• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Monday, October 13, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Port

Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

oceanweek by oceanweek
January 8, 2021
in Port, Uncategorized
Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..
364
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan Pelabuhan Internasional Patimban di Subang, Jawa Barat, bisa mengalahkan pelabuhan di Shanghai, China, dan Singapura.

Apalagi, kalau Patimban bisa bersinergi dengan Pelabuhan Tanjung Priok, di Jakarta Utara, dalam sektor jasa pengiriman.

“Saya yakin dengan dibangunnya Patimban dan bersinergi dengan pelabuhan Tanjung Priok dapat menyamai bahkan mungkin mengalahkan Shanghai dan Singapura,” kata Menhub  Budi Karya dalam public expose Pelabuhan Patimban, di Jakarta, Kamis (07/01).

Pernyataan Menhub Budi Karya tersebut menggelitik pengamat kemaritiman dari Pelayaran PT Samudera Indonesia Asmari Heri Prayitno.

Kepada Ocean Week, pengurus Kadin Indonesia ini mengatakan, bahwa tidaklah perlu membandingkan pelabuhan di Indonesia dengan Singapura maupun China.

“Sudahlah nggak perlu itu, semua juga tau. Nanti malah banyak dicibir,” ujarnya, Jumat pagi (8/1/2021) melalui teleponnya.

Menurut Asmari, Shanghai itu banyak terminal/pelabuhan, ada yang masuk sungai di kota Shanghainya (Pudong dan lainnya) dan ada juga yang baru namanya Yantian.

“Kalau ditotal throughputnya sekitar 40-an juta TEUs atau kira-kira 6-7 kali dari total throughput export import (Exim) seluruh Indonesia. Sedangkan Singapore, focus mereka adalah transhipment hub international dengan total throughputnya sekitar 36 juta TEUs atau sekitar 5-6 kali thruput nya total exim Indonesia. Terus apanya yang mau dibandingkan?,” Ungkap Asmari balik bertanya.

Direktur pelayaran Samudera Shipping ini menyatakan, sebetulnya buat Tanjung Priok dan Patimban (jika selesai nanti pembangunannya), focus nya bagaimana terus bisa membuat investor bergairah untuk terus berinvestasi di Indonesia agar throughput volume kegiatan exportnya meningkat secara konsisten buat Indonesia.

“Sebetulnya yang paling krusial bukan pelabuhan nya tapi produksi volume muatan exim-nya, mampu nggak,” ucapnya lagi.

Ditanya apakah pernyataan Menhub yang mengatakan Patimban dan Priok bisa mengalahkan Shanghai maupun Singapura, Asmari hanya ‘nyinyir’ saja.

Promosikan Patimban

Seperti diketahui, dalam publix expose pelabuhan Patimban, Menhub Budi mengungkapkan, Pelabuhan Patimban mampu melayani dan menyediakan peti kemas dengan total kapasitas mencapai 7,5 juta TEUs.

Akses jalan utama keluar masuk pelabuhan patimban. (**)

Patimban nantinya dapat melayani pengiriman barang seperti peti kemas, kendaraan bermotor, manufaktur, dan komoditas lainnya untuk diangkut kapal-kapal besar dan dikirim ke berbagai kota di dunia.

“Pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban secara keseluruhan diprediksi akan selesai pada 2027 mendatang,” katanya.

Pada kesempatan itu, General Manager Pelabuhan Patimban Sandy Syahrial Alam mengatakan akan rencana jangka pendek dalam mengelola pelabuhan mega proyek di Subang, Jawa Barat itu.

Menurut Sandy rencananya akan melakukan dua usaha, yakni melakukan promosi ke berbagai pengguna pelabuhan dan membuat prosedur standar.

“Dalam waktu dekat kita akan melakukan promosi datang ke car maker, bicara car industri ini industri yang sempit, makanya ini lebih eksklusif, dekati car maker dan car carrier,” ungkapnya.

