Bureau Veritas Marine & Offshore telah mengonfirmasi pengiriman CMA CGM Seine, sebuah kapal kontainer LNG bahan bakar ganda berkapasitas 24.000 TEU yang dibangun oleh Hudong-Zhonghua Shipbuilding.
Kapal yang dibangun oleh galangan kapal China, Hudong-Zhonghua ini merupakan yang pertama dari rangkaian empat kapal dan merupakan bagian dari strategi rendah karbon CMA CGM.
Kapal ini dilengkapi sistem propulsi bahan bakar ganda yang didukung oleh tangki bunker LNG tipe membran GTT Mark III dengan total kapasitas 18.600 meter kubik.
Dengan panjang 399,9 meter dan lebar 61,3 meter, kapal ini dilengkapi dengan mesin WinGD W12X92DF-2.0 yang menggunakan sistem Intelligent Control by Exhaust Recycling (iCER) untuk mengurangi emisi metana dan memenuhi standar IMO Tier III.
Mengutip dari Schednet, menyebutkan bahwa Bureau Veritas menerbitkan sertifikat Pencegahan Polusi Udara Engine International setelah menguji mesin induknya, yang menjadi dasar kepatuhan di seluruh seri.
Sistem iCER juga meningkatkan efisiensi energi dan kinerja EEDI.
Untuk mengatasi risiko sloshing di tangki LNG, BV Solutions Marine & Offshore melakukan simulasi dinamika fluida komputasional dan menyediakan data tekanan untuk pemeriksaan struktural.
Kapal ini dilengkapi sistem SmartEye dan TotalCommand untuk kontrol berlabuh otomatis, sehingga mengurangi waktu berlabuh.
Teknologi penggerak frekuensi variabel diterapkan pada kipas ruang mesin dan pompa pendingin untuk meningkatkan efisiensi energi.
Sistem Pemantauan Pengumpulan Data WinGD memungkinkan pelacakan dan analisis mesin secara real-time. BV juga meningkatkan kompresor gas buang melalui uji coba laut dan sertifikasi ulang, memastikan kelancaran komisioning dan pengiriman. (**/scn)