Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menugaskan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II untuk menyalin sistem yang paling canggih dan paling kompetitif dalam mengelola pelabuhan alih muat (transshipment).
Budi meminta Pelindo II, KSOP dan Syahbandar Pelabuhan Tanjung Priok untuk berkoordinasi memperbaiki sistem tarif, model bisnis dan membuat standard operating procedure, termasuk sistem pandu dan tunda kapal.
“Sekarang ini praktis kompetisi di Asia, kita blm mencapai titik terbaik. Indikasinya adalah transshipment sangat kurang di sini [Tanjung Priok],” ujarnya Minggu (6/11).
Menhub juga mengapresiasi Pelindo II yang berhasil menurunkan biaya alih muat dari US$80 menjadi US$35 per boks. Namun, Menhub mengatakan penurunan biaya alih muat tidak cukup karena ada tarif tunda, tarif pandu serta faktor-faktor lain yang harus diperhatikan.
Sementara itu, Direktur Utama PT Pelindo II Elvyn G. Masassya menyatakan sudah melakukan studi tahap awal untuk mewujudkan Pelabuhan Tanjung Priok menjadi tempat konsolidasi kargo ekspor dan impor dari dan ke wilayah Indonesia.
Untuk menjadi tempat konsolidasi kargo, Elvyn mengatakan Pelindo II tidak memiliki wewenang meminta pelabuhan lain mengumpulkan barangnya ke Pelabuhan Tanjung Priok untuk ekspor. Makanya Elvuyn meminta agar Menhub mengeluarkan kebijakan dalam hal ini.
Mantan Dirut BPJS itu dia mengaku pihaknya telah membicarakan dengan Maersk Line dalam rangka mendatangkan kapal besar ke Pelabuhan Tanjung Priok. “Namun Maersk Line masih perlu memperhitungkan masalah tarif operasional kapal dan tarif lainnya,” ungkapnya.
Kendati Pelindo II telah menurunkan tarif transshipment, Elvyn mengungkapkan tarif pandu dan tunda kapal besar di Singapura jauh lebih murah dibandingkan di Indonesia.
Dengan Maersk Line, dia mengatakan pihak pelayaran berbasis di Copenhagen ini akan datang ke Jakarta guna membahas kemungkinan membawa kapal besar masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok.
Tidak hanya itu, Pelindo II akan memberikan diskon jika perusahaan pelayaran yang masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok mampu membawa volume besar. (**)