• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Thursday, September 11, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

  • Port
    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

    Kapal Besar Belum Bisa Masuk ke Batang, Kendal Perlu Bangun Pelabuhan Internasional

    Kapal Besar Belum Bisa Masuk ke Batang, Kendal Perlu Bangun Pelabuhan Internasional

    Peroleh Konsesi 27 Tahun, PT Pelabuhan Talenta Bumi Bakal Investasi Rp 500 M

    Peroleh Konsesi 27 Tahun, PT Pelabuhan Talenta Bumi Bakal Investasi Rp 500 M

    Tahap I Rampung, Pelabuhan Batang Segera Beroperasi

    Tahap I Rampung, Pelabuhan Batang Segera Beroperasi

    Pelabuhan Pintar China Dorong Perdagangan Cerdas dan Hijau

    Pelabuhan Pintar China Dorong Perdagangan Cerdas dan Hijau

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

  • Port
    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

    Kapal Besar Belum Bisa Masuk ke Batang, Kendal Perlu Bangun Pelabuhan Internasional

    Kapal Besar Belum Bisa Masuk ke Batang, Kendal Perlu Bangun Pelabuhan Internasional

    Peroleh Konsesi 27 Tahun, PT Pelabuhan Talenta Bumi Bakal Investasi Rp 500 M

    Peroleh Konsesi 27 Tahun, PT Pelabuhan Talenta Bumi Bakal Investasi Rp 500 M

    Tahap I Rampung, Pelabuhan Batang Segera Beroperasi

    Tahap I Rampung, Pelabuhan Batang Segera Beroperasi

    Pelabuhan Pintar China Dorong Perdagangan Cerdas dan Hijau

    Pelabuhan Pintar China Dorong Perdagangan Cerdas dan Hijau

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Uncategorized

Pelabuhan Rembang, Potensi di Pantura Jateng yang Belum Tergarap

oceanweek by oceanweek
September 25, 2020
in Uncategorized
Pelabuhan Rembang, Potensi di Pantura Jateng yang Belum Tergarap
444
SHARES
2.6k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Sebanyak tiga juta ton per tahun sudah dapat dihandle melalui pelabuhan Rembang (terminal Sluke). Meskipun pemerintah kabupaten Rembang menginginkan bongkar muat barang lewat pelabuhan ini bisa mencapai 7 juta ton per tahun.

“Letak geografis pelabuhan Rembang sangat bagus. Kedalamannya alami bisa mencapai 7 sampai -10 meter. Potensi barang yang melalui pelabuhan ini ada batubara (bongkar) dan batu split, batu gamping, garam (muat) cukup besar, tinggal bagaimana mengolah potensi tersebut,” kata Edi Handoyo, Kabag Perekonomian Kabupaten Rembang, kepada Ocean Week, Kamis (24/9), di Rembang.

Menurut Edi, pemerintah pusat juga telah mendukung pengembangan pelabuhan Rembang Terminal Sluke. “Namun untuk pengembangannya, masih dalam proses. Padahal, dana sudah tersedia, karena ada investor dari Perancis yang berminat bekerjasama untuk membangun pelabuhan Rembang. Tapi menunggu konsesinya dulu,” ujarnya bersemangat.

    Edi Handoyo. (**)

Edi pun mengaku sudah tak sabar untuk pelabuhan ini dapat dibangun. Mengingat, potensinya yang cukup besar. Makanya, pihaknya terus berdaya upaya supaya pemberian konsesi oleh Kementerian Perhubungan segera diwujudkan. “Mudah-mudahan tahun 2020 ini bisa diberikan konsesinya,” ungkapnya.

Ditanya mengenai rencana Kemenhub menetapkan alur pelayaran di pelabuhan Rembang, Edi menyatakan jika hal itu merupakan hal yang positif. Sebab, dengan penetapan alur, kapal-kapal yang berkegiatan di pelabuhan Rembang akan lebih terjamin keamanan dan keselamatannya.

Sementara itu Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Rembang Fery Agus Satrio, mengiyakan kalau potensi perekonomian di Kabupaten Rembang dan sekitarnya cukup lumayan. Karenanya, kalau pelabuhan Rembang bisa dikembangkan, dibangun secara layak pasti dapat maju.

“Apalagi saya dengar akan ada investor yang sudah siap bekerjasama untuk membangun dan mengembangkan pelabuhan Rembang, positif sekali. Mestinya kalau ada masalah diselesaikan dengan hati, jangan menggunakan kekuatan (okol),” kata Feri Agus, Kepala Kantor UPP Rembang, saat melihat pelabuhan bersama Ocean Week, pada Kamis siang (24/9).

Menanggapi adanya rencana penetapan alur pelayaran pelabuhan Rembang, Feri mengaku hal itu untuk keselamatan pelayaran yang keluar masuk berkegiatan di pelabuhan menjadi lebih teratur.

Akses jalan ke dermaga pelabuhan Rembang. (**)

Ketika Kamis siang lalu, Ocean Week melihat langsung kondisi pelabuhan Rembang, saat itu sedang ada satu tongkang bermuatan batubara tengah membongkar muatannya itu.

Beberapa truk tampak memasuki areal dermaga, mendekati bongkaran batubara untuk kemudian dimuat ke truk dan lalu dibawa ke tempat tujuan.

Kegiatan di Pelabuhan Rembang memang belum sepadat pelabuhan Marunda di Jakarta, tetapi jika dermaga-dermaga yang membentang luas di pelabuhan ini dibangun, bukan tidak mungkin pelabuhan yang dulu dikenal dengan nama Tanjung Bonang ini, bakal menjadi salah satu pelabuhan andalan di Jawa Tengah, selain Tanjung Emas Semarang.

