• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Sunday, January 24, 2021
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

China Tertarik Saham Terminal Palaran

ocean_M.admin by ocean_M.admin
August 1, 2016
in Berita Lain
347
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Samudera Terminal Holding berencana melepas 25% saham Terminal Petikemas Palaran, di Kalimantan Timur. China dan Jepang sangat tertarik masuk ke dalam pengelolaan terminal Petikemas Palaran di Kalimantan Timur.

“Tapi kelihatannya China lebih memberikan tawaran yang menarik dan tinggi dibandingkan Jepang,” kata Bani Mulia, Dirut PT Samudera Terminal Indonesia (STI) kepada Ocean Week di Kantornya, Jakarta.

Selain melepas sebagian kepemilikan saham Samudera Indonesia Grup di Terminal Petikemas Palaran, perseroan juga berencana membangun terminal Multipurpose Palaran (Palaran2). “Terminal Palaran 2 terletak di samping TPK Palaran 1, dan ini dalam proses rencana pembangunan, sekitar Rp 500 miliar disiapkan untuk rencana ini,” ungkap Bani.

Menurut Bani, terminal baru itu ditargetkan dibuka tahun ini. Memiliki kapasitas sebesar 230 ribu TEUs atau sama dengan terminal peti kemas Pelaran 1. Saat ini, kapasitas terminal peti kemas Palaran mencapai 230.000 TEUs dan akan dinaikkan menjadi 330.000 TEUs.

Disamping itu, perseroan tahun 2016 telah pula menambah satu unit kapal yakni Sinar Benoa. Sedangkan 3 unit kapal baru dibangun, yakni satu unit kapal Tanker 4000 ton dibangun di Jepang, dan dua unit kapal container dibangun di China.

Bani bilang, tahun ini, Samudera Indonesia menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar US$ 150 juta. Sekitar US$ 150 juta akan digunakan untuk membiayai ekspansi dan sisanya untuk penambahan armada.

Samudera Shipping Line (SSL) menjadi ranking pertama dalam perolehan pendapatan pada semester I yakni mencapai US$ 7,5 juta. Semestara untuk kelompok terminal, Palaran mencatatkan Rp 50 miliar, Tangguh Samudera Jaya (TSJ) Rp 50 miliar dan PNP juga sekitar Rp 50 miliar. “Pendapatan (keuntungan tahun ini) semester I sekitar US$ 13 juta, meningkat dibandingkan semester sama tahun 2015 yang tercatat US$ 8 juta,” tuttur Bani.

Bani mengatakan, perseroan berencana untuk membeli minimal lima armada kapal dari beragam jenis, mulai dari kontainer hingga tanker. “Satu kapal kontainer berkapasitas 1.100 TEUs sudah dikirim dari Jepang,” ungkap cucu tokoh pelayaran nasional Soedarpo (almarhum) ini.

Satu lagi kapal baru berkapasitas 2.000 TEUs. Perseroan juga akan mendatangkan kapal dari Tiongkok dengan kapasitas sekitar 600 TEUs dan diharapkan tiba pada kuartal I-2016. Perseroan sengaja membeli lebih banyak kapal bekas supaya bisa langsung dioperasikan.

Perseroan juga berniat untuk merambah bisnis sektor infrastruktur energi dengan mendukung program pemerintah untuk menyediakan kapasitas listrik sebesar 35 ribu mega watt (MW). Perseroan menyiapkan infrastruktur berupa shuttle tanker, floating storage, regasification barge, dan floating Storage Regasification Unit (FSRU) untuk program kelistrikan tersebut.

Bani juga menyampaikan bahwa PT Samudera Indonesia Tbk yang bergerak di bidang pelayaran, logistik, terminal dan keagenan, pada kuartal semester I tahun 2016 ini berhasil mencatatkan keuntungan sebesar US$ 20 juta atau membukukan pendapatan sebesar USD 103,6 juta.

Perseroan juga menargetkan investasi sebesar USD 153 juta termasuk didalamnya adalah pembelian 2 kapal senilai USD 10,3 juta dengan total kapasitas 1.622 Teus yakni Sinar Banda untuk layanan rute regional dan Sinar Papua rute domestik.

