• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Tuesday, September 23, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

  • Port
    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

  • Port
    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Port

Pelindo III Ditugasi Operasikan Patimban, Kenapa Bukan IPC…

oceanweek by oceanweek
January 7, 2021
in Port, Uncategorized
Presiden Resmikan Patimban, 140 Mobil Diekspor ke Brunei

Menhub Budi Karya Sumadi. (**)

381
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi melalui Kemenhub no. 351 tahun 2020, menugaskan kepada badan usaha pelabuhan PT Pelindo III (Persero) untuk melaksanakan pengoperasian sementara pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

Keputusan tersebut ditandatangani Menhub pada tanggal 29 Desember 2020 lalu.

Dalam Kemenhub 351 itu menyebutkan penugasan kepada PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) sampai dengan serah terima operasi diberikan kepada Badan Usaha Pelabuhan sebagai hasil pengadaan, dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha Pelabuhan Patimban.

Meski CT Corp konsorsium sudah resmi diumumkan sebagai pemenang untuk pengelola Patimban, namun untuk mengoperasikan pelabuhan Patimban, CT Corp belum memperoleh legal standing karena belum ada perjanjian konsensi antara BUP (CT Corp Cs) dengan penyelenggara pelabuhan Patimban (KSOP Patimban).

Jadi dalam masa transisi yakni pasca penunjukan pemenang lelang operator sampai dengan adanya serah terima operasi dari KSOP Patimban kepada BUP hasil pengadaan (pemenang lelang / CT Corp Cs), ditugaskanlah PT Pelindo III mengoperasikan sementara pelabuhan Patimban.

Seperti diketahui bahwa pasca diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Minggu siang (20/12/2020), sekaligus melakukan kegiatan perdana ekspor 140 unit kendaraan tujuan Brunei Darussalam menggunakan kapal Suzuka Ekspres, hingga sekarang belum ada kegiatan lagi di pelabuhan Patimban.

Pertanyaannya kenapa belum ada lagi kegiatan kapal di Patimban, mungkin karena sarana prasarana nya belumlah, terutama akses jalan utama belum rampung hingga ke bibir dermaga.

Akibatnya, pengguna jasa pun wait and see untuk berkegiatan di Patimban, sebab mereka pasti menunggu semuanya selesai dibangun.

Bahkan beberapa waktu ketika Ocean Week, menanyakan kepada KSOP Patimban Anwar, apakah sudah ada schedule kapal kedua yang akan masuk ke pelabuhan ini, juga belum bisa dijawab dengan pasti.

Menariknya kenapa dalam operasional sementara (masa transisi) ditugaskan kepada Pelindo III ?, dan kenapa bukan PT Pelindo II ?, atau bekerjasama saja dengan pihak PBM atau Forwarder swasta profesional dibidangnya ?.

Mungkin pemerintah (Kemenhub) memutuskan itu dengan pertimbangan,  antara lain CT Corp Cs belm punya legal standing untuk mengoperasikan pelabuhan Patimban.

Selain itu juga mempertimbangkan profesionalisme SDM KSOP Patimban khususnya yang terkait dengan aspek operasional pelabuhan yang bersifat komersial masih sangat terbatas.

Bisa juga karena aktivitas pelabuhan Patimban (pasca peresmian oleh RI 1) secara operasional / komersial belum terlihat geliatnya.

Oleh karena hal tersebut, maka untuk mengaktifkan/mengoptimalkan pelabuhan Patimban, pemerintah Cq Kemenhub menugaskan kepada PT Pelindo III untuk mengoperasikan sementara pelabujan Patimban dengan skema Kerja Sama Operasi (KSO) atau Kontrak Manajemen dengan KSOP Patimban.

Tak jarang pula pertanyaan mengemuka, kenapa bukan Pelindo II yang mengelola sementara Patimban sebelum serah terima ke CT Corp, karena perseroan ini sudah banyak berpengalaman mengelola terminal kendaraan.

Mungkin juga keputusan tersebut dipengaruhi adanya faktor politis atau faktor psykologis. Sebab kalau diberikan sementara kepada Pelindo II dikhawatirkan akan terjadi benturan kepentingan yang mungkin diduga akan menimbulkan kontra produktif.

Terlepas dari semua spekulasi tersebut, yang pasti kehadiran Patimban banyak dinanti oleh kalangan usaha kepelabuhanan dan angkutan laut. Cuma kapan pelabuhan yang dibangun menelan dana triliunan rupiah itu bisa beroperasi normal, para pebisnis masih harus sabar menunggu, khususnya yang bermain di sektor kontainer, mengingat fasilitas untuk terminal petikemas masih terus diselesaikan pembangunannya. (**)

Previous Post

PNBP Angkutan Laut Lampaui Target

Next Post

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

Next Post

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5344 shares
    Share 2138 Tweet 1336
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4470 shares
    Share 1788 Tweet 1118
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3537 shares
    Share 1415 Tweet 884
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2752 shares
    Share 1101 Tweet 688
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2578 shares
    Share 1031 Tweet 645

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Pelindo Terminal Petikemas Tanam 50 Ribu Mangrove, “Mageri Segoro”

Pelindo Terminal Petikemas Tanam 50 Ribu Mangrove, “Mageri Segoro”

September 23, 2025

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

September 23, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In