• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, January 22, 2021
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

INSA Turut Andil Dibukanya Bongkar Batubara di Cirebon

ocean_M.admin by ocean_M.admin
September 30, 2016
in Berita Lain
342
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
Pelabuhan Bengkulu, tampak salah satu fasilitas pelabuhan. (foto ist)
Pelabuhan Bengkulu, tampak salah satu fasilitas pelabuhan. (foto ist)

INSA bersyukur bahwa apa yang diharapkannya supaya kegiatan batubara di pelabuhan Cirebon dibuka kembali, pengerukan alur masuk ke pelabuhan Bengkulu dikeruk, serta dilibatkannya pelayaran swasta dalam pengelolaan pelabuhan-pelabuhan UPT, akhirnya dikabulkan pemerintah (Kementerian Perhubungan-red).

“Kami berulangkali memberi masukan kepada Menteri Perhubungan dan institusi terkait untuk hal-hal itu. Alhamdulillah harapan INSA dikabulkan. Bongkar muat di pelabuhan Cirebon sudah dibuka lagi, lalu pengerukan untuk alur pelabuhan Bengkulu juga segera dilakukan, dan Menteri Perhubungan pun akan melibatkan swasta yang siap mengelola pelabuhan UPT,” kata Carmelita Hartoto, Ketua Umum DPP INSA di Jakarta.

Seperti diketahui bahwa setelah sempat terhenti selama 5-6 bulan, bongkar muat batubara melalui pelabuhan Cirebon akhirnya dibuka kembali pada Selasa (27/9) lalu, karena industry disekitar Cirebon sangat membutuhkan komoditi ini.

Ketua DPC INSA Cirebon Agus Purwanto juga menyambut baik dibukanya kembali kegiatan bongkar muat batubara lewat pelabuhan Cirebon. “Bongkar batubara di Cirebon sudah sangat bagus, polusi yang ditimbulkan juga sudah kecil sekali, karena semua fasilitas untuk itu telah diberi antisipasi agar bongkaran batubara tidak menimbulkan polusi,” kata Agus.

Selain itu, ungkapnya, selama lima bulan batubara dibongkar di pelabuhan Tegal, ternyata tidak dapat dilakukan secara permanen, mengingat fasilitasnya terbatas.

General Manager PT Pelindo II Cirebon, Solikhin mengaku senang dengan dibolehkannya kegiatan batubara melalui pelabuhan Muara Jati ini. “Kami berterima kasih kepada pemerintah pusat maupun pemerintah kota, INSA, dan stakeholders lainnya yang setalah berkoordinasi, akhirnya diputuskan bongkar muat batubara bisa lewat pelabuhan Cirebon lagi,” ungkap mantan General Manager Pelindo Pontianak itu.

Solikhin juga menambahkan pihaknya sudah mengantisipasi system bongkar muat batubara dengan menutupi eskavator menggunakan sprai, dan tongkang juga diberi sprai. Batubara yang diangkut truk juga ditutup dengan sprai, sehingga tidak menimbulkan polusi.

Bengkulu Dikeruk

Sementara itu, untuk pengerukan alur pelayaran di pelabuhan Bengkulu, Dirjen Perhubungan Laut A. Tonny Budiono telah mengirim surat kepada Dirut Pelindo II Elvyn G. Masyassa untuk mengambil-alih pekerjaan pengerukan.

“Harusnya memang kewajiban pemerintah, tetapi karena anggaran terbatas kita serahkan kepada Pelindo II,” ujarnya.

Agustus 2016, alur pelayaran di Pelabuhan Pulau Baai mengalami pendangkalan hingga 5,1 meter sehingga akibatnya kapal berukuran dengan draft 5,8 meter atau kapal pengangkut BBM berkapasitas 5.000 ton sulit sandar di pelabuhan tersebut.

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G. Massasya mengaku pihaknya sudah menerima surat dari Kementerian Perhubungan, dan pelindo II  bersedia melakukan pengerukan alur pelayaran Pelabuhan Pulau Baai, Bengkulu. “Kita akan dredging dulu. Nanti, biayanya diperhitungkan dengan Kementerian Perhubungan,” ungkapnya.

Menurutnya, keputusan Pelindo II untuk melakukan tugas ini dilandasi oleh kepentingan yang lebih luas bagi masyarakat Bengkulu dan sekitarnya. Pelimpahan tugas ini juga telah didiskusikan bersama dengan Pelindo II dan Kementerian Perhubungan.

Di tempat lain, Ketua Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) Aulia Febrial Fatwa menyambut baik niat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk fokus menjadi regulator dengan melepaskan peran sebagai operator di pelabuhan Unit Pelaksana Teknis (UPT).

“Kami mendukung hal itu, tapi perlu diingat bahwa sangat penting membuka kesempatan yang sama bagi BUMN dan swasta agar menghindari monopoli di bidang pengelolaan pelabuhan yang ujungnya berdampak pada kualitas layanan pelabuhan-pelabuhan di Indonesia,” ujarnya.

Menurut dia, badan usaha pelabuhan bukan hanya BUMN, namun juga terbuka untuk swasta, seperti diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran Pasal 95 junto PP Nomor 61 Tahun 2009 tentang Kepelabuhanan Pasal 71.

“Jika diserahkan hanya kepada BUMN, dikhawatirkan terjadi monopoli yang dilarang oleh Undang-Undang No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat,” ungkap Aulia (***).

Previous Post

Pelindo 1 Lakukan Transformasi Bisnis & Budaya

Next Post

Sebulan Lagi Munas APBMI, Suasana Memanas

Next Post

Sebulan Lagi Munas APBMI, Suasana Memanas

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    334 shares
    Share 134 Tweet 84
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    333 shares
    Share 133 Tweet 83

Follow Us

    Facebook Youtube Instagram

    Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

    • Home
    • Info Iklan
    • Disclaimer
    • Pedoman Media Siber

    Categories

    • Alat Berat
    • All
    • Bea Cukai
    • Berita Lain
    • BICT
    • BJTI
    • Bursa
    • Bursa Kapal
    • Depo Kontainer
    • Dockyard
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • Fasilitas
    • General Cargo
    • IKT
    • Jadwal
    • Jadwal
    • Jadwal
    • JICT
    • Kapal
    • Kontainer
    • Makasar
    • MAL
    • Medan
    • Moving Kapal
    • Offshores
    • Port
    • PTP
    • Regional
    • Shipping
    • Spare Part
    • Surabaya
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya
    • Uncategorized
    • video

    Recent News

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    January 22, 2021
    Patroli PLP Evakuasi Kapal Great Marine

    Patroli PLP Evakuasi Kapal Great Marine

    January 22, 2021

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    No Result
    View All Result
    • Home
    • Shipping
    • Port
    • Dockyard
    • Jadwal
    • Bursa
    • Berita Lain
    • Peraturan
    • Report Your News

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Login to your account below

    Forgotten Password?

    Fill the forms bellow to register

    All fields are required. Log In

    Retrieve your password

    Please enter your username or email address to reset your password.

    Log In