• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Monday, January 25, 2021
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Rencana Lintas Ciwandan-Panjang, Kok Jadi ‘Latah’ ?

oceanweek by oceanweek
August 28, 2020
in Berita Lain, Uncategorized
Rencana Lintas Ciwandan-Panjang, Kok Jadi ‘Latah’ ?
353
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Rencana pemerintah (Kemenhub) membuka lintasan baru Ciwandan (Banten)-Panjang (Lampung) dinilai Gabungan Pengusaha Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) bisa mengancam usaha kapal-kapal penyeberangan di rute Merak-Bakauheni.

Karena itu, ide pemerintah (Kemenhub) mengenai short sea shipping tersebut langsung memperoleh tanggapan dari Gapasdap. “DPP Gapasdap mendukung semua kebijakan dan program pemerintah
yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada rakyat guna mendukung perekonomian Nasional. Namun pembukaan lintasan baru transportasi yang sejenis (penyeberangan), seharusnya dilakukan
dengan pertimbangan dan memperhatikan, antara lain, keseimbangan yang baik agar terjadi persaingan yang sehat untuk menjamin pelayanan yang berkualitas dan menjamin standart keselamatan transportasi. Tidak berhimpit dengan lintasan yang sudah ada,” kata Khoiri Soetomo, Ketua Umum Gapasdap kepada Ocean Week, Jumat pagi (2/8).

Ironinya, ujar Khoiri, pada lintasan Ciwandan-Panjang tersebut berada dibawah pembinaan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, bukan Ditjen Darat. Lagi pula lintasan ini berhimpitan dengan rute Merak – Bakauheni yang berada dibawah pembinaan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

“Yang juga memprihatinkan kami (Gapasdap), kapal yang digunakan untuk melayani lintasan itu juga menggunakan kapal Roro Passenger dengan tipe dan jenis yang sama dengan kapal di lintasan Merak – Bakauheni. Dan segmen muatannya pun memiliki karakteristik yang sama. Jadi bagaimana ini,” ungkap Khoiri heran.

Menurut Khoiri, persaingan itu diperlukan demi terciptanya iklim usaha yang baik, namun tidak harus saling mematikan agar keseimbangan dan iklim usaha yang kondusif dapat tercipta.

Kegiatan di Lintasan Merak-Bakauheni. (*)

Ketua Umum DPP Gapasdap ini, mempertanyakan mengenai harmonisasi kebijakan antar direktorat dalam kementerian perhubungan. “Mestinya kan mengutamakan harmonisasi, supaya tak terjadi tumpang tindih kebijakan yang akhirnya akan merugikan seluruh pemangku kepentingan angkutan penyeberangan terutama para investor dan operator baik yang lama maupun yang baru,” tegasnya.

Khoiri uga bercerita bagaimana kondisi di lintasan Merak-Bakauheni saat ini. “Perlu diketahui jumlah kapal yang beroperasi saat ini sebanyak 73 armada menuju 84 armada yang akan masuk dalam waktu dekat. Padahal telah dilakukan moratorium dari tahun lalu sehingga tidak boleh ada ijin baru karena
kondisi oversupply. Sementara jumlah dermaga yang melayani hanya ada 5 pasang dermaga regular dan 1 pasang dermaga eksekutif ditambah 1 dermaga regular yang saat ini masih dalam perbaikan,” katanya panjang lebar.

Melihat kondisi tersebut, dan dengan jumlah kapal yang beroperasi dalam 1 hari sebanyak 30 unit. Maka utilisasi armada hanya sebesar 34% per kapal/bulan. Atau setiap kapal hanya beroperasi sekitar 10 hari dalam satu bulan, sisanya off secara bergantian.

“Yang juga perlu dipertibangkan bahwa besaran load factor lintasan Merak – Bakauheni rata rata hanya sebesar 30%. Dengan distribusi muatan mengalami kondisi peak pada pukul 22.00 – 04.00 WIB, selain jam tersebut kondisi muatan sangat sepi. Apalagi saat ini, kondisi muatan semakin menurun akibat pandemi Covid-19. Jika suatu saat terjadi antrian, bukan dikarenakan kurangnya kapal tetapi disebabkan kurangnya dermaga,” jelas Khoiri.

