• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Sunday, May 18, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Triwulan Pertama, Teluk Lamong Tangani 220.754 TEUs

    Triwulan Pertama, Teluk Lamong Tangani 220.754 TEUs

    PSA Grup Tangani 100,2 Juta TEUs, Tuas Sumbang 10 Juta TEUs

    PSA Grup Tangani 100,2 Juta TEUs, Tuas Sumbang 10 Juta TEUs

    Teluk Lamong Cetak Rekor Baru Ship To Ship Hanya 34 Menit

    Teluk Lamong Cetak Rekor Baru Ship To Ship Hanya 34 Menit

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Triwulan Pertama, Teluk Lamong Tangani 220.754 TEUs

    Triwulan Pertama, Teluk Lamong Tangani 220.754 TEUs

    PSA Grup Tangani 100,2 Juta TEUs, Tuas Sumbang 10 Juta TEUs

    PSA Grup Tangani 100,2 Juta TEUs, Tuas Sumbang 10 Juta TEUs

    Teluk Lamong Cetak Rekor Baru Ship To Ship Hanya 34 Menit

    Teluk Lamong Cetak Rekor Baru Ship To Ship Hanya 34 Menit

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

IPC Tangani 5,9 juta TEUs

ocean_M.admin by ocean_M.admin
June 28, 2016
in Berita Lain
338
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Direksi baru PT Pelindo II tengah melakukan berbagai gebrakan. Bukan saja hanya dari sisi internal, melainkan juga eksternal. Misalnya, rencana restrukturisasi terhadap anak usaha Pelindo II. Termasuk rencana mengevaluasi Perusahaan Bongkar Muat (PBM) yang selama ini beroperasi di pelabuhan Tanjung Priok.

Cuma, kapan realisasi akan rencana tersebut, para pihak terkait sedang menunggu langkah-langkah yang akan diambil oleh Elvyn G Masassya Cs. Pastinya, Elvyn menyatakan bahwa untuk restrukturisasi 16 anak usaha pelindo II ditargetkan 3-4 bulan kedepan sudah terwujud.

Kendati perekonomian makro dan mikro pada tahun 2015 cukup sulit, namun PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II berhasil mencetak pencapaian kinerja cukup baik, dan berhasil melewatinya. Perseroan plat merah ini mampu mencatat kenaikan pendapatan, EBITDA dan investasi.

Prestasi Perusahaan lainnya antara lain perbaikan dalam hal pendanaan melalui global bond, IT System dalam kegiatan operasional terminal maupun administrasi perkantoran, peningkatan prestasi dalam asesmen kriteria penilaian kinerja unggul (KPKU) dengan kategori ‘good performance’ maupun kesepakatan sister ports dengan Shenzhen Port Authority (China) dan Port of Townsville Ltd (Australia).

Kata Elvyn G Masassya, Dirut PT Pelindo II, IPC (Pelindo II) pada bulan Mei 2015 berhasil menerbitkan global bond/surat utang sebesar US$ 1,1 miliar yang akan jatuh tempo pada tahun 2025, dan US$ 500 juta yang akan jatuh tempo pada tahun 2045. “Masing-masing dengan bunga/kupon sebesar 4,250% per tahun dan 5,375% per tahun,” ujar Elvyn di Jakarta.

Menurut mantan Dirut PT BPJS itu, transaksi tersebut merupakan bukti sentiment positif investor terhadap Indonesia dan dukungan penuh untuk sector-sector prioritas Negara, terutama pada pengembangan infrastruktur dan investasi jangka panjang yang dipandang strategis.

“Transaksi ini juga membuktikan bahwa di tengah perekonomian global yang kurang baik, perusahaan-perusahaan yang menawarkan deal menarik dan didukung oleh tata kelola yang baik, tetap bisa menarik minat investor global,” ungkap dia.

Hal ini pulalah yang kemudian mengantarkan IPC meraih penghargaan ‘Best Corporate Bond Indonesia’ oleh majalah keuangan, The Asset pada The Asset triple A Country Award 2015 di Hongkong dan penghargaan IJGlobal Magazine Award sebagai pemenang ‘Asia Pacific Ports’ dalam IJGlobal Award 2015.

Elvyn juga bercerita bahwa pada 2015 yang ditandai dengan melemahnya nilai tukar rupiah maupun penurunan harga komoditas dunia, IPC berhasil mencatat peningkatan pada kunjungan kapal non regular 17% menjadi sebesar 83,3 juta GT seiring dengan modernisasi fasilitas kepelabuhanan maupun pemisahan penanganan barang di terminal-terminal pelabuhan.

Secara keseluruhan, IPC menangani 43,8 ribu kapal atau 201,7 juta GT di luar terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS). Arus barang yang ditangani pelabuhan sebesar 87,7 juta ton dengan peningkatan hamper 90% pada kargo ternak.