Apalagi jika potensi garam dan kapur di wilayah ini digarap dengan sungguh-sungguh, dan mampu dipasarkan ke luar Rembang, dipastikan pelabuhannya pun akan ikut ramai.

Dengan potensi yang dimiliki kabupaten Rembang dan sekitarnya itulah yang kemudian mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten Rembang tidak sabar segera mewujudkan pelabuhan Rembang Terminal Sluke sebagai pelabuhan bukan saja pengumpan, tapi juga pengumpul.

“Memang masih ada hal yang harus segera diperoleh yakni konsesi. Karena begitu konsesi nya didapat, investor langsung akan membangun pelabuhan Rembang, dananya sekitar Rp 1,5 triliun sudah siap,” kata Edi Handoyo.

Apa yang dikemukakan Edi Handoyo dibenarkan Sumirat Cahyo, Komut PT BUMD RBSJ, pemegang saham BUP Pelabuhan Rembang Kencana (PRK).

Sumirat Cahyo. (**)

“Kami memang fokus untuk mendapatkan konsesi pelabuhan Rembang. Dan BUP PRK sudah mengajukan semua yang dipersyaratkan oleh pemerintah (Kemenhub). Mudah-mudahan tahun 2020 konsesi sudah diberikan oleh Kemenhub,” ungkap Sumirat, di kantornya, Kamis.

Sumirat yang didampingi Arif Budiman (direktur utama BUMD RBSJ) mengungkapkan akan selalu melakukan yang terbaik untuk pelabuhan Rembang.

“Kami akan selalu mensupport kemajuan pelabuhan Rembang, agar masyarakat Rembang dapat merasakan dampak dengan keberadaan pelabuhan ini,” kata Arif menambahkan.

Klaster Inovasi

Sementara itu, Dirut PT Pelabuhan Rembang Kencana Mindo Sitorus, menceritakan kepada Ocean Week kalau PT Pelabuhan Rembang Kencana telah mendapat dukungan dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terkait rencana kerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk pengembangan Klaster Inovasi Rembang di Pelabuhan Rembang.

Informasi inipun dibenarkan Edi Handoyo dan Sumirat saat keduanya menerima Ocean Week di Kantornya, di Rembang, Kamis lalu.

“Kami sangat mendukung Pelabuhan Rembang dijadikan klaster inovasi oleh Kemenristek/BRIN, mengingat Kabupaten Rembang memiliki potensi sumber daya alam berupa kapur dan garam yang belum diolah secara optimal,” ucap ketua ABUPI Jawa Tengah ini.

Mindo juga mengemukakan jika pada Desember 2019 lalu, pihaknya telah melakukan penandatanganan kerjasama untuk pembangunan dan pengembangan pelabuhan Rembang. “Kami telah menandatangani joint operation agreement dengan Soletanche Bachy International dari Vinci Group, sebuah perusahaan konstruksi berskala internasional asal Perancis yang sangat berpengalaman dalam pembangunan pelabuhan,” ujar Mindo.

Kegiatan di pelabuhan Rembang Terminal Sluke. (**)Menurut Mindo, investor sudah menyiapkan dana sebesar 100 juta euro atau sekitar Rp1,55 triliun untuk biaya pengembangan pelabuhan Rembang dan Kendal.

Mindo maupun Edi Handoyo secara terpisah mengatakan bahwa pilot project klaster inovasi di Rembang akan dipimpin oleh BPPT yang telah melakukan penelitian mendalam tentang pengolahan kapur dan garam sehingga memiliki nilai tambah tinggi dalam bentuk komoditas yang siap pakai.

Mindo menegaskan keberadaan pelabuhan akan membantu meningkatkan kemudahan keluar masuk bahan baku maupun produk jadi dari industri-industri yang berkembang di Kabupaten Rembang dan kabupaten-kabupaten di sekitarnya.

Jadi, mereka yang berhasil Ocean Week temui, semua menginginkan supaya pelabuhan Rembang dapat segera dikembangkan dan dibangun. Apalagi dananya sudah tersedia, mereka berharap Kemenhub secepatnya dapat mengeluarkan konsesi kepada BUP yang menjadi operator pelabuhan Rembang, agar investor yakin dalam mengembangkan dan membangun pelabuhan ini. Sebab pelabuhan yang memiliki potensi ini bakal meramaikan kegiatan perekonomian di Pantura Jawa Tengah. “Semoga tahun 2020 ini konsesi sudah dikeluarkan oleh Kemenhub,” pinta mereka. (***)

Previous Post

BKI MoU Unhan, Harapannya Bisa Kuasai Pasar Maritim Asia Tenggara

Next Post

Pelabuhan Rembang Menunggu Konsesi

Next Post
Pelabuhan Rembang, Potensi di Pantura Jateng yang Belum Tergarap

Pelabuhan Rembang Menunggu Konsesi

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5327 shares
    Share 2131 Tweet 1332
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4464 shares
    Share 1786 Tweet 1116
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3284 shares
    Share 1314 Tweet 821
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2743 shares
    Share 1097 Tweet 686
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2572 shares
    Share 1029 Tweet 643

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Pada Hari Pelanggan Nasional, Pelni Bagikan Souvenir ke Penumpang Kapal

Pada Hari Pelanggan Nasional, Pelni Bagikan Souvenir ke Penumpang Kapal

September 11, 2025
18 Tahun Asdeki, Akhirnya Bisa Luncurkan Portify Platform, Pengurus Jakarta Dikukuhkan

18 Tahun Asdeki, Akhirnya Bisa Luncurkan Portify Platform, Pengurus Jakarta Dikukuhkan

September 11, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In