• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Saturday, November 8, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

  • Port
    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Kuartal III, IPCC Bubukan Laba Rp190,30 Miliar

    Kuartal III, IPCC Bubukan Laba Rp190,30 Miliar

    INSA & APBMI Apresiasi Kinerja Pelindo Ciwandan

    INSA & APBMI Apresiasi Kinerja Pelindo Ciwandan

    Dua Kapal Internasional Sandar Sekaligus di IKT, Bongkar Puluhan Ribu Kendaraan

    Dua Kapal Internasional Sandar Sekaligus di IKT, Bongkar Puluhan Ribu Kendaraan

    2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas

    2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

  • Port
    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Kuartal III, IPCC Bubukan Laba Rp190,30 Miliar

    Kuartal III, IPCC Bubukan Laba Rp190,30 Miliar

    INSA & APBMI Apresiasi Kinerja Pelindo Ciwandan

    INSA & APBMI Apresiasi Kinerja Pelindo Ciwandan

    Dua Kapal Internasional Sandar Sekaligus di IKT, Bongkar Puluhan Ribu Kendaraan

    Dua Kapal Internasional Sandar Sekaligus di IKT, Bongkar Puluhan Ribu Kendaraan

    2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas

    2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Port

Indonesia Tak Pelu Alergi dengan Pelabuhan Singapura

oceanweek by oceanweek
March 3, 2019
in Port
Indonesia Tak Pelu Alergi dengan Pelabuhan Singapura
368
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pelaku usaha pelayaran mempertanyakan kenapa pemerintah Indonesia sangat alergi dengan Singapura, dan berusaha mengemas transhipment kargo lewat pelabuhan di Indonesia. “Apakah kita (pelabuhan Indonesia) sudah siap dengan itu, karena barang ke Indonesia itu mayoritas destination untuk kebutuhan negeri ini. Beda dengan Singapura, petikemas-petikemas itu hanya pindah kapal, bukan untuk kepentingan negara Singapura,” kata Asmari Heri, pengamat kemaritiman yang juga direktur pelayaran samudera indonesia, kepda Ocean Week, di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Asmari, pemerintah boleh saja punya obsesi untuk pelabuhan Indonesia sebagai transhipment, tapi transhipment domestik atau transhipment internasional. “Kalau trashipment domestik mungkin bisa, tapi kalau internasional, masih jauhlah,” ujar Asmari mengkritisi keinginan pemerintah tersebut.

Asmari juga menyatakan, sebenarnya pemilik barang tidak begitu mempersoalkan pengapalan barangnya lewat pelabuhan mana, tetapi yang paling penting adalah tarif kompetitif, tepat waktu, dan cepat, serta aman. “Pengapalan mau lewat pelabuhan mana saja tak jadi masalah, yang penting tarif kompetitif, murah, aman, dan tepat waktu. Apakah itu bisa dilakukan oleh Indonesia,” ungkapnya.

Hal yang sama juga dikemukakan Lukman Ladjoni, praktisi pelayaran dari Jawa Timur. “Banyak hal yang mesti dibenahi oleh pemerintah. Seharusnya tak perlu muluk-muluk dulu, betulis dulu tata kelola pelabuhan, bagaimana tarifnya, sistemnya, jangan selalu membandingkan dengan Singapura. Mereka itu sudah sangat maju, kita baru berpikir satu, mereka sudah lebih maju 1.000 kali,” katanya.

Lukman Ladjoni. (ist)

Mereka, kata Ladjoni, tak gembar-gembor seperti kita (pemerintah Indonesia) yang terkesan selalu ‘pamer’. “Bangun pelabuhan belum jadi, sudah ngomong sana ngomong sini. Singapura tak perlu gembar-gembor, tau-tau sudah operasional,” kritiknya.

Asmari juga membenarkan terhadap apa yang dikatakan Ladjoni. “Singapura membangun pelabuhan di Tuas yang sangat besar, tidak pernah teriak-teriak, tau-tau jadi. Kita bangun Patimban, Kuala Tanjung, dan yang lain belum apa-apa sudah statement, padahal sering meleset,” katanya lagi.