Selain itu, kata Sandy, perlu merumuskan prosedur standar dan menyelesaikannya guna meningkatkan reputasi pelabuhan. “Prosedur tersebut akan menjadi acuan bagi pengguna jasa pelabuhan,” ujarnya.

Sandy menyebutkan, salah satu tantangan dalam industri pelabuhan adalah adanya ekspektasi dari pengguna yang selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Contohnya, ketika saat ini pelabuhan dapat menggunakan gerbang otomatis menggunakan metode optical character recognition (OCR). Kemudian pelaku usaha sudah melihat di luar negeri ada yang tanpa gerbang bisa langsung masuk pelabuhan pasti minta diberlakukan pula teknologi tersebut.

“Sudah setiap tahun ekspektasi dari pengguna selalu meningkat, yang hari ini kami bicara gate automation yang dengan OCR putus-putus, besok dia lihat di luar negeri bisa pass through kecepatan 10 Km per jam, itu dia minta. Jadi ekspektasi selalu meningkat di sini,” katanya.

Asmari Heri juga mempertanyakan apakah saat ini akses jalan utama dari dan ke pelabuhan Patimban sudah menyambung hingga bibir dermaga.

Untuk akses jalan, Ocean Week yang pada akhir tahun lalu menyempatkan melihat langsung ke Patimban, memang sudah rampung sekitar 8,5 kilo meter, namun sisanya sekitar 3 kilo meter masih dikerjakan oleh kontraktor dari perusahaan BUMN.

Tetapi, dalam public expose pelabuhan Patimban, Dirjen Perhubungan Laut Agus Purnomo menyatakan, dengan akses yang ada sekarang, menuju Patimban dari beberapa kota besar yang mengelilinginya tidak butuh waktu hingga dua jam. Untuk truk kontainer kemungkinan paling lama hanya tiga jam.

“Kalau dari Jakarta, Bandung, atau Cirebon, ke Pelabuhan Patimban hanya dicapai kurang dari dua jam, tentu kalau truk besar kargo bisa sekitar 3 jam lah. Pelabuhan ini lokasinya di tengah Jakarta, Cirebon, dan Bandung, ini triangle strategis,” ucap Agus.

Tol ke Patimban

Sedangkan Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hedy Rahadian mengatakan, pemerintah akan membangun jalan tol dari Cikopo Palimanan (Cipali) menuju Pelabuhan Patimban.

“Pembangunan jalan tol ini untuk mempermudah akses menuju pelabuhan internasional tersebut. Nantinya pintu masuk menuju pelabuhan Patimban melalui ruas tol anyar ini berada di KM 89 di Cipali,” katanya.

Menurut Hedy, ruas tol tersebut memiliki panjang lintasan hingga 37,05 km dengan nilai investasi sekitar Rp 7 triliun, yang ditargetkan selesai pembangunannya 2024.

Untuk tarif awal operasional dipatok sebesar Rp 1.700 per km. Sedangkan total kecepatan rata-rata kendaraan maksimal 100 km per jam.

Pembangunan jalan tol ini sendiri akan diprakarsai konsorsium yang terdiri dari badan usaha jalan tol swasta dan BUMN.

Diantaranya PT jasa marga dengan komposisi 55 persen, PT Surya Semesta Internusa dengan komposisi 25 persen, PT Daya Mulia Turangga dengan komposisi 10 persen, dan PT Jasa Sarana dengan komposisi sebesar 10 persen.

Pada waktu yang sama, Pemerintah Jepang menagih janji Presiden Joko Widodo membentuk operator bersama pelabuhan Patimban setelah terpilihnya Konsorsium CTCorp sebagai operator Pelabuhan Patimban versi Indonesia.

Minister of Economic Affairs of the Embassy of Japan Tadayuki Miyashita menuturkan Pelabuhan Patimban telah menjadi proyek simbolis hubungan kerja sama pemerintah Indonesia dan Jepang. “Pembangunan ini akan memberikan kontribusi besar bagi Indonesia termasuk upaya mempromosikan ekspor, menciptakan iklim investasi yