• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Tuesday, March 2, 2021
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    Dukung Sinergi Anak Usaha Pelindo, IPC Targetkan Volume Petikemas 7,20 Juta TEUs

    Dukung Sinergi Anak Usaha Pelindo, IPC Targetkan Volume Petikemas 7,20 Juta TEUs

    Era Baru Tanjung Emas Semarang Dimulai

    Era Baru Tanjung Emas Semarang Dimulai

    Akibat Corona, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan Lesu

    Akibat Corona, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan Lesu

    IPC Fokus Pada Program Strategis, Apa Saja Ya…

    IPC Fokus Pada Program Strategis, Apa Saja Ya…

    2024, Aktivitas BM di Terminal Makassar Pindah ke MNP

    2024, Aktivitas BM di Terminal Makassar Pindah ke MNP

    Budi Karya, Presiden Minta Tanjung Carat Segera Dibangun

    Budi Karya, Presiden Minta Tanjung Carat Segera Dibangun

    Pelindo I Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Kuala Tanjung

    Pelindo I Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Kuala Tanjung

    Layanan di Pelindo IV Tetap Lancar, Meski Ada Covid-19

    Layanan di Pelindo IV Tetap Lancar, Meski Ada Covid-19

    Pembangunan Warnasari Cilegon Butuh Rp. 24 T

    Pembangunan Warnasari Cilegon Butuh Rp. 24 T

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    Dukung Sinergi Anak Usaha Pelindo, IPC Targetkan Volume Petikemas 7,20 Juta TEUs

    Dukung Sinergi Anak Usaha Pelindo, IPC Targetkan Volume Petikemas 7,20 Juta TEUs

    Era Baru Tanjung Emas Semarang Dimulai

    Era Baru Tanjung Emas Semarang Dimulai

    Akibat Corona, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan Lesu

    Akibat Corona, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan Lesu

    IPC Fokus Pada Program Strategis, Apa Saja Ya…

    IPC Fokus Pada Program Strategis, Apa Saja Ya…

    2024, Aktivitas BM di Terminal Makassar Pindah ke MNP

    2024, Aktivitas BM di Terminal Makassar Pindah ke MNP

    Budi Karya, Presiden Minta Tanjung Carat Segera Dibangun

    Budi Karya, Presiden Minta Tanjung Carat Segera Dibangun

    Pelindo I Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Kuala Tanjung

    Pelindo I Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Kuala Tanjung

    Layanan di Pelindo IV Tetap Lancar, Meski Ada Covid-19

    Layanan di Pelindo IV Tetap Lancar, Meski Ada Covid-19

    Pembangunan Warnasari Cilegon Butuh Rp. 24 T

    Pembangunan Warnasari Cilegon Butuh Rp. 24 T

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Banyak Kapal Takut ke Perak, Karang Jamuang Rawan

oceanweek by oceanweek
October 5, 2020
in Berita Lain, Uncategorized
Banyak Kapal Takut ke Perak, Karang Jamuang Rawan
585
SHARES
3.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kantor Kesyahbandaran Tanjung Perak akan melaksanakan koordinasi dengan stakeholder setempat termasuk Polairud dan TNI AL, terkait dengan keamanan kapal di wilayah pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Hal itu ditegaskan Capt. Sudiono, Kepala Kantor Kesyahbandaran Tanjung Perak kepada Ocean Week, Minggu malam menanggapi peristiwa telah terjadinya perompakan terhadap kapal MV. Cape Magnus pada Sabtu (3/10), sekitar jam 04.30 WIB, saat berlabuh pada titik koordinat 06’49”45°S/112’47”1E.

“Segera akan kami laksanakan rapat koordinasi dengan stakeholder disini (pelabuhan Tanjung Perak-red) termasuk dengan Polair (Polisi Air) dan AL,” ujar Capt. Sudiono melalui telepon selulernya.

