Perusahaan galangan kapal China, Jiangnan Shipyard, anak perusahaan China State Shipbuilding Corporation, telah mengirimkan 24.100 TEU MSC Raya kepada pemiliknya Bank of Communications Financial Leasing (Bocom), yang memesan kapal tersebut atas nama Mediterranean Shipping Co (MSC), perusahaan pelayaran raksasa dunia.
Kapal itu adalah kapal keempat berkapasitas 24.000 TEU yang dikirim ke perusahaan Swiss-Italia yang berbasis di Jenewa itu sejak awal tahun ini.
Ini mengikuti MSC Tessa, MSC Irina, dan yang terbaru MSC Celestino Maresca, lapor Rotterdam’s Offshore Energy.
Area geladak kapal kontainer, yang termasuk dalam rangkaian kapal kontainer terbesar di dunia, hampir empat kali ukuran lapangan sepak bola standar.
Menawarkan kapasitas penumpukan 25 lapis – setara dengan bangunan 22 lantai yang menjulang tinggi – kapal besar ini dapat membawa 24.116 kontainer.
Dirancang dengan mempertimbangkan keberlanjutan, kapal ini dilengkapi dengan scrubber hibrida mutakhir yang menggunakan desain inovatif dan hemat energi untuk mengurangi emisi berbahaya.
Kapal dilengkapi dengan haluan bulat kecil, baling-baling berdiameter besar, dan saluran hemat energi yang bekerja sama untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan bahan bakar.
Jiangnan mengatakan bahwa kapal kedua dari seri tersebut saat ini sedang menjalani uji tambatan dan dijadwalkan untuk uji coba laut pada bulan Mei, sedangkan kapal ketiga dari batch tersebut dijadwalkan untuk diluncurkan pada bulan April.
Data dari VesselsValue menunjukkan bahwa Bocom memiliki empat ULCV berkapasitas 24.000 TEU lainnya yang sedang dibangun di China untuk MSC, termasuk MSC Nicola Mastro, yang sedang dibangun di Jiangnan, serta MSC Michel Cappellini, yang sedang dibentuk di Jiangsu Yangzijiang, yang akan dikirim pada Mei 2023.
Dua unit lagi yang tidak disebutkan namanya dengan ukuran yang sama sedang dibangun di Jiangnan Shanghai Changxing HI dan dijadwalkan untuk dikirim pada tahun 2024.
Pencapaian terbaru terjadi dua minggu setelah pengiriman MSC Celestino Maresca, yang dibangun oleh Hudong Zhonghua Shipbuilding untuk BoCom atas nama MSC.
MSC Celestino Maresca adalah kapal kedua dari jenis yang sama yang dikirim ke MSC melalui galangan selama sebulan terakhir.
Dari pertengahan Maret hingga awal April, MSC diperkirakan akan secara bertahap membangun empat gedung baru berkapasitas 24.000 TEU ke dalam jaringan kemitraan 2M Asia-Eropa, termasuk MSC Tessa, dan MSC Irina, diikuti oleh MSC Celestino Maresca dan MSC Raya. (**)