan meneruskan kerajaan bisnis ayahnya, awalnya pun harus berpikir dan bekerja keras untuk memasuki dunia yang mayoritas digeluti kaum ‘Adam’ itu.

”Mungkin waktu itu ayah saya merasa ini dunia laki-laki. Jadi, saya harus mulai belajar dari nol,” katanya.

Tahun 2002, demikian cerita Meme, babak baru di Andhika Lines dimulai. Carmelita membuat keputusan untuk lepas dari mitranya karena perbedaan visi. Tiga puluh tiga kapal yang tadinya dipunyai Andhika Lines menyusut hanya tinggal dua unit.

Tetapi, berkat keuletannya ,kini  perseroan kembali dapat memiliki 9 kapal dan mengoperasikan tiga kapal lain dalam kemitraan.
Meski sudah sepenuhnya memiliki Andhika Line dan menjadi ‘big boss’, Mema tetap saja menjadi pribadi yang ramah serta bersahaja.

Namun demikian, katanya, mengelola perusahaan di Indonesia lebih berat daripada sekadar bekerja sebagai karyawan di London. Pengusaha di negeri ini juga dituntut memahami cara kerja birokrasi.

Sekarang, pada saat kondisi perekonomian sedang kurang bagus, dan cukup mempengaruhi bisnis pelayaran, dia pun tetap tegar, dan terus berusaha bersama professional di kantornya untuk bertahan dan memikirkan jalan keluarnya. “Kami harus mampu melewati krisis ini yang juga menimpa hampir semua dunia usaha,” ungkapnya. (***)

Previous Post

TPS SURABAYA INTERNASIONAL

Next Post

Hanya 40% Truk Aktif di Priok

Next Post

Hanya 40% Truk Aktif di Priok

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    334 shares
    Share 134 Tweet 84
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    333 shares
    Share 133 Tweet 83

Follow Us

    Facebook Youtube Instagram

    Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

    • Home
    • Info Iklan
    • Disclaimer
    • Pedoman Media Siber

    Categories

    • Alat Berat
    • All
    • Bea Cukai
    • Berita Lain
    • BICT
    • BJTI
    • Bursa
    • Bursa Kapal
    • Depo Kontainer
    • Dockyard
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • Fasilitas
    • General Cargo
    • IKT
    • Jadwal
    • Jadwal
    • Jadwal
    • JICT
    • Kapal
    • Kontainer
    • Makasar
    • MAL
    • Medan
    • Moving Kapal
    • Offshores
    • Port
    • PTP
    • Regional
    • Shipping
    • Spare Part
    • Surabaya
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya
    • Uncategorized
    • video

    Recent News

    Lima ABK Belum Ketemu, Hubla Kerahkan Kapal Cari Korban

    Lima ABK Belum Ketemu, Hubla Kerahkan Kapal Cari Korban

    January 24, 2021
    Penyelamatan Tabrakan KM Tanto-TB Mitra Jaya Terus Dilakukan

    Penyelamatan Tabrakan KM Tanto-TB Mitra Jaya Terus Dilakukan

    January 24, 2021

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    No Result
    View All Result
    • Home
    • Shipping
    • Port
    • Dockyard
    • Jadwal
    • Bursa
    • Berita Lain
    • Peraturan
    • Report Your News

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Login to your account below

    Forgotten Password?

    Fill the forms bellow to register

    All fields are required. Log In

    Retrieve your password

    Please enter your username or email address to reset your password.

    Log In