• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Monday, January 18, 2021
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Pembangunan MNP Rampung 2022, Kini Mencapai 63,75%

    Pembangunan MNP Rampung 2022, Kini Mencapai 63,75%

    Presiden Resmikan Patimban, 140 Mobil Diekspor ke Brunei

    Pelindo III Ditugasi Operasikan Patimban, Kenapa Bukan IPC…

    IKT Jadikan Patimban Complementer

    IKT Jadikan Patimban Complementer

    BUP Delta Sambut Baik, Pemkot Probolinggo Akan Bentuk BUMD Pelabuhan

    BUP Delta Sambut Baik, Pemkot Probolinggo Akan Bentuk BUMD Pelabuhan

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Pembangunan MNP Rampung 2022, Kini Mencapai 63,75%

    Pembangunan MNP Rampung 2022, Kini Mencapai 63,75%

    Presiden Resmikan Patimban, 140 Mobil Diekspor ke Brunei

    Pelindo III Ditugasi Operasikan Patimban, Kenapa Bukan IPC…

    IKT Jadikan Patimban Complementer

    IKT Jadikan Patimban Complementer

    BUP Delta Sambut Baik, Pemkot Probolinggo Akan Bentuk BUMD Pelabuhan

    BUP Delta Sambut Baik, Pemkot Probolinggo Akan Bentuk BUMD Pelabuhan

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Terminal Petikemas Priok Bersaing Ketat

ocean_M.admin by ocean_M.admin
June 6, 2016
in Berita Lain
352
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

 

Persaingan positif operator terminal di pelabuhan Tanjung Priok diprediksi bakal semakin ketat pada saat Container Terminal (CT) 1 Kalibaru dioperasikan pada Agustus 2016 mendatang.

Jadi 4 operator terminal yang sudah ada yakni PT Tanjung Priok, PT Mustika Alam Lestari (MAL), TPK Koja, dan Jakarta International Container Terminal (JICT), dipastikan akan memberikan tawaran-tawaran menarik terhadap pelayaran-pelayaran pengguna jasanya karena mereka tidak mau pasarnya berpindah ke operator CT 1.

Ketua Komite Tetap (Komtap) Kadin Indonesia bidang Perhubungan Asmari Heri mengungkapkan, dengan dioperasikannya CT 1 Kalibaru nanti, justru bagus bagi pelayaran. Sebab banyak alternatif dan pilihan pelayaran untuk menentukan kegiatannya.

“Pelayaran akan diberikan banyak alternative pilihan berkegiatan, apakah mau menyandarkan kapalnya di JICT, TPK Koja, MAL, Pelabuhan 3 Tanjung Priok, atau ke CT 1 Kalibaru. Pastinya yang professional dan memberikan layanan terbaik akan menjadi perhitungan pelayaran untuk beraktivitas,” kata Asmari kepada Ocean Week di Jakarta.

Jadi, ungkap direktur PT Samudera Indonesia ini, bisa saja kapal-kapal yang selama ini berkegiatan di JICT atau Mal, ditarik ke CT 1 Kalibaru karena dijanjikan bonus khusus.

“Namun, keempat operator terminal yang sudah eksis selama ini pasti sudah membuat strategi dan mengantisipasi agar pada saat CT 1 Kalibaru dioperasikan, para pelanggannya tidak berpindah,” tutur Asmari.

Akhir bulan Mei lalu di CT 1 kalibaru juga telah dilakukan uji coba pelayaran perdana internasional oleh kapal Samudera Indonesia, dan berhasil dengan baik.

Mantan Wakil Ketua Umum INSA ini belum yakin di pelabuhan Tanjung Priok sudah over kapasitas, apalagi pada saat sekarang perekonomian sedang melesu. “Kalau dihitung dengan kapasitas terminal yang sudah ada, bahwa Tanjung Priok dengan total volume sekitar 6,5 juta Teus, ke-4 terminal yakni JICT, Koja, Mal, dan PT Tanjung Priok, masih mampu menghandle,” ujar dia.

Asmari mengaku tidak yakin dalam waktu dekat akan ada penambahan pasar baru yang masuk ke Tanjung Priok. “Beroperasinya CT 1 Kalibaru nanti, belum menjamin aka nada tambahan pasar baru pelayaran. Paling pasar yang sudah ada hanya pindah tempat, tergantung bagus tidaknya layanan yang diberikan terminal masing-masing,” kata tokoh pelayaran ini.

