PT Pelindo III terus berupaya membangun digitalisasi dalam rangka meningkatkan layanan jasa kepelabuhanan kepada pengguna jasanya. Perseroan ini melibatkan pegawai internalnya dalam mengembangkan beragam inovasi program digital tersebut.
Hal itu diungkapkan Doso Agung, Direktur Utama PT Pelindo III dalam siaran persnya yang diterima Ocean Week, Selasa sore (4/2). Pelibatan pegawainya itu, ujar Doso, untuk meningkatkan kinerja produktivitas perseroan dengan adu kreativitas dan inovasi dalam membuat bermacam program digital. “Setiap kegiatan usaha memerlukan proses inovasi yang tidak pernah berhenti, salah satunya Revolusi Industri 4.0 di dalam industri kepelabuhanan. Semua inovasi dalam bidang teknologi dan informasi yang dirancang dan dihadirkan ini tidak hanya bermanfaat untuk internal kami, tetapi juga bisa dirasakan langsung untuk pihak eksternal, terutama para pengguna jasa,” kata mantan DDoso Agung dalam siaran pers, Selasa (4/2/2020).
Dia menyebutkan beberapa program tersebut antara lain Meeting Online sebagai layanan digitalisasi proses meeting, perencanaan tambat, dan bongkar muat secara daring; serta Magic Berthing untuk layanan informasi ketersediaan tambatan kapal di terminal Pelindo III.
Selain itu, terdapat Track & Flow PHC yang merupakan aplikasi pendaftaran daring dan informasi waktu tunggu pelayanan dokter, farmasi, dan estimasi biaya di RS Pelindo Husada Citra (PHC); serta Libas yakni aplikasi mobile terminal yang membantu pengguna jasa untuk mendapatkan informasi dan bertransaksi secara online.
Pihaknya berharap semua produk inovasi tersebut bisa meningkatkan produktivitas dan kinerja perseroan, serta dapat meningkatkan kepuasan para pengguna jasa. Kebutuhan utama pengguna jasa adalah kemudahan pelayanan yang lebih cepat dan efisien sehingga produksi mereka juga bisa meningkat.
Sementara itu, Ketua ALFI Jawa Timur Hengky Pratoko mengapresiasi berbagai inovasi pelayanan yang sudah dihadirkan Pelindo III bagi para pengguna jasa. “Kami berharap acara seperti ini terus digelar setiap tahun dan melibatkan juga perwakilan pengguna jasa, sehingga bisa saling memberikan masukan dan ide bagi kemajuan pelabuhan di Indonesia,” katanya.
Hal senada juga dikemukaka Lukman Lajoni, Owner Pelayaran Surya Bintang Timur. “Apa yang dilakukan Pelindo III sangat membantu pelayaran, karena sekarang untuk permintaan sandar kapal sudah bisa lewat online. Digitalisasi yang dibangun BUMN ini sangat bermanfaat bagi pelayaran dan pengguna jasa umumnya,” ungkap Lukman.
Dia berharap apa yang telah dicapai Pelindo III ini supaya dipertahankan, dan kalau perlu terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi. (***)