• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Saturday, September 30, 2023
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    Volume Menurun, 2M Memutuskan Tokyo Dari Layanan TP8

    Akhir Juli, Maersk Berencana Naikkan Tarif 49%

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

  • Port
    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    SPTP Prioritaskan Transformasi Operasional, Hasilnya Top

    Pelabuhan di Tiongkok Sudah Tangani Petikemas 176,2 juta TEU

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    Volume Menurun, 2M Memutuskan Tokyo Dari Layanan TP8

    Akhir Juli, Maersk Berencana Naikkan Tarif 49%

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

  • Port
    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    SPTP Prioritaskan Transformasi Operasional, Hasilnya Top

    Pelabuhan di Tiongkok Sudah Tangani Petikemas 176,2 juta TEU

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Port

Green Port, Kuncinya Ada Pada Pelindo

oceanweek by oceanweek
October 12, 2020
in Port, Uncategorized
Green Port, Kuncinya Ada Pada Pelindo
374
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi berharap Tanjung Priok dapat segara menjadi pelabuhan yang berwawasan ramah lingkungan.

Apalagi Tanjung Priok menjadi pelabuhan pertama di Indonesia yang comply 100% dengan kriteria green port/smart port.

Menjadikan Tanjung Priok green port/smart port dan keluar dari nilai Merah world bank maupun KLHK, bukan saja keinginan pemerintah Indonesia, tapi juga menjadi harapan stakeholders maupun PT Pelindo II itu sendiri.

Konon rapor Merah pencemaran di pelabuhan Priok disebabkan pihak PT Pelindo II belum melaksanakan Permen LHK no. 4 tahun 2020 tentang kewajiban pelaporan menggunakan E-Manivest.

“Kami mendorong PT Pelindo II segera mewujudkan green port/smart port Tanjung Priok. Karena merealisikan pelabuhan ramah lingkungan kuncinya ada pada Pelindo II,” kata Dr. Sahat Manaor, Staf Ahli Menko Maritim Bidang Manajemen Konektivitas, Kemenko Marves, kepada Ocean Week usai menjadi Nara sumber dalam diskusi Mewujudkan pelabuhan Tanjung Priok yang bersih, bebas pencemaran dan ramah lingkungan, di Tanjung Priok, Senin (12/10).

Mereka siap wujudkan smart port Tanjung Priok.

Untuk mewujudkan pelabuhan ramah lingkungan, Sahat mengaku sangat mengapresiasi rencana pihak Syahbandar yang akan memberikan sanksi terhadap pelayaran yang tak memberikan laporan limbahnya dalam sistem Inaportnet. Mengingat limbah kapal merupakan salah satu penyumbang pelabuhan Priok memperoleh nilai Merah.

“Sudah benar itu rencana Syahbandar yang akan memberikan sanksi pelayaran yang tak mau ikuti peraturan, karena ini untuk kepentingan bersama, menjadikan Tanjung Priok smart port,” ujarnya.

Sahat juga menyatakan kalau perlu Syahbandar tak memberikan ijin kapal berlayar (SPB) jika pelayaran bersangkutan tak melaporkan limbahnya (limbah B3) nya dalam sistem Inaportnet.

Harapan pihak Kemenko Marves tersebut mendapat respon dari PT Pelindo II. “Kami menyambut baik apa yang menjadi harapan pemerintah (Kemenko Marves maupun Kementerian LHK). Bahkan niat menjadikan Tanjung Priok sebagai pelabuhan berwawasan ramah lingkungan itu sudah lama kami lakukan,” kata Zuhri Iryansyah, Direktur Teknik PT Pelindo II kepada Ocean Week, di Tanjung Priok, Senin siang (12/10).

Zuhri yang didampingi GM Pelindo Cabang Tanjung Priok Guna Mulyana mengungkapkan bahwa pihaknya sangat konsen menjadikan Tanjung Priok green port, bahkan jangka panjangnya adalah smart port.

Menurut pria asal Sumatera Utara ini, untuk mendukung penanganan limbah kapal (B3), pihaknya juga telah menyiapkan sarana reception facilities (RF), juga dua tongkang. Penanganannya dengan menggandeng swasta dibidangnya yang tergabung dalam asosiasi pengelolaan limbah B3 Indonesia (APLI).

Sedangkan untuk sampah non limbah B3 yang jumlahnya berkisar 72 M3 dan setiap hari dikeluarkan dari pelabuhan, pihak Pelindo pun bekerjasama dengan Pemerintah Kota Jakarta Utara.

Menjawab rencana Syahbandar tentang sanksi yang akan diberikan kepada pelayaran jika tak memberikan laporan limbah B3 dalam sistem inaportnet, Zuhri mengaku sangat mendukung langkah Syahbandar tersebut.

“Itu sangat bagus, karena hal ini untuk kepentingan bersama, mewujudkan green port Tanjung Priok, dan kami sangat mendukung,” ujar Zuhri optimis dengan telah ditekennya Sekretariat Bersama (Sekber), pelabuhan berwawasan ramah lingkungan ini segera terealisasi.