Keduanya berharap, sebaiknya pemerintah tak perlu alergi dengan Singapura. “Sebaiknya meniru apa yang pernah dilakukan Perdana Menteri Malaysia Mahathir dengan Tanjung Pelepasnya. Sekitar 10 tahun, terminal itu sudah melayani 10 juta TEUs. Kita (pelabuhan Indonesia) Priok misalnya atau Tanjung Perak yang sudah lebih dulu dari Tanjung Pelepas, berapa throughput-nya,” katanya kompak.

Lagi pula, Singapura pasti tak akan tinggal diam dengan apa yang akan dilakukan oleh Indonesia. Mereka sekarang sudah menangani sekitar 35 juta TEUs per tahun, pasti berusaha menambah volumenya, makanya membangun lagi di Tuas, karena di PSA dianggapnya sudah tak menampung lagi.

Seperti diketahui bahwa, belum lama ini Pemerintah Indonesia akan menetapkan 7 pelabuhan hub internasional untuk memangkas biaya logistik. Strategi tersebut untuk menggantikan trashipment ke Singapura.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, penetapan 7 pelabuhan hub internasional akan mempermudah ekspor Indonesia. “Kita sudah bahas 7 hub pelabuhan di Indonesia, kita mau cost yang paling rendah, karena transportation cost itu yang buat harga-harga barang itu naik. Sekarang hub kita itu kan Singapura, padahal kalau kita posisikan Priok jadi hub internasional enggak usah ke Singapura, langsung mau ke Amerika atau Eropa,” ujarnya di Medan.

Keinginan pemerintah menjadikan Tanjung Priok sebagai hub internasional, sebagaimana dikatakan para pebisnis pelayaran, sudah cukup lama. Namun, sampai saat ini masih belum terealisasi. “Masalahnya ada pada tarif. Misalnya, pengapalan petikemas dari Palembang, tapi kapal sandar di terminal MAL, dan kemudian akan lanjut dengan pengapalan di JICT, tarifnya cukup tinggi. Namun kalau di Singapura barang yang pindah dari terminal satu ke terminal lain tak kena biaya, apakah ini bisa dilakukan di Priok,” ungkap Theo Rinastowo, direktur pelayaran IFL kepada Ocean Week, beberapa waktu lalu.

Lagi pula, tambah Asmari, Lukman Ladjoni, maupun Theo, apakah di Tanjung Priok ada kapal-kapal besar yang ready ke negara-negara tujuan barang (ekspor). Memang, mereka mengakui, sudah ada kapal dari Priok direct ke Amerika, Intra Asia, dan Eropa. “Tapi itu belum cukup,” ungkapnya.

Menko Maritim Luhut mengatakan, dengan keberadaan 7 pelabuhan hub, diharapkan ongkos logistik dari transaksi ekspor dapat ditekan sebanyak 35 – 55 persen.

Ke-7 pelabuhan hub internasional itu, yakni Belawan/Kuala Tanjung Sumatera Utara, Tanjung Priok, Kijing Kalimantan Barat, Tanjung Perak Jawa Timur, Makassar Sulawesi Selatan, Bitung Sulawesi Utara, dan Sorong Papua Barat. (***)

Previous Post

Kapal Ihan Batak untuk Konektivitas di Pulau Samosir

Next Post

Kamis depan, 54 Kapal Stop Operasi

Next Post
Kamis depan, 54 Kapal Stop Operasi

Kamis depan, 54 Kapal Stop Operasi

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6216 shares
    Share 2486 Tweet 1554
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5396 shares
    Share 2158 Tweet 1349
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4498 shares
    Share 1799 Tweet 1125
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3947 shares
    Share 1579 Tweet 987
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3817 shares
    Share 1527 Tweet 954

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

November 8, 2025
Peringati Harhubnas, INSA Ajak Refleksi Peran Strategis Pelayaran Bagi Kedaulatan Bangsa

Pelayaran Sebagai Urat Nadi Perekonomian Nasional, Menjaga Kelancaran Pasokan Logistik

November 8, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In