PT Pelindo III terus melakukan kemajuan teknologi. Hal itu untuk memenuhi perubahan jaman, dan kemudahan para pengguna jasanya. Salah satunya adalah rencana penerapan untuk permohonan sandar kapal dan bongkar muat barang, serta sejumlah jenis jasa kepelabuhanan lainnya, bisa langsung dilakukan melalui HP (handphone).
Direktur Operasional PT Pelindo III M Iqbal, kepada Ocean Week menyatakan, kedepan para pengguna jasa yak lagi perlu repot-repot mendatangi kantor pelayanan di Pelindo III, karena untuk urusan jasa kepelabuhanan bisa dilakukan lewat HP.
“Jadi mereka (pengguna jasa-red) hanya dengan HP sudah bisa mengajukan rencana sandar kapal atau bongkar muat barang ke kami, tak perlu datang kesini. Dan semuanya bisa lewat alat genggam tersebut,” katanya kepada Ocean Week, di Jakarta, baru-baru ini.
Bahkan, menurut dia, pada Kamis (1/2) nanti, sistem itu mau dirilis. Apakah sistem online tersebut yang dinamakan Integrated Billing System (IBS) atau bukan, Iqbal waktu itu tidak menceritakannya.
Yang jelas, menurut Iqbal, dengan adanya sistem ini, akan dapat memotong sejumlah birokrasi perusahaan jasa yang selama ini menjadi agent dan diminta mewakili dalam mengurus dokumennya. “Nanti kalau sistem online ini jalan, tidak akan ada lagi itu, karena bisa hanya dengan HP sudah bisa semua urusannya,” ungkapnya.
Seperti diketahui bahwa PT Pelindo III, pada tahun 2017 lalu mensosialisasikan sistem online IBS kepada para pengguna jasanya. Permohonan jadwal sandar kapal maupun bongkar muat barang dan beberapa jenis jasa kepelabuhan lain dapat diajukan secara online melalui sistem tersebut.
Saat ini Permintaan Pelayanan Kapal dan barang (PPKB) dan bongkar muat barang sudah dapat diakses secara online sepenuhnya.
Para pengguna jasa dapat mengajukan permohonan jasa kepelabuhanan langsung dari perangkat pintar (smart phone), tanpa harus datang dan berlama–lama mengantri.
Pelindo III menerapkan Integrated Billing System (IBS) guna memudahkan pembayaran jasa kepelabuhanan. Karena sistem ini mengintegrasikan antara aplikasi permohonan jasa kepelabuhanan dengan aplikasi pembayaran ke beberapa Bank yang telah bekerjasama dengan Pelindo III. Disamping itu, penggunaan IBS ini juga sejalan dengan tujuan Pelindo III untuk menjadikan seluruh Pelabuhan yang di kelolanya menjadi Eco Green Port, karena dengan penggunaan sistem tersebut dinilai dapat mengurangi konsumsi kertas.
IBS memungkinkan Job Order disimpan secara digital, sehingga tidak perlu lagi dicetak pada lembaran kertas dengan resiko hilang dan lecek. Disamping itu penggunaan sistem ini juga akan lebih aman, user interface yang mudah dan nyaman serta lebih transparan. Jadi setiap informasi yang dibutuhkan oleh pengguna jasa terkait dengan layanan jasa kepelabuhanan dapat langsung diakses kapanpun dan dimanapun. (pld3/ow/**)