• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Sunday, May 25, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Port

Dermaga Rusak, Wonreli Kisar juga Butuh Kapal Patroli

oceanweek by oceanweek
July 19, 2019
in Port, Uncategorized
371
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kemenhub perlu memperhatikan kondisi Wonreli di Kisar kabupaten Maluku Barat Daya, sebagai salah satu pelabuhan yang disinggahi kapal tol laut.

Saat ini dermaga di pelabuhan Wonreli rusak parah. Dermaga sepanjang 160 meter tersebut patah sepanjang 3 meter akibat dihantam gelombang besar beberapa tahun lalu.

Selain itu, fender maupun bolder pun sudah tidak ada, sehingga jika kapal masuk sandar untuk bongkar muat petikemas cukup berbahaya. Begitu pula dengan lampu penerangan di sekitar dermaga pun tidak ada lagi.

Karena itu, Kemenhub mesti segera membangun fasilitas di pelabuhan Kisar tersebut, supaya kegiatan kapal tol laut serta kapal perintis maupun kapal penumpang Pelni tidak mengalami kendala di lapangan pada saat sandar dan membongkar muatannya.

Pengamatan Ocean Week, Jumat pagi ini (19/7), aktifitas di pelabuhan Wonreli tampak lengang. Tak ada kapal penumpang maupun kapal tol laut, hanya ada sejumlah kapal ikan yang sedang menurunkan ikan hasil tangkapan nelayan.

Problem lain yang juga menjadi kesulitan bagi UPP disini yakni belum dimilikinya kapal patroli. Padahal kapal tersebut sangat dibutuhkan untuk bisa mengontrol dan mengawasi pelabuhan yang menjadi wilayah kerjanya yang jumlahnya 9 pelabuhan. Dan itu dibenarkan Feri L, pelaksana harian UPP kelas III Wonreli, Kisar.

Seperti diketahui, Tol laut untuk pelabuhan ini memang sangat dibutuhkan. Itu pun dinyatakan oleh Camat Kisar Yafet Lelatobur. “Tol laut masih sangat dibutuhkan di Kisar ini, karena dengan masuknya kapal tol laut, harga-harga barang bisa dikendalikan, tidak mahal,” katanya kepada Ocean Week, Kamis (18/7), di Kisar.

Memang, ungkap Yafet, kendala di wilayah ini adalah jaringan komunikasi yang sulit. “Makanya kami pun mohon supaya hal ini juga menjadi perhatian pemerintah pusat,” ujarnya.

Pada Kamis kemarin, ketika tim Hubla yang dipimpin Hasan S, kepala seksi tramper dan pelayaran rakyat, dan kepala dinas perdagangan Maluku Barat Daya Edward Body Davidz serta Camat Kisar Yafet melakukan rapat evaluasi tol laut di Kisar dengan para pengusaha daerah ini, sejumlah problem mengenai tol laut Kisar dikemukakan oleh para pengusaha.

Tetapi, sebenarnya setelah mereka diberi penjelasan dan informasi oleh Hasan S, para pengusaha tersebut, menjadi maklum. “Jadi tol laut kalau begitu masih sangat dibutuhkan disisni. Karena tarifnya juga murah,” kata Oyong, salah satu pengusaha di Kisar.

Para pengusaha pun mengucapkan terimakasih kepada pemerintah (Hubla) atas informasi yang diberikan kepadanya.

Sebagai misal saja bahwa mereka selama ini tak pernah menerima informasi soal schedule kedatangan kapal tol laut ke Kisar. Padahal, menurut Hasan S, dalam kontrak antara Hubla dengan operator, informasi tersebut menjadi tanggung jawab operator untuk mensosialisasikannya.

Akibat minimnya informasi yang diperoleh para pengusaha, sehingga mereka pun terkesan dimanfaatkan pihak Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) dalam penentuan tarif angkutnya. Misalnya dari Surabaya ke Kisar, JPT ada yang menawarkan tarif antara Rp 15 sampai Rp 20 juta per petikemas.

Dari obrolan Ocean Week dengan beberapa pengusaha di Kisar, sebenarnya sangatlah sederhana permintaan mereka yakni jangan lagi ada keterlambatan kapal. Mengingat dengan kapal terlambat, dampaknya biaya jadi tinggi, dan itu berpengaruh terhadap harga barang.

Memang, problem bagi kapal tol laut di Kisar adalah belum adanya muatan balik yang bisa dibawa ke daerah lain. “Paling hanya bawa kontainer kosong,” ungkap Alan dari pelayaran Mentari, operator tol laut T12.

Namun, informasi yang diperoleh ocean week, bahwa dermaga sudah akan dibangun, kemudian kapal patroli juga sudah disiapkan yang dalam waktu tak lama akan diserahkan.

Sementara di Moa, pelabuhannya tidak ada masalah, hanya saja untuk mendukung kelancaran kapal tol laut, perlu dibangun lapangan penumpukan kontainer, kemudian perlu ada tronton, sehingga aktifitas bongkar muat kontainer lancar.

Moa dan Kisar dengan total jumlah penduduk berkisar 80 ribu orang sangatlah banyak memerlukan barang kebutuhan sembako, apalagi khusus di Moa yang saat ini sedang membangun, dipastikan perlu barang-barang material seperti semen, maupun bahan bangunan lainnya. (**)

Previous Post

Kemenhub Hibahkan Puluhan Kapal Pelra

Next Post

Penumpang KLM Rahmat Ilahi Dievakuasi Kapal KPLP Syahbandar Makassar

Next Post
Penumpang KLM Rahmat Ilahi Dievakuasi Kapal KPLP Syahbandar Makassar

Penumpang KLM Rahmat Ilahi Dievakuasi Kapal KPLP Syahbandar Makassar

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5188 shares
    Share 2075 Tweet 1297
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4392 shares
    Share 1757 Tweet 1098
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2654 shares
    Share 1062 Tweet 664
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2516 shares
    Share 1006 Tweet 629
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2076 shares
    Share 830 Tweet 519

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

PT PTP Raih Penghargaan Indonesia Digital Award 2025

PT PTP Raih Penghargaan Indonesia Digital Award 2025

May 24, 2025

May 24, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In