• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Tuesday, November 11, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

  • Port
    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Kuartal III, IPCC Bubukan Laba Rp190,30 Miliar

    Kuartal III, IPCC Bubukan Laba Rp190,30 Miliar

    INSA & APBMI Apresiasi Kinerja Pelindo Ciwandan

    INSA & APBMI Apresiasi Kinerja Pelindo Ciwandan

    Dua Kapal Internasional Sandar Sekaligus di IKT, Bongkar Puluhan Ribu Kendaraan

    Dua Kapal Internasional Sandar Sekaligus di IKT, Bongkar Puluhan Ribu Kendaraan

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

  • Port
    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Kuartal III, IPCC Bubukan Laba Rp190,30 Miliar

    Kuartal III, IPCC Bubukan Laba Rp190,30 Miliar

    INSA & APBMI Apresiasi Kinerja Pelindo Ciwandan

    INSA & APBMI Apresiasi Kinerja Pelindo Ciwandan

    Dua Kapal Internasional Sandar Sekaligus di IKT, Bongkar Puluhan Ribu Kendaraan

    Dua Kapal Internasional Sandar Sekaligus di IKT, Bongkar Puluhan Ribu Kendaraan

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Boom Baru Terapkan Sistem Auto Tally

ocean_M.admin by ocean_M.admin
September 9, 2017
in Berita Lain
423
SHARES
2.5k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Mulai hari ini (Sabtu, 9 September/2017), Pelindo II Cabang Palembang akan menerapkan sistem Auto Tally di TPK Pelabuhan Boom Baru Palembang. Peresmian penerapan sistem tersebut dilakukan pada Sabtu, pagi ini oleh direksi PT Pelindo II.

Auto Tally merupakan sebuah perangkat IT untuk mencatat nomor kontainer yang dibongkar dari kapal yang tadinya dilakukan oleh orang secara manual dipinggir dermaga atau dikenal dengan sebutan Wisky, kini cukup dikerjakan seseorang menggunakan perangkat komputer dari balik room kontrol yang disambungkan dengan CCTV yang dipasang di Conainer Crane (CC).

Agus Hendrianto, GM Pelindo Palembang. (ist)
Agus Hendrianto, GM Pelindo Palembang. (ist)

“Ini merupakan terobosan baru dari kami. Pencatatan nomor kontainer yang tadinya dilakukan Wisky dipinggir dermaga, kini cukup dari room kontrol, dan ini sebagai layanan tambahan dari kami untuk pengguna jasa. Apalagi tidak dipungut biaya tambahan,” kata Agus Hendrianto, GM Pelindo II Palembang kepada Ocean Week, di sela acara Gathering Pelindo II, di Palembang, Jumat (8/9).

Penerapan Auto Tally ini, menurut Agus, untuk mengurangi peran SDM di lapangan. “Sistem ini juga sangat bergantung pada optimalisasi peran CCTV yang ada dipasang di container crane,” ujar mantan GM Pelindo Panjang ini.

Terminal Petikemas Palembang (ow)
Terminal Petikemas Palembang (ow)

Agus juga mengaku tidak hanya berhenti sampai disini saja, pihaknya terus berupaya melakukan terobosan-terobosan operasional, mengingat keterbatasan fasilitas lahan yang ada di pelabuhan Boom Baru, baik untuk kegiatan di terminal petikemas maupun di dermaga konvensional.

Sewaktu Ocean Week ke pelabuhan Palembang untuk melihat bagaimana cara kerja sistem Auto Tally ini, sebenarnya tidak ada yang istimewa. Sebab, sistem ini benar-benar mengandalkan CCTV yang dipasang di Container Crane (CC) yang disambungkan ke sistem layar monitor (komputer) di kontrol Tower.

Jadi, kalau tadinya pencatatan nomor kontainer yang dibongkar dari kapal dilakukan secara manual dipinggir dermaga, sekarang dicatat menggunakan komputer dari ruang kontrol. Ada dua CCTV yang dipasang di dua CC yang ada di TPK yakni CC 02 dan CC 03.

Untuk diketahui, sebelum ada Auto Tally, pencatatan kontainer dilakukan oleh petugas Solo (diatas kapal) dan Wisky (didermaga) secara manual. Namun, setelah ada sistem ini, Wisky ditiadakan, tapi Solo masih ada.