Dia menceritakan bahwa saat peristiwa naas tersebut, pihaknya menerima informasi itu pada pukul 04.30 WIB kalau MV. Cape Magnus dinaiki 3 orang tak dikenal. Dan kemudian salah satu crew MV. Cape Magnus diserang sehingga terluka pada bagian kepalanya.

“Informasi dari Petugas Operator Radio Jamuang dan Surabaya itu kemudian diteruskan kepada VTS Surabaya yang selanjutnya menyampaikannya kepada pihak Patroli Polairud yang langsung beraksi,” ungkapnya.

Informasi yang diperoleh Ocean Week bahwa masalah ini sudah ditangani oleh penegak hukum setempat.

Sementara itu, Direktur KPLP Perhubungan Laut Kemenhub Ahmad saat dikonfirmasi mengenai terjadinya perompakan ini mengungkapkan jika masalah ini telah ditangani oleh aparat penegak hukum.

“Kapal dalam kondisi baik. Dan koordinasi antar instansi penegak hukum selama ini berjalan dengan baik,” katanya menjawab pertanyaan sejauhmana koordinasi yang dilakukan pihak KPLP dengan aparat penegak hukum yang lainnya (Polairud, TNI AL).

Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Arif Toha saat dikonfirmasi Ocean Week menyatakan terkait keselamatan pelayaran dan keamanan alur/perairan menjadi kewenangan Syahbandar Tanjung Perak bersama armada PLP Surabaya.

“Otoritas Pelabuhan berwenang di sisi pelabuhan/land site,” ungkap mantan Setditjen Hubla tersebut singkat.

Untuk diketahui bahwa banyak kapal yang mau masuk ke pelabuhan Tanjung Perak dengan Dwt 8000 keatas pada waktu menunggu kade harus lego jangkar di Boei 2 Karang Jamuang.

Posisi Karang Jamuang tersebut sangat jauh dan rawan dari sisi keamanan. Apalagi di pelabuhan Surabaya ini banyak kapal laid up yang konon sudah lebih dari 1 tahun, sehingga sangat menganggu alur keluar masuk kapal ke pelabuhan.

INSA sudah protes masalah ini, minta supaya dilaksanakan pemindahan kapal-kapal laid up ke luar alur, sehingga kapal-kapal yang menunggu kade bisa lego jangkar didalam seperti dulu.

Pelayaran minta pemerintah (dirjen Hubla) sebagai regulator secepatnya dapat mencari solusi untuk problem di Karang Jamuang ini.

Keluhan pelayaran wajar, mengingat disini tak ada pengamanan tetapi dikenai biaya. Apalagi memang zona labuh di surabaya ini terlalu jauh sehingga sangat memungkinkan untuk terjadi hal-hal perompakan seperti yang dialami MV. Cape Magnus.

Pelayaran juga mengaku prihatin dengan zona labuh ini, apalagi saat cuaca buruk seperti sekarang ini.

Informasi yang diperoleh Ocean Week menyebutkan bahwa pelayaran sudah sering membicarakan masalah ini dengan pihak regulator, dan pelayaran dijanjikan akan ada pengaturan terkait dengan rencana induk pelabuhan (RIP). Namun sayang RIP ini sudah sejak UU no 17 tahun 2008 ditetapkan, tapi belum ada realisasinya.

Pelayaran berharap, regulator serius menangani masalah ini. “Pak Dirjen Laut (Agus Purnomo) diharapkan segera ambil keputusan soal ini agar kapal-kapal yang berkegiatan di pelabuhan Tanjung Perak aman dan nyaman,” kata mereka tak bersedia disebut jati dirinya. (**)

Previous Post

Lagi-lagi Tol Laut, Dimana Salahnya ?

Next Post

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

Next Post

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3188 shares
    Share 1275 Tweet 797
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1521 shares
    Share 608 Tweet 380
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1394 shares
    Share 558 Tweet 349
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1376 shares
    Share 550 Tweet 344
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    1218 shares
    Share 487 Tweet 305

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

TPK SEMARANG

March 2, 2021

TPK PALARAN

March 2, 2021

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In