Heribanyak kalangan yang menyatakan bahwa pasar pelayaran yang keluar masuk ke Tanjung Priok tidak ada penambahan yang selama ini sudah berkegiatan di salah satu terminal yang ada.

 

Kondisi Pelabuhan

Menyinggung soal kondisi dan tatanan pelabuhan nasional, Ketua Komtap Kadin Indonesia bidang Perhubungan ini menilai bahwa infrastruktur dan produktiviti sebagian kondisi pelabuhan, di Wilayah Barat dan Tengah (terutama di Jawa dan Sumatera) sudah  bagus.

Namun di Wilayah Timur dan sebagian Tengah masih perlu ditingkatkan, terutama infrastruktur, akses jalan dari dan ke pelabuhan, serta peralatan maupun SDM sehingga capaian  produktavitas di hampir seluruh pelabuhan Indonesia dapat merata. Dengan demikian keteratutan jadwal  kapal  yang melayani rute tetap bisa terjaga.

Terkait dengan ketersediaan fasilitas, Asmari menegaskan ada beberapa pelabuhan yang perlu ditingkatkan kapasitasnya, terutama di luar Jawa, baik peralatan, fasilitas, lapangan penumpukan maupun kedalaman alur. “Tidak kalah penting juga ditingkatkan kapasitas akses ke pelabuhan, untuk menghindari waktu tunggu yang lama sehingga keteraturan jadwal pelayaran dapat dicapai,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Himpunan Ahli Pelabuhan Indonesia (HAPI) Sumardi menyatakan bahwa tatanan kepelabuhanan nasional yang berjumlah 1241 pelabuhan itu meliputi 35 pelabuhan utama, 218 pelabuhan pengumpul, dan 988 pelabuhan pengumpan, pada kenyataannya fungsi dan kondisinya sudah tidak sesuai lagi terutama dari sisi ukuran, dan kapasitasnya.

“Makanya perlu ditinjau kembali, apalagi dengan perkembangan jaman sekarang ini. Volume barang semakin meningkat, juga kapal-kapal yang singgah makin besar,” ungkap mantan Dirut PT Pelindo III itu. (ow)

Previous Post

KMTC INCHEON ke JICT, WARNOW BOATSWAIN di TPS Surabaya

Next Post

Dukungan Perbankan untuk Sektor Maritim Minim

Next Post

Dukungan Perbankan untuk Sektor Maritim Minim

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    334 shares
    Share 134 Tweet 84
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    333 shares
    Share 133 Tweet 83

Follow Us

    Facebook Youtube Instagram

    Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

    • Home
    • Info Iklan
    • Disclaimer
    • Pedoman Media Siber

    Categories

    • Alat Berat
    • All
    • Bea Cukai
    • Berita Lain
    • BICT
    • BJTI
    • Bursa
    • Bursa Kapal
    • Depo Kontainer
    • Dockyard
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • Fasilitas
    • General Cargo
    • IKT
    • Jadwal
    • Jadwal
    • Jadwal
    • JICT
    • Kapal
    • Kontainer
    • Makasar
    • MAL
    • Medan
    • Moving Kapal
    • Offshores
    • Port
    • PTP
    • Regional
    • Shipping
    • Spare Part
    • Surabaya
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya
    • Uncategorized
    • video

    Recent News

    Operasi Pencarian Korban Sri Wijaya Dilanjutkan

    Operasi Pencarian Korban Sri Wijaya Dilanjutkan

    January 18, 2021
    ALFI Yakin Tarif Tol Naik Berpengaruh ke Biaya Logistik, Aptrindo Akan Sesuaikan

    ALFI Yakin Tarif Tol Naik Berpengaruh ke Biaya Logistik, Aptrindo Akan Sesuaikan

    January 18, 2021

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    No Result
    View All Result
    • Home
    • Shipping
    • Port
    • Dockyard
    • Jadwal
    • Bursa
    • Berita Lain
    • Peraturan
    • Report Your News

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Login to your account below

    Forgotten Password?

    Fill the forms bellow to register

    All fields are required. Log In

    Retrieve your password

    Please enter your username or email address to reset your password.

    Log In