• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Tuesday, June 17, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Pelabuhan Priok & Rencana Pengembangannya Seperti Apa ?

    Pelabuhan Priok & Rencana Pengembangannya Seperti Apa ?

    Layanan Pelabuhan Panjang Baik, Tapi Ada Yang..

    Layanan Pelabuhan Panjang Baik, Tapi Ada Yang..

    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Pelabuhan Priok & Rencana Pengembangannya Seperti Apa ?

    Pelabuhan Priok & Rencana Pengembangannya Seperti Apa ?

    Layanan Pelabuhan Panjang Baik, Tapi Ada Yang..

    Layanan Pelabuhan Panjang Baik, Tapi Ada Yang..

    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Bedah Biaya Logistik, Kok Sulit Ya..

oceanweek by oceanweek
March 24, 2021
in Berita Lain, Uncategorized
Bedah Biaya Logistik, Kok Sulit Ya..
351
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Baru-baru ini, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan keinginannya supaya biaya logistik nasional bisa ditekan dari 23,5 persen menjadi 17 persen sebelum tahun 2024.

Menanggapi hal itu, Carmelita Hartoto, ketua umum DPP INSA mengemukakan, bahwa Logistik ecosystem memang salah satu usaha untuk menurunkan biaya logistik dengan menggunakan teknologi informasi untuk mengurangi transaksi phisik.

“Tapi itu kan hanya system. Sedangkan rantai logistik kan terdiri dari berbagai mata rantai seperti yang anda sebutkan (pelabuhan, pelayaran, ligistik/Forwarder, truk, dll). Saya rasa masing-masing tahulah kontribusi biaya yang ditimbulkan, dan juga tahulah apa yang menyebabkan biaya tersebut timbul. Jangan kami dari pelayaran yang membuat kesimpulan,” katanya menjawab Ocean Week, Selasa malam, diplomatis.

Menurut Carmelita, pelayaran hanya salah satu mata rantai yang terdiri dari  komponen biaya kapital dan biaya operasional. Sebagaimana mata rantai lain juga tahu biaya mereka, dan alasannya kenapa biaya itu timbul.

“Kita tidak mau saling tuduh.  Membedah biaya logistik harus dari pihak lain, dari akademisi atau pemerintah sendiri. Saya rasa sudah banyak kajian-kajian dilakukan. Tinggal kemauan dan kemampuan untuk memperbaiki atau menghilangkan setidaknya mengurangi penyebab masing-masing cost tersebut,” ungkapnya.

Menko Marves Luhut, menyatakan sebagaimana tercantum dalam Perpres No. 18/2020 yang sesuai dengan RPJMN 2020-2024. Juga Inpres No. 5/2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional, maka dapat diselesaikan sebelum 2024.

Untuk diketahui bahwa national logistic ecosystem (NLE) didukung platform yang menghubungkan proses logistik end to end yang memungkinkan proses logistik nasional yang efisien.

NLE berkolaborasi dengan sistem logistik yang sudah ada dan berintegrasi dengan fase logistik yang belum didukung sistem logistik (tergantung tingkat maturity).

Kemenhub sangat mendukung NLE yang diwujudkan melalui Simlala (surat perijinan pengoperasian kapal asing dan domestik, sertifikasi keselamatan kapal, trayek kapal). Lalu melalui Inaportnet (waktu kedatangan dan keberangkatan kapal, data YOR). Selain itu melalui Sitolaut (pertukaran data dalam informasi ruang muat kapal tol laut, data kuota dan jadwal kapal tol laut).

Belum lama ini Menko Luhut meluncurkan Batam Logistic Ecosystem, dan telah berjalan untuk pertukaran STS diwilayah kepulauan Riau, percepatan persetujuan perijinan/PKKA wilayah anchorage untuk kapal asing.

Dalam Era Logistik Ecosistem ini memiliki manfaat menurunkan biaya logistik, sharing kapasitas logistik, menumbuhkan ekonomi digital, meningkatkan transparansi layanan, mengurangi mata rantai logistik, juga menghilangkan proses manual.

