• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, May 23, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Bank Maritim Perlukah?

oceanweek by oceanweek
August 12, 2018
in Berita Lain
370
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Seiring dengan terjadinya persoalan muatan, kapal dan stagnasi di sektor bisnis pelayaran dan industri maritime di dunia, sudah kita ketahui bersama bahwa saat ini para pelaku bisnis pelayaran di dunia dan khususnya di Asia dan Indonesia saat ini sedang prihatin dan bersama-sama saling memperhatikan dengan serius atas trend dan perkembangan keuangan dan pembiayaan bisnis pelayaran di Asia.

Dengan senantiasa memperhatikan perkembangannya maka para pelaku usaha bisnis pelayaran di Asia dan Indonesia diharapkan bisa tenang tidak panik dan suatu saat bisa bereaksi dengan cepat dan tepat dalam rangka menghadapi tekanan-tekanan, kesulitan dan badai pada ekonomi bisnis pelayaran yang saat ini masih sedang berlangsung. Karena itu, perlukah Indonesia mendirikan bank maritim?.

Dalam sebuah blog tulisannya, Praktisi Maritim Indonesia (PMI) Ir. Syaifuddin Thahir Msc menyebutkan, bahwa jika Indonesia mendirikan Bank Maritim Indonesia, perlu menengok acuan bahwa perbankan dunia sekarang sedang memikirkan perluasan bisnis perbankan ke wilayah Asia yang tentunya melibatkan para pelaku usaha pelayaran di Asia. Hal ini sejalan dengan pesatnya ekspansi dunia perbankan dan bank-bank di Asia, terkait dengan ekonomi dan bisnis pelayaran di Asia. Ini merupakan indikasi bahwa disamping persaingan yang ketat di sector pembiayaan bisnis pelayaran juga keputusan mendirikan bank maritim Indonesia berkecendurangan pada momen yang tepat.

Berdasarkan data bahwa pada tahun 2016, tiga posisi teratas dalam daftar bank yang membiayai bisnis perusahaan pelayaran terbesar sesuai dengan Forbes Asia 2000 jatuh pada bank-bank yang berada di Asia dan China, sementara data dari Marine Money menunjukkan bahwa negara-negara dan perusahaan-perusahaan pelayaran di Asia memimpin dalam deal-deal bisnis pelayaran dan keuangan pelayaran dunia.

Tren pelayaran dunia tahun 2030, yang diterbitkan oleh Lloyds Register, memperkirakan bahwa Negara China akan memimpin dunia pelayaran setidaknya katanya sebesar satu miliar US$ dari pinjaman perusahaan pelayaran dunia.

Selain itu, pada bulan Juni 2016, Bank Sentral di Eropa namanya European Central Bank dilaporkan telah melakukan peninjauan kembali lebih lanjut atas pinjaman-pinjaman bank di Eropa yang telah dilakukan dan dikucurkan kepada bisnis pelayarannya, dimana bisnis pelayarannya masih menimbulkan rasa kekhawatiran bagi perbankan di Eropa, terutama tentang persyaratan-persyaratan tambahan bila melakukan injeksi modal bank dan penyisihan modal ke depan. Katanya beresiko.

Selain itu, karena sumber pembiayaan pada bisnis pelayaran yang dilakukan secara konvesnsional selama ini dirasa tidak begitu menarik, makanya negara-negara seperti China, Korea dan Jepang, yang ekonominya bergantung pada industri pelayaran dan maritim, merasa perlu untuk mengambil alih dan mengisi kesenjangan adanya pembiayaan bisnis pelayaran untuk Bank Ekspor-Impor Korea yaitu Korea Export-Import Bank (KEXIM), infonya sebesar US$ 18,5 miliar, Bank Industri dan Komersial China dikenal dengan Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) sebesar US$18 miliar dan China Export and Import Bank (CEXIM) sebesar US$ 16 miliar. Apakah pendirian bank maritim Indonesia juga berkeinginan yang sama?.

Pergeseran pembiayaan bisnis pelayaran dari Eropa ke Asia ini disebabkan adanya beberapa faktor. Diantaranya adalah bahwa bank-bank di Eropa sudah mulai mundur dari percaturan pembiayaan bisnis pelayaran, dimana bank-bank Eropa mempertimbangkan adanya persyaratan Basel III yang ketat, review atas kualitas asset bisnis pelayaran dan kapal, dan tekanan yang terus menerus dari kegiatan pengucuran kreditnya yang banyak bermasalah sejak 2008.

Momentum

Partisipasi dalam pembiyaan bisnis pelayaran dunia oleh perbankan di Asia merupakan momen bagi didirikannya bank maritim Indonesia. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh Vietnam. Vietnam Maritime Bank. Pasar pembiayaan bisnis pelayaran, yang sebelumnya didominasi oleh bank-bank Eropa, saat ini bergeser ke pembiayaan bisnis pelayaran ke wilayah Timur yaitu Asia (termasuk Indonesia).

Menurut konsultan keuangan bisnis pelayaran, Petrofin Research, bank pemberi pinjaman ke pasar bisnis pelayaran di Asia saat ini melampaui bisnis pelayaran di Eropa. Saham bank-bank Eropa dari portofolio bisnis industri maritim dunia saat ini menurun dari 83% di tahun 2010 menjadi 62% di tahun 2015, hal ini diperkirakan bergeser ke Asia. Saham bank-bank Eropa digantikan oleh portofolio maritim yang berkembang di bank-bank di Asia, diindikasikan misalnya Bank of China tercatat sebesar US$ 21Miliar. ICBC memperluas keterlibatan dalam pembiayaan bisnis pelayaran dunia dan baru-baru ini ICBC mendirikan Pusat pembiayaan dan keuangan bisnis pelayaran Asia Pasifik (Asia-Pacific Shipping Finance Centre) di Singapura untuk menjamin pinjaman bisnis pelayaran melalui pasar obligasi Singapura. Bank Maritim Indonesia akankah menjadi pusat pembiayaan dan keuangan bisnis pelayaran di Indonesia.?  (Sjaifuddin Thahir, MSc., Praktisi Maritim Indonesia)

Previous Post

Mahathir akan Lelang Kapal Pesiar Seharga Rp 36 T

Next Post

Daging Ilegal di Kapal Maju Jaya I Diamankan

Next Post

Daging Ilegal di Kapal Maju Jaya I Diamankan

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5187 shares
    Share 2075 Tweet 1297
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4392 shares
    Share 1757 Tweet 1098
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2654 shares
    Share 1062 Tweet 664
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2516 shares
    Share 1006 Tweet 629
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2076 shares
    Share 830 Tweet 519

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

May 23, 2025

TPK SEMARANG

May 23, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In