Konsolidasi

Direktur Utama PT Samudera Indonesia Masli Mulia mengungkapkan, di tengah kondisi perekonomian Indonesia yang masih berada pada tahap pemulihan pasca krisis global, SMDR mampu mencatat laba bersih sebesar USD 4,5 juta, melebihi target yang telah ditetapkan.

Masli menambahkan, di tahun 2016 PT SMDR akan melakukan restrukturisasi pada lini usaha logistik. Langkah ini merupakan upaya untuk meningkatkan fokus perusahaan pada lini usaha yang ada sesuai dengan karakteristik masing-masing bisnis dan mendorong anak usaha SMDR mampu melakukan penawaran umum perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Samudera Indonesia (SMDR) akan melakukan konsolidasi di bidang logistik dengan pembangunan depo peti kemas baik di domestik maupun regional, serta melakukan pengembagan di bisnis freight forwarding dan pengembangan pada bisnis trucking & project logistics. Rencana investasi yang akan dilakukan dalam 2 tahun ke depan adalah pembangunan depo peti kemas di Palembang dan Makassar serta melakukan perluasan lahan di Surabaya, Semarang, Medan dan Semper dengan total investasi sebesar USD 60 juta,” ungkap Masli.

Sesuai dengan rencana strategis tahun 2015 terkait pembentukan sub holding untuk lini usaha terminal, terkait rangkaian rencana transaksi afiliasi PT Samudera Terminal Indonesia (STI). STI telah melakukan paid up capital sebesar IDR 800 Milyar dan target untuk menambah modal dasar sampai dengan IDR 2 Triliun.

Saat ini STI membawahi empat terminal existing dengan total kapasitas mencapai 880 ribu Teus dengan utilisasi sekitar 70%. Direncanakan dalam 5 tahun ke depan STI akan berusaha mencapai total kapasitas 1,5 juta Teus. Pencapaian tersebut ditargetkan dengan upaya perluasan terminal existing dan pembangunan pelabuhan baru. Selain itu, SMDR juga merencanakan paling lama dalam jangka waktu 5 tahun, STI direncanakan akan melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Rencana-rencana strategis tersebut membuktikan Samudera Indonesia secara konsisten terus berusaha mengembangkan usaha, menyambut peluang bisnis serta mendukung program pemerintah dalam pembangunan infrastruktur pelabuhan, transportasi lintas pulau dan penguatan sektor logistik nasional. (ow)

Previous Post

Pemerintah Harus Menjamin Keamanan Kegiatan Pelayaran Nasional

Next Post

2017, Pemerintah Bangun Pipa Gas Trans Kaltim

Next Post

2017, Pemerintah Bangun Pipa Gas Trans Kaltim

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    334 shares
    Share 134 Tweet 84
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    333 shares
    Share 133 Tweet 83

Follow Us

    Facebook Youtube Instagram

    Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

    • Home
    • Info Iklan
    • Disclaimer
    • Pedoman Media Siber

    Categories

    • Alat Berat
    • All
    • Bea Cukai
    • Berita Lain
    • BICT
    • BJTI
    • Bursa
    • Bursa Kapal
    • Depo Kontainer
    • Dockyard
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • Fasilitas
    • General Cargo
    • IKT
    • Jadwal
    • Jadwal
    • Jadwal
    • JICT
    • Kapal
    • Kontainer
    • Makasar
    • MAL
    • Medan
    • Moving Kapal
    • Offshores
    • Port
    • PTP
    • Regional
    • Shipping
    • Spare Part
    • Surabaya
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya
    • Uncategorized
    • video

    Recent News

    Diangkut Kapal Ciremai, Stakeholder Priok Bantu Korban Gempa Mamuju

    Diangkut Kapal Ciremai, Stakeholder Priok Bantu Korban Gempa Mamuju

    January 24, 2021
    Lima ABK Belum Ketemu, Hubla Kerahkan Kapal Cari Korban

    Lima ABK Belum Ketemu, Hubla Kerahkan Kapal Cari Korban

    January 24, 2021

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    No Result
    View All Result
    • Home
    • Shipping
    • Port
    • Dockyard
    • Jadwal
    • Bursa
    • Berita Lain
    • Peraturan
    • Report Your News

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Login to your account below

    Forgotten Password?

    Fill the forms bellow to register

    All fields are required. Log In

    Retrieve your password

    Please enter your username or email address to reset your password.

    Log In