“Salah satu langkah yang telah diambil pemerintah adalah meluncurkan Batam Logistic Ecosystem (BLE). Hal ini adalah awal penyederhanaan proses logistik di pelabuhan Indonesia khususnya Batam sehingga bisa mempersingkat waktu layanan dan berlaku selama 24 jam per minggu,” katanya dalam siaran persnya.

Luhut berharap BLE bisa mendorong lebih banyak investasi masuk ke dalam negeri. Dengan begitu, akan berimbas baik untuk pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan di Batam, secara khusus dan Provinsi Kepulauan Riau pada umumnya.

Membahas cost logistik, apalagi jika sudah menyangkut siapa penyumbang high cost logistik, pasti tak ada yang berani jujur membukanya.

Biasanya mereka (para pemain yang terlibat di komponen cost logistik) justru saling tuding, misalnya dari pihak pelabuhan menyatakan jika biaya di pelabuhan sudah jelas, begitu pula pelayaran juga mengaku ongkos angkut kapal sudah ditentukan, tracking begitu pula. Sedangkan usaha logistik/Forwarder juga tak mau mengakui jika pihaknya menjadi salah satu penyumbang high cost logistik.

Sunarto, owner PT Gurita Lintas Samudera. (**)

Sementara itu, Penasihat DPP INSA Sunarto menyoroti bagaimana tarif pelabuhan antara pelabuhan klas 1 dan klas 2 atau 3 yang tarifnya lebih mahal dari pelabuhan klas 1.

“Contoh konkrit untuk pembongkaran kapal 40.000 dwt di pelabuhan klas 1 diberi waktu 11 hari, tetapi di pelabuhan kelas 2 atau 3 diberikan waktu hanya 8 hari? Apakah service dan alat pembongkarannya di pelabuhan kelas 2 atau 3 sudah lebih baik dari klas 1, untuk biaya tug boat dasarnya kan house power (HP) dari tug boat tetapi kapal besar pun tidak sesuai dengan aturan tetapi biaya lebih besar. Kami dari INSA hanya minta di tinjau ulang tarif-tarif tersebut apa betul temuan kita, panggil INSA duduk bersama selesaikan dan INSA tidak minta turun tarifnya, hanya kalau salah di koreksi dan harus berdasarkan NO SURVICE NO PAY,” kata owner Pelayaran Gurita Lintas Samudera ini.

Tapi, kata Sunarto, apa yang dijawab oleh pihak Pelindo (PT Pelindo IV-red), bahwa mereka mengakui biaya logistik itu 24 % di pelabuhan tetapi pelabuhan 2 cuma 8%, sementara menurut INSA sampai 30pct hingga 31 pct. “Dan ironisnya kata pihak Pelindo IV yang riil diterima pelindo cuma 4 pct,  yang lain banyak organisasi di dalam?.

“Lucu kan meres pelayaran untuk nyogok didalam,” ungkap Sunarto kepada Ocean week, beberapa waktu lalu.

Pengamat kemaritiman Capt. Zaenal kepada Ocean Week mengungkapkan untuk mengurai cost logistik, sebaiknya semua pihak terkait duduk satu meja, membicarakannya dimana sebenarnya akar persoalan high cost logistik ini.

INSA juga sedang mendiskusikan mengenai hal tersebut. (**)

Previous Post

IPC Grup Teken Kerjasama Dengan Swasta dan BUMD

Next Post

Disaksikan Komisi V DPR, Disnav Surabaya Gelar Padat Karya

Next Post
Disaksikan Komisi V DPR, Disnav Surabaya Gelar Padat Karya

Disaksikan Komisi V DPR, Disnav Surabaya Gelar Padat Karya

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5229 shares
    Share 2092 Tweet 1307
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4399 shares
    Share 1760 Tweet 1100
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2686 shares
    Share 1074 Tweet 672
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2524 shares
    Share 1010 Tweet 631
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2081 shares
    Share 832 Tweet 520

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

June 17, 2025

TPK SEMARANG

June 17, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In