Dirjen Perhubungan laut Agus Purnomo resmi membuka Harbour Master of Tanjung Priok Award 2020, pada Selasa (22/12) pagi, bertempat di Orchardz Hotel, Kemayoran Jakarta Pusat.
Pada kesempatan tersebut, Dirjen mengucapkan terima kasih terhadap apa yang dilakukan oleh pihak Kesyahbandaran Tanjung Priok.
Dirjen Agus juga minta supaya Syahbandar, OP, dan Pelindo kompak, agar Priok bisa menjadi baik kedepan dan mampu bersaing dengan luar negeri.
“Apalagi semua layanan sudah dilakukan melalui digital online. Saya tidak mengatakan murah, tapi bisa lebih efisien, transparan, lebih baik,” katanya.
Sekali lagi, Dirjen Agus Purnomo menekankan agar memfokuskan untuk digitalisasi di pelabuhan Tanjung Priok.
“Digitalisasi di pelabuhan Priok sudah bagus, tapi agar lebih bagus lagi, supaya layanan kepada para penggunanya bisa memuaskan,” ujarnya.
Tak lupa dirjen juga mengucapkan terima kasih kepada para Stakeholder Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok yang telah berpartisipasi dan berkontribusi pada acara penganugerahan ini.
“Semoga dengan diselenggarakannya acara penganugerahan ini Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok dapat memberikan pelayanan kepada pengguna jasa semakin lebih baik yang berdampak langsung kepada masyarakat, sehingga berkontribusi terhadap terwujudnya penyelenggaraan pelayanan perhubungan yang handal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah,” kata Agus Purnomo.
Sementara itu, Kepala Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok, capt. Wisnu Handoko mengatakan bahwa maksud diselenggarakan kegiatan ini adalah sebagai penganugerahan apresiasi dan ucapan terima kasih Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok kepada para pengguna jasa di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok.
Sedangkan tujuannya untuk memberikan dukungan dan memotivasi untuk meningkatkan kinerja bidang transportasi laut khususnya keselamatan dan keamanan pelayaran.
Menurut Wisnu Handoko, penilaian penganugerahan dilakukan secara transparan dan terbuka dengan memperhatikan kriteria – kriteria penilaian sebagai berikut, yakni Intensitas Pelayaran : Bobot : 8,40 %, Kelengkapan Dokumen Administrasi : Bobot : 33,50 %, Kejadian Permasalahan Pelayaran : Bobot : 10,30 %, Kedisiplinan Perusahan Pelayaran : Bobot : 34,20 %, Inovasi Perusahaan Pelayaran : Bobot : 13,60 %, Total : Bobot : 100 %.
Penganugerahan “Harbour Master Of Tanjung Priok Awards 2020” diberikan kepada pengguna jasa berkinerja baik Juara 1, 2 dan 3.
Untuk Pelayaran, PT SPIL menyabet juara I, disusul PT Tanto Intim juara 2, dan PT Kitasindoutama juara 3.
Pemberian Penghargaan Perusahaan Terfavorit atas Peran Aktif, diraih oleh PT Equinox Bahari Utama, lalu PT Segara Permai.
Untuk operator terminal terfavorit tertib administrasi dan pelaporan diraih PT NPCT1, lalu PT Palindo II kategori terfavorit pada kegiatan sosial dan keamanan, PT Jasa Armada Indonesia yang berperan aktif dalam pencegahan covid19, kemudian PT Meratus untuk pemberian bantuan kepada masyarakat.
Sedangkan pemberian Penghargaan Kepada Stakeholder dan Petugas yang ikut berkontribusi dalam kegiatan Voyage perdana MV. Suzuki Express ke Pantimban dalam Rangka Soff Launching Pengoperasian Pelabuhan Patimban yaitu, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, PT. Pelabuhan Indosenia II Cabang Tanjung Priok, PT. Jasa Armada Indonesia, PT. Indonesia Kendaraan Terminal, Capt. Yosia Abet Laksana, M.Mar, Capt. Herwantoro, M.Mar, dan Capt. Baringin Pangaribuan, M.Mar.
Kegaitan ini dilanjutkan dengan focus group discussion (FGD) antara pihak Syahbandar dengan para operator terminal di pelabuhan Tanjung Priok. (***)