• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Sunday, May 18, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Triwulan Pertama, Teluk Lamong Tangani 220.754 TEUs

    Triwulan Pertama, Teluk Lamong Tangani 220.754 TEUs

    PSA Grup Tangani 100,2 Juta TEUs, Tuas Sumbang 10 Juta TEUs

    PSA Grup Tangani 100,2 Juta TEUs, Tuas Sumbang 10 Juta TEUs

    Teluk Lamong Cetak Rekor Baru Ship To Ship Hanya 34 Menit

    Teluk Lamong Cetak Rekor Baru Ship To Ship Hanya 34 Menit

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Triwulan Pertama, Teluk Lamong Tangani 220.754 TEUs

    Triwulan Pertama, Teluk Lamong Tangani 220.754 TEUs

    PSA Grup Tangani 100,2 Juta TEUs, Tuas Sumbang 10 Juta TEUs

    PSA Grup Tangani 100,2 Juta TEUs, Tuas Sumbang 10 Juta TEUs

    Teluk Lamong Cetak Rekor Baru Ship To Ship Hanya 34 Menit

    Teluk Lamong Cetak Rekor Baru Ship To Ship Hanya 34 Menit

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Port

Indonesia Tak Pelu Alergi dengan Pelabuhan Singapura

oceanweek by oceanweek
March 3, 2019
in Port
Indonesia Tak Pelu Alergi dengan Pelabuhan Singapura
368
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pelaku usaha pelayaran mempertanyakan kenapa pemerintah Indonesia sangat alergi dengan Singapura, dan berusaha mengemas transhipment kargo lewat pelabuhan di Indonesia. “Apakah kita (pelabuhan Indonesia) sudah siap dengan itu, karena barang ke Indonesia itu mayoritas destination untuk kebutuhan negeri ini. Beda dengan Singapura, petikemas-petikemas itu hanya pindah kapal, bukan untuk kepentingan negara Singapura,” kata Asmari Heri, pengamat kemaritiman yang juga direktur pelayaran samudera indonesia, kepda Ocean Week, di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Asmari, pemerintah boleh saja punya obsesi untuk pelabuhan Indonesia sebagai transhipment, tapi transhipment domestik atau transhipment internasional. “Kalau trashipment domestik mungkin bisa, tapi kalau internasional, masih jauhlah,” ujar Asmari mengkritisi keinginan pemerintah tersebut.

Asmari juga menyatakan, sebenarnya pemilik barang tidak begitu mempersoalkan pengapalan barangnya lewat pelabuhan mana, tetapi yang paling penting adalah tarif kompetitif, tepat waktu, dan cepat, serta aman. “Pengapalan mau lewat pelabuhan mana saja tak jadi masalah, yang penting tarif kompetitif, murah, aman, dan tepat waktu. Apakah itu bisa dilakukan oleh Indonesia,” ungkapnya.

Hal yang sama juga dikemukakan Lukman Ladjoni, praktisi pelayaran dari Jawa Timur. “Banyak hal yang mesti dibenahi oleh pemerintah. Seharusnya tak perlu muluk-muluk dulu, betulis dulu tata kelola pelabuhan, bagaimana tarifnya, sistemnya, jangan selalu membandingkan dengan Singapura. Mereka itu sudah sangat maju, kita baru berpikir satu, mereka sudah lebih maju 1.000 kali,” katanya.

Lukman Ladjoni. (ist)

Mereka, kata Ladjoni, tak gembar-gembor seperti kita (pemerintah Indonesia) yang terkesan selalu ‘pamer’. “Bangun pelabuhan belum jadi, sudah ngomong sana ngomong sini. Singapura tak perlu gembar-gembor, tau-tau sudah operasional,” kritiknya.

Asmari juga membenarkan terhadap apa yang dikatakan Ladjoni. “Singapura membangun pelabuhan di Tuas yang sangat besar, tidak pernah teriak-teriak, tau-tau jadi. Kita bangun Patimban, Kuala Tanjung, dan yang lain belum apa-apa sudah statement, padahal sering meleset,” katanya lagi.

