Kapasitas pada loop FE3 Far East – Eropa Utara THE Alliance diperkirakan akan meningkat, karena Hapag-Lloyd dan Ocean Network Express (ONE) akan menerima pengiriman empat lagi kapal kapasitas 24.000 TEU pada musim panas tahun ini.
Keempat kapal tersebut nantinya akan menggantikan kapal berukuran 13.400 hingga 19.870 TEUs.
Loop ketiga Aliansi Asia – Eropa Utara dulunya dioperasikan dengan gabungan kapal berkapasitas 16.010 TEU dari HMM dan kapal Hapag-Lloyd yang memiliki kapasitas nominal 14.993 TEU.
HMM Le Havre HMM berkapasitas 23.964 TEU, dikirim pada bulan April, memulai peningkatan kapasitas pada bulan April, setelah itu bergabung dengan beberapa kapal berukuran serupa.
FE3 saat ini berputar dalam 12 minggu dengan selusin kapal mulai dari 13.400 hingga 24.100 TEU, berlabuh di Ningbo, Xiamen, Kaohsiung, Yantian, Singapura, Rotterdam, Hamburg, Antwerpen, Southampton, Algeciras, Singapura, Yantian, Hong Kong, Kaohsiung dan Ningbo.
Kapal baru milik ONE dengan kapasitas 24.136 TEU, ONE Innovation, bergabung dengan armada pada awal Juni di Ningbo dan dua kapal sejenis lainnya dijadwalkan segera memasuki layanan tersebut.
ONE Infinity akan bergabung pada 16 Juli, diikuti oleh ONE Integrity pada 30 Juli.
Kapal baru Hapag-Lloyd bertenaga LNG berkapasitas 23.666 TEU juga akan segera bergabung dengan FE3, dimulai dengan Manila Express pada 3 Agustus.
Kapal utama seri ini, Berlin Express, telah diserahkan pada 14 Juni, tetapi belum bergabung dengan Perdagangan Asia-Eropa.
Kapal pertama akan melakukan pelayaran putaran tunggal pada layanan AG3 Timur Jauh – Timur Tengah dan kemudian bergabung dengan FE3 pada 20 Agustus.
Berlin Express dijadwalkan untuk memulai debutnya di pelabuhan asalnya di Hamburg di mana diharapkan akan dibaptis pada Hari Persatuan Jerman 3 Oktober.
Pada saat itu, setengah dari armada FE3 sudah terdiri dari kapal megamax berkapasitas 24.000 TEUs, generasi kapal terbesar yang saat ini beroperasi. Kapal FE3 yang lebih kecil akan diganti dalam beberapa minggu dan bulan mendatang termasuk Rome Express 13.371 TEU dan kapal bertenaga LNG pertama Hapag-Lloyd, Brussels Express 14.600 TEU. Yang terakhir akan dialihkan ke putaran MD2 Asia-Mediterania. (**)