Latar belakang diterapkannya sistem ini, antara lain untuk mengurangi risiko kerja (kecelakaan), menambah kecepatan kerja, dan efisiensi. Tetapi, konsekuensi dengan penerapan sistem ini, Pelindo Palembang mesti bisa menjaga dan mengantisipasi jika terjadi down atau listrik mati, termasuk troble di sistemnya sehingga tidak mengganggu kinerjanya.

“Kami juga sudah memikirkan itu. Jika listrik mati atau sistem down, bisa kembali ke manual. Tapi kami juga siapkan genset sebagai antisipasi,” ungkap Agus Hendrianto.

Layanan Bagus

Arus barang melalui pelabuhan Boom Baru terus merangkak naik pada tahun terakhir ini. Data yang diperoleh Ocean Week dari perseroan, menyebutkan pada tahun 2016 mencapai 137.074 TEUs, naik dibandingkan 2015 yang hanya 135.156 TEUs.

Dibyo, Kepala Cabang Samin Palembang. (ow)
Dibyo, Kepala Cabang Samin Palembang. (ow)

Untuk tahun 2017, target yang dicanangkan bisa mencapai 145 ribu TEUs. Hingga Agustus lalu sudah tertangani 106 ribu TEUs. “Kami optimis di sisa waktu 2017 ini target itu dapat tercapai,” ucap Agus yang didampingi Oka, salah satu manager Pelindo Palembang.

Pada Jumat (8/9) kemarin, sewaktu Ocean Week ke Boom Baru, di dermaga TPK sedang ada kegiatan kapal PAC Cergas yang membongkar muat kontainer.

Kata Agus Hendrianto, di pelabuhan ini komoditi unggulan yang ditangani antara lain karet. “Dari ekspor total seluruh Indonesia yang sekitar 3 juta, satu juta ditangani melalui pelabuhan Boom Baru. Selain itu ada CPO maupun Kelapa,” ungkapnya.

Dari pelabuhan ini juga sudah ada pengapalan langsung Palembang-China, dan Palembang-Singapura. “Untuk Palembang-China oleh BEN Line, sementara Palembang-Singapura dilakukan oleh 4 perusahaan pelayaran,” jelasnya.

Ketika layanan pelabuhan Palembang ini ditanyakan ke pengguna jasa, mayoritas menyatakan sudah bagus. Dibyo (Kepala Cabang Pelayaran Samudera Indonesia), dan Theo Rinastowo (Direktur Pelayaran IFL) mengatakan, secara umum servicenya sudah membaik. “Selama ini tidak ada masalah,” ungkap keduanya.

Dibyo mengemukakan, bahwa layanan yang perlu di-improve adalah di dermaga konvensional, karena lapangannya terbatas. “Tapi dalam dua bulan setelah saya berikan masukan, sekarang sudah mula ada perbaikan,” ujar Dibyo kepada Ocean Week di kantornya.

Menjawab diterapkannya sistem Auto Tally, Dibyo mengingatkan supaya pihak Pelindo tidak hanya melakukan perubahan sistem pencatatan dari manual ke teknologi, namun perlu ada antisipasi kalau terjadi sesuatu terjadap sistem itu, misalnya listrik mati, sistem down, dan lain-lain.

Bagi Dibyo maupun Theo, yang lebih penting lagi bukan mengenai auto tally, tetapi bagaimana ada sistem yang secara total para pengguna jasa dapat mengontrol maupun mengetahui pergerakan barang (kontainer) secara total. “Tapi sampai saat ini belum bisa link untuk yang ini, kami minta bisa link untuk dapat mengetahui moving container,” kata Dibyo.

Kepala Cabang Samudera Indonesia Palembang ini berharap agar kegiatan di uster terminal ditingkatkan produktifitasnya, dan swasta dapat link ke sistem IT Pelindo Palembang.

 

Previous Post

2018, Kemenhub Bangun 39 Pelabuhan & 70 Kapal

Next Post

Menhub akan Kunjungi NTT

Next Post

Menhub akan Kunjungi NTT

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6218 shares
    Share 2487 Tweet 1555
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5397 shares
    Share 2159 Tweet 1349
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4498 shares
    Share 1799 Tweet 1125
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3961 shares
    Share 1584 Tweet 990
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3821 shares
    Share 1528 Tweet 955

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

TERMINAL TELUK LAMONG

November 11, 2025

JICT

November 11, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In