Direktur Penilaian Kinerja Pengelolaan Limbah B3 dan Limbah non B3 Kementerian Lingkungan Hidup, Sinta Saptarina Soemiarno  mengatakan hasil review kinerja PLB3 berdasarkan aplikasi SIRATU periode Juli 2019-Juni 2020 (up date 12 Oktober 2020) belum ada pelaporan baik triwulan 3 & 4 tahun 2019, maupun triwulan 1 & 2 tahun 2020 dari Pelindo Cabang Priok.

“Selain itu kontrak kerjasama belum ada data, termasuk neraca limbah juga belum ada data. Karena itu, hasil penilaian tahun 2018 dan 2019 pelabuhan Tanjung Priok rapor Merah,” ujarnya.

Sementara itu, Adrianus Tanari (Sekjen APLI) mengaku senang dengan tumbuhnya kesadaran para pihak menjadikan Tanjung Priok sebagai pelabuhan ramah lingkungan.

Adrianus, Sekjen APLi (jaket hitam) didampingi Poltak Simbolon memberi keterangan kepada OW

“Kami (APLI) berterima kasih kepada Dirjen Hubla (Agus Purnomo) melalui Kepala OP Priok (Capt. Mugen S), Kepala Syahbandar Priok (capt. Wisnu H), Kementerian Lingkungan Hidup, Kemenko Maritim dan Investasi yang telah mendiskusikan mewujudkan Tanjung Priok yang bersih, bebas pencemaran, dan ramah lingkungan,” katanya saat dikonfirmasi Ocean Week, di Jakarta.

“Dulu limbah B3 kapal sulit dipantau. Padahal menurut UU 17/2008 tentang pelayaran dan UU no. 32/2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup bahwa limbah yang berasal dari kapal mutlak dikelola guna mencegah pencemaran di laut,” ungkap Adrianus.

Oleh sebab itu, APLI sangat mendukung apa yang menjadi tujuan pemerintah menjadikan Tanjung Priok green port/smart port.

Tentu saja, ujar Adrianus, dalam pelaksanaannya masih perlu pengawasan lebih lanjut dari pelaksanaan ini.

Makanya dengan terbentuknya Sekber, sangat bagus, karena tata kelola pengawasan akan berjalan dengan baik.

“Jadi APLI menegaskan sekaligus menghimbau kepada pelaku pelayaran bahwa fasilitas RF di Priok sudah beroperasi dengan baik, makanya tak perlu ada keraguan kalau limbahnya tak dikola dengan baik,” jelasnya.

Dia berharap pemerintah dapat memberi ruang yang cukup dalam bentuk pengawasan untuk tujuan terwujudnya Eco Port. “Jika PT Pelindo tak siap, bisa dikerjasamakan dengan swasta dibidangnya,” kata Adrianus sekaligus menyinggung bagaimana menangani limbah B3 kapal-kapal milik Pertamina, Pelni, dan JAI.

Pelabuhan Tanjung Priok. (**)

GM Pelindo Cabang Tanjung Priok Guna Mulyana mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya menyiapkan RF, termasuk dua tongkang untuk penanganan limbah kapal. “Namun saat ini belum maksimal, karena akses terbatas. Bagaimana RF ini bisa kita maksimalkan,” katanya.

Yang pasti, ucap Guna, Pelindo berkomitmen menjadikan Tanjung Priok sebagai green port, berwawasan ramah lingkungan. “Kami (Pelindo) sangat komit untuk itu. Makanya untuk penanganan limbah B3 kami bekerjasama dengan pihak swasta,” jelasnya.

Untuk itu, Capt. Mugen Sartoto selaku kepala OP Priok menegaskan jika pihaknya berkomitmen penuh untuk mewujudkan pelabuhan Priok bersih, bebas pencemaran, dan ramah lingkungan dengan Eco Port.

“Saya berharap para operator terminal dan semua instansi yang berada di dalam pelabuhan memiliki persepsi sama untuk mewujudkan Tanjung Priok sebagai pelabuhan yang ramah lingkungan,” kata Mugen.

Oleh karena itu, Kepala Syahbandar Utama Priok Capt. Wisnu Handoko menyatakan segera membuat aturannya, terutama bagi kapal-kapal yang berlalu lalang di pelabuhan ini, sehingga Tanjung Priok terbebas dari pencemaran. (***)

Previous Post

BICT

Next Post

JAI Akan Ekspansi Pasar

Next Post
Pandu-Tunda, Kalau Bisa Lebih Kenapa Harus Satu

JAI Akan Ekspansi Pasar

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3351 shares
    Share 1340 Tweet 838
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2411 shares
    Share 964 Tweet 603
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1636 shares
    Share 654 Tweet 409
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1488 shares
    Share 595 Tweet 372
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1473 shares
    Share 589 Tweet 368

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Tarif Pelabuhan Naik, Pengapalan 90 Juta Ton Batubara Terancam Bermasalah

Tarif Pelabuhan Naik, Pengapalan 90 Juta Ton Batubara Terancam Bermasalah

September 30, 2023

BICT

September 29, 2023

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In