Pelabuhan ANTWERP Bruges mengalami peningkatan throughput sebesar 6,8 persen menjadi 10,15 juta TEU dalam sembilan bulan pertama (Januari-September) 2024.
"Meskipun kami beroperasi dalam masa yang rumit, dengan ketegangan geopolitik, kenaikan harga energi, dan persaingan global, kami menstabilkan pertumbuhan kami, sebagian berkat posisi kami yang kuat dalam penanganan peti kemas," kata CEO pelabuhan Jacques Vandermeiren, seperti dilansir Schetned, Selasa.
Menurut dia, peningkatan dari paruh pertama tahun ini berlanjut pada kuartal ketiga, dengan 12,3 persen lebih banyak TEU dibandingkan periode yang sama tahun 2023 lalu.
Pada paruh pertama tahun ini, pangsa pasar Pelabuhan Antwerp-Bruges dalam penanganan peti kemas di Hamburg-Le Havre Range meningkat sebesar 0,8 poin persentase dibandingkan dengan tahun 2023, mencapai 30,7 persen.
Hampir satu dari setiap 10 peti kemas yang ditangani adalah peti kemas berpendingin. Selama sembilan bulan pertama tahun 2024, kontainer berpendingin lengkap naik 9,7 persen dan menyumbang 8,5 persen dari total lalu lintas kontainer.
Total throughput mencapai 210,5 juta ton dalam sembilan bulan pertama, menandai peningkatan tiga persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Throughput kontainer dalam ton naik 8,9 persen, dengan impor tumbuh 10,2 persen dan ekspor 7,9 persen.
Meskipun kargo umum konvensional berjalan dengan baik dan baja turun 0,6 persen, dengan ekspor yang lebih tinggi (+4 persen) agak mengimbangi impor yang lebih rendah (-3,5 persen).
Lalu lintas ro-ro turun 5,5 persen. Sementara tekanan pada terminal mobil berkurang, hal itu disebabkan oleh impor yang lebih rendah daripada permintaan klien yang lebih besar.
Throughput peralatan transportasi turun 13,3 persen, barang berat dan berat turun 23,5 persen, truk turun 10,3 persen, dan mobil bekas turun 42,6 persen.
Pengiriman mobil baru, yang meningkat pada tahun 2022 dan 2023, menurun 11,4 persen dalam sembilan bulan pertama tahun ini.
Volume kargo tanpa pendamping (tidak termasuk kontainer) di atas kapal ro-ro di Zeebrugge meningkat 2,8 persen.
Kata Tn. Vandermeiren,berlayar di sekitar Tanjung Harapan, serangan siber, dan tantangan lainnya memaksa pihaknya untuk tetap fleksibel dan tangguh. "Bersama dengan mitra, kami terus membangun pelabuhan yang tahan masa depan di mana inovasi mendukung keberlanjutan dan pertumbuhan ekonomi," ujarnya.
Untuk diketahui bahwa pelabuhan Anwerp Bruges adalah otoritas pelabuhan yang mengelola pelabuhan Anwerp dan Bruhes (Zeebrughe) sejak penggabungan antara perusahaan pelabuhan kedua pelabuhan tersebut pada tahun 2022 ini adalah perseroan terbatas berbadan hukum publik dengan kota Anwerp dan kota Bruhes sebagai pemegang sahamnya.
Pelabuhan Anwerp Bruhes telah berkomitmen terhadap keberlanjutan lingkungan dan netralitas iklim pada tahun 2050.
Sebagai bagian dari tantangan ini, pelabuhan akan memperkenalkan (dalam kemitraan dengan CMB.TECH) Hydrotug 1, kapal tunda bertenaga hidrogen pertama di dunia. (**/scn)