Untuk petikemas, IPC menangani sebesar 5,9 juta TEUs, dan 80% dilayani melalui tiga terminal petikemas di Jakarta.

Program Kerja 2016

Pada permulaan tahun 2016, ungkap Elvyn, diwarnai dengan semangat menggalakkan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan, termasuk kementerian perhubungan dengan otoritas pelabuhan. Semangat ini diperkuat oleh susunan manajemen baru dilingkungan IPC oleh kementerian BUMN pada awal kuartal kedua yang diharapkan dapat melakukan pembenahan dan pembaharuan diseluruh cabang pelabuhan dan anak perusahaan IPC serta mampu membawa penyegaran bagi seluruh lini manajemen IPC.

Kata Saptono Rahayu Irianto, Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha, target manajemen baru yakni konsolidasi internal sekaligus membangun kembali harapan insan perusahaan dalam kultur yang lebih professional, modernisasi pelabuhan-pelabuhan eksisting maupun melanjutkan proyek-proyek investasi yang disesuaikan dengan dinamika kondisi industry dan perekonomian saat ini dalam kerangka konektivitas jaringan logistic nasional dan internasional, dan melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan sinkronisasi dan sinergitas antar stakeholders terkait.

Kondisi perekonomian dunia yang kurang baik pada 2015, ujar Saptono, masih memberikan dampak yang signifikan pada awal kuartal 2016. “Perusahaan tengah mengambil langkah-langkah dalam peningkatan pendapatan, peningkatan efektifikas biaya dan investasi untuk pengembangan pelabuhan pada lokasi eksisting dan baru, maupun usaha-usaha untuk peningkatan kapabilitas perusahaan secara komprehensif,” ujar dia.

Cerita Saptono, IPC terus berupaya mengembangkan dan meningkatkan pelayanan yang cepat, mudah diakses, fasilitas fisik yang memadai, dan ramah terhadap stakeholders. Melalui beberapa proyek pengembangan pelabuhan seperti Terminal Kalibaru dimana Container Terminal I telah melaksanakan trial operation dengan baik pada Januari dan Mei 2016 lalu. “Direncanakan beroperasi penuh secara komersial pada Julia tau Agustus 2016,” tutur Saptono.

Nantinya, terminal ini akan dapat melayani kapal-kapal petikemas di atas 18.000 TEUs. Dengan demikian diharapkan dapat mendorong efektivitas biaya logistic di Indonesia dengan efisiensi dari skala ekonomi kapal-kapal besar tersebut.

Elvyn menambahkan, perseroan akan focus pada 4 hal yakni meneruskan hal-hal yang baik (going concern), menyesuaikan hal-hal yang perlu disesuaikan (governance), menyelesaikan hal-hal yang perlu diselesaikan (pending matters), dan memperkenalkan hal-hal baru (business development).

“Dalam konteks yang lebih luas sebagai upaya mendukung percepatan dan pemerataan pembangunan ekonomi sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat, perusahaan terus menggiatkan berbagai program untuk modernisasi pelabuhan-pelabuhan eksisting maupun membangun pelabuhan-pelabuhan baru di beberapa lokasi,” ujar dia.

Sementara itu Dani Rusli, Direktur Teknik dan Manajemen Risiko Pelindo II mengemukakan ada 4 proyek yang telah diinisiasi oleh IPC telah masuk dalam daftar proyek strategis yang dituangkan dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia no. 3 tahun 2016 yaitu Inland Waterways (Cikarang-Bekasi-Laut Jawa/CBL), pelabuhan Sorong, Pelabuhan Kalibaru, dan Pelabuhan Kijing.

“Untuk itu tentu saja butuh kolaborasi dan dukungan penuh pemerintah maupun para pemangku kepentingan lainnya, demi kelangsungan pengembangan dan pembangunan proyek-proyek kepelabuhanan untuk dapat berjalan dengan baik tanpa hambatan,” kata Dani. (rs/ow)

Previous Post

PPOP Priok Peduli Dhuafa

Next Post

Mudik Gratis Bersama IPC Pelindo 2

Next Post

Mudik Gratis Bersama IPC Pelindo 2

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5183 shares
    Share 2073 Tweet 1296
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4389 shares
    Share 1756 Tweet 1097
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2652 shares
    Share 1061 Tweet 663
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2514 shares
    Share 1006 Tweet 629
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2075 shares
    Share 830 Tweet 519

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

PAL Berkomitmen Jadikan RI Mampu Membangun Kapal-kapal Modern Kelas Dunia

PAL Berkomitmen Jadikan RI Mampu Membangun Kapal-kapal Modern Kelas Dunia

May 17, 2025

May 17, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In