Pelaku Usaha penyeberangan ini menyatakan, dengan rencana dibukanya lintas Ciwandan-Panjang dapat berakibat muatan di rute Merak – Bakauheni sebagai penghubung pulau Jawa – Sumatera akan berkurang signifikan. Kemudian para pengusaha yang telah berinvestasi di lintas Merak – Bakauheni yang selama ini telah membantu pemerintah melancarkan perekonomian dari Jawa ke Sumatera bakal mengalami kesulitan dalam mengoperasikan kapal-kapalnya.

“Selama ini saja, para pengusaha di lintas Merak Bakauheni sudah kesulitan menutupi biaya operasional, sudah pusing mikir bagaimana menggaji karyawan, membayar docking kapal. Bagaimana kalau pemerintah (Kemenhub) tetap membuka lintas Ciwandan-Panjang, pasti semakin berat,” kata Khoiri.

Khoiri berharap, lintas short sea shipping dibuka pada jalur yang tak berhimpit dengan lintasan yang sudah ada, misalnya dibuka pada rute Jakarta – Surabaya yang sampai saat ini sepi peminat, bukan malah pada rute-rute yang sudah padat. “Kami juga berharap pemerintah mengevaluasi lagi untuk rute Tanjung Wangi (Banyuwangi) – Lembar (NTB), karena bisa pula mematikan lintas penyebarangan Banyuwangi-Bali dan Bali-NTB yang selama ini sudah ada. Ini tak jauh beda dengan Merak-Bakauheni,” katanya.

Oleh sebab itu, Gapasdap minta supaya Kemenhub berpikir ulang terhadap rencana membuka lintasan baru kapal-kapal penyeberangan tersebut. Mestinya para pengusaha yang sudah ada seharusnya memperoleh perlindungan dan pembinaan untuk terus eksis, ini justru diadu. “Saat ini bangsa kita sedang menuju resesi ekonomi, setidaknya hingga 2 tahun kedepan. Maka penyelamatan aset bangsa untuk dapat bertahan hidup menjadi sangat penting. Pemerintah perlu mengatur agar tidak habis dan rusak,” tutur Khoiri. (**)

Previous Post

WNI Sudah Bisa Pulang Lewat Pelabuhan Klang

Next Post

Usaha Salvage Agar Berdaya Saing

Next Post
Usaha Salvage Agar Berdaya Saing

Usaha Salvage Agar Berdaya Saing

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    334 shares
    Share 134 Tweet 84
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    333 shares
    Share 133 Tweet 83

Follow Us

    Facebook Youtube Instagram

    Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

    • Home
    • Info Iklan
    • Disclaimer
    • Pedoman Media Siber

    Categories

    • Alat Berat
    • All
    • Bea Cukai
    • Berita Lain
    • BICT
    • BJTI
    • Bursa
    • Bursa Kapal
    • Depo Kontainer
    • Dockyard
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • Fasilitas
    • General Cargo
    • IKT
    • Jadwal
    • Jadwal
    • Jadwal
    • JICT
    • Kapal
    • Kontainer
    • Makasar
    • MAL
    • Medan
    • Moving Kapal
    • Offshores
    • Port
    • PTP
    • Regional
    • Shipping
    • Spare Part
    • Surabaya
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya
    • Uncategorized
    • video

    Recent News

    TPK KOJA

    January 25, 2021

    TPS SURABAYA

    January 25, 2021

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    No Result
    View All Result
    • Home
    • Shipping
    • Port
    • Dockyard
    • Jadwal
    • Bursa
    • Berita Lain
    • Peraturan
    • Report Your News

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Login to your account below

    Forgotten Password?

    Fill the forms bellow to register

    All fields are required. Log In

    Retrieve your password

    Please enter your username or email address to reset your password.

    Log In