• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Wednesday, January 27, 2021
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK PALARAN

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK PALARAN

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Port

Pelindo III Ditugasi Operasikan Patimban, Kenapa Bukan IPC…

oceanweek by oceanweek
January 7, 2021
in Port, Uncategorized
Presiden Resmikan Patimban, 140 Mobil Diekspor ke Brunei

Menhub Budi Karya Sumadi. (**)

365
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi melalui Kemenhub no. 351 tahun 2020, menugaskan kepada badan usaha pelabuhan PT Pelindo III (Persero) untuk melaksanakan pengoperasian sementara pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

Keputusan tersebut ditandatangani Menhub pada tanggal 29 Desember 2020 lalu.

Dalam Kemenhub 351 itu menyebutkan penugasan kepada PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) sampai dengan serah terima operasi diberikan kepada Badan Usaha Pelabuhan sebagai hasil pengadaan, dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha Pelabuhan Patimban.

Meski CT Corp konsorsium sudah resmi diumumkan sebagai pemenang untuk pengelola Patimban, namun untuk mengoperasikan pelabuhan Patimban, CT Corp belum memperoleh legal standing karena belum ada perjanjian konsensi antara BUP (CT Corp Cs) dengan penyelenggara pelabuhan Patimban (KSOP Patimban).

Jadi dalam masa transisi yakni pasca penunjukan pemenang lelang operator sampai dengan adanya serah terima operasi dari KSOP Patimban kepada BUP hasil pengadaan (pemenang lelang / CT Corp Cs), ditugaskanlah PT Pelindo III mengoperasikan sementara pelabuhan Patimban.

Seperti diketahui bahwa pasca diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Minggu siang (20/12/2020), sekaligus melakukan kegiatan perdana ekspor 140 unit kendaraan tujuan Brunei Darussalam menggunakan kapal Suzuka Ekspres, hingga sekarang belum ada kegiatan lagi di pelabuhan Patimban.

Pertanyaannya kenapa belum ada lagi kegiatan kapal di Patimban, mungkin karena sarana prasarana nya belumlah, terutama akses jalan utama belum rampung hingga ke bibir dermaga.

Akibatnya, pengguna jasa pun wait and see untuk berkegiatan di Patimban, sebab mereka pasti menunggu semuanya selesai dibangun.

Bahkan beberapa waktu ketika Ocean Week, menanyakan kepada KSOP Patimban Anwar, apakah sudah ada schedule kapal kedua yang akan masuk ke pelabuhan ini, juga belum bisa dijawab dengan pasti.

Menariknya kenapa dalam operasional sementara (masa transisi) ditugaskan kepada Pelindo III ?, dan kenapa bukan PT Pelindo II ?, atau bekerjasama saja dengan pihak PBM atau Forwarder swasta profesional dibidangnya ?.

Mungkin pemerintah (Kemenhub) memutuskan itu dengan pertimbangan,  antara lain CT Corp Cs belm punya legal standing untuk mengoperasikan pelabuhan Patimban.

Selain itu juga mempertimbangkan profesionalisme SDM KSOP Patimban khususnya yang terkait dengan aspek operasional pelabuhan yang bersifat komersial masih sangat terbatas.

Bisa juga karena aktivitas pelabuhan Patimban (pasca peresmian oleh RI 1) secara operasional / komersial belum terlihat geliatnya.

Oleh karena hal tersebut, maka untuk mengaktifkan/mengoptimalkan pelabuhan Patimban, pemerintah Cq Kemenhub menugaskan kepada PT Pelindo III untuk mengoperasikan sementara pelabujan Patimban dengan skema Kerja Sama Operasi (KSO) atau Kontrak Manajemen dengan KSOP Patimban.

Tak jarang pula pertanyaan mengemuka, kenapa bukan Pelindo II yang mengelola sementara Patimban sebelum serah terima ke CT Corp, karena perseroan ini sudah banyak berpengalaman mengelola terminal kendaraan.

Mungkin juga keputusan tersebut dipengaruhi adanya faktor politis atau faktor psykologis. Sebab kalau diberikan sementara kepada Pelindo II dikhawatirkan akan terjadi benturan kepentingan yang mungkin diduga akan menimbulkan kontra produktif.

Terlepas dari semua spekulasi tersebut, yang pasti kehadiran Patimban banyak dinanti oleh kalangan usaha kepelabuhanan dan angkutan laut. Cuma kapan pelabuhan yang dibangun menelan dana triliunan rupiah itu bisa beroperasi normal, para pebisnis masih harus sabar menunggu, khususnya yang bermain di sektor kontainer, mengingat fasilitas untuk terminal petikemas masih terus diselesaikan pembangunannya. (**)

Previous Post

PNBP Angkutan Laut Lampaui Target

Next Post

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

Next Post

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    334 shares
    Share 134 Tweet 84
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    333 shares
    Share 133 Tweet 83

Follow Us

    Facebook Youtube Instagram

    Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

    • Home
    • Info Iklan
    • Disclaimer
    • Pedoman Media Siber

    Categories

    • Alat Berat
    • All
    • Bea Cukai
    • Berita Lain
    • BICT
    • BJTI
    • Bursa
    • Bursa Kapal
    • Depo Kontainer
    • Dockyard
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • Fasilitas
    • General Cargo
    • IKT
    • Jadwal
    • Jadwal
    • Jadwal
    • JICT
    • Kapal
    • Kontainer
    • Makasar
    • MAL
    • Medan
    • Moving Kapal
    • Offshores
    • Port
    • PTP
    • Regional
    • Shipping
    • Spare Part
    • Surabaya
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya
    • Uncategorized
    • video

    Recent News

    48 Tahun KPLP, Kenapa Masih Dikebiri …

    48 Tahun KPLP, Kenapa Masih Dikebiri …

    January 27, 2021

    BICT

    January 27, 2021

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    No Result
    View All Result
    • Home
    • Shipping
    • Port
    • Dockyard
    • Jadwal
    • Bursa
    • Berita Lain
    • Peraturan
    • Report Your News

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Login to your account below

    Forgotten Password?

    Fill the forms bellow to register

    All fields are required. Log In

    Retrieve your password

    Please enter your username or email address to reset your password.

    Log In