Keduanya berharap, sebaiknya pemerintah tak perlu alergi dengan Singapura. “Sebaiknya meniru apa yang pernah dilakukan Perdana Menteri Malaysia Mahathir dengan Tanjung Pelepasnya. Sekitar 10 tahun, terminal itu sudah melayani 10 juta TEUs. Kita (pelabuhan Indonesia) Priok misalnya atau Tanjung Perak yang sudah lebih dulu dari Tanjung Pelepas, berapa throughput-nya,” katanya kompak.

Lagi pula, Singapura pasti tak akan tinggal diam dengan apa yang akan dilakukan oleh Indonesia. Mereka sekarang sudah menangani sekitar 35 juta TEUs per tahun, pasti berusaha menambah volumenya, makanya membangun lagi di Tuas, karena di PSA dianggapnya sudah tak menampung lagi.

Seperti diketahui bahwa, belum lama ini Pemerintah Indonesia akan menetapkan 7 pelabuhan hub internasional untuk memangkas biaya logistik. Strategi tersebut untuk menggantikan trashipment ke Singapura.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, penetapan 7 pelabuhan hub internasional akan mempermudah ekspor Indonesia. “Kita sudah bahas 7 hub pelabuhan di Indonesia, kita mau cost yang paling rendah, karena transportation cost itu yang buat harga-harga barang itu naik. Sekarang hub kita itu kan Singapura, padahal kalau kita posisikan Priok jadi hub internasional enggak usah ke Singapura, langsung mau ke Amerika atau Eropa,” ujarnya di Medan.

Keinginan pemerintah menjadikan Tanjung Priok sebagai hub internasional, sebagaimana dikatakan para pebisnis pelayaran, sudah cukup lama. Namun, sampai saat ini masih belum terealisasi. “Masalahnya ada pada tarif. Misalnya, pengapalan petikemas dari Palembang, tapi kapal sandar di terminal MAL, dan kemudian akan lanjut dengan pengapalan di JICT, tarifnya cukup tinggi. Namun kalau di Singapura barang yang pindah dari terminal satu ke terminal lain tak kena biaya, apakah ini bisa dilakukan di Priok,” ungkap Theo Rinastowo, direktur pelayaran IFL kepada Ocean Week, beberapa waktu lalu.

Lagi pula, tambah Asmari, Lukman Ladjoni, maupun Theo, apakah di Tanjung Priok ada kapal-kapal besar yang ready ke negara-negara tujuan barang (ekspor). Memang, mereka mengakui, sudah ada kapal dari Priok direct ke Amerika, Intra Asia, dan Eropa. “Tapi itu belum cukup,” ungkapnya.

Menko Maritim Luhut mengatakan, dengan keberadaan 7 pelabuhan hub, diharapkan ongkos logistik dari transaksi ekspor dapat ditekan sebanyak 35 – 55 persen.

Ke-7 pelabuhan hub internasional itu, yakni Belawan/Kuala Tanjung Sumatera Utara, Tanjung Priok, Kijing Kalimantan Barat, Tanjung Perak Jawa Timur, Makassar Sulawesi Selatan, Bitung Sulawesi Utara, dan Sorong Papua Barat. (***)

Previous Post

Kapal Ihan Batak untuk Konektivitas di Pulau Samosir

Next Post

Kamis depan, 54 Kapal Stop Operasi

Next Post
Kamis depan, 54 Kapal Stop Operasi

Kamis depan, 54 Kapal Stop Operasi

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5183 shares
    Share 2073 Tweet 1296
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4389 shares
    Share 1756 Tweet 1097
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2652 shares
    Share 1061 Tweet 663
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2514 shares
    Share 1006 Tweet 629
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2075 shares
    Share 830 Tweet 519

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

PAL Berkomitmen Jadikan RI Mampu Membangun Kapal-kapal Modern Kelas Dunia

PAL Berkomitmen Jadikan RI Mampu Membangun Kapal-kapal Modern Kelas Dunia

May 17, 2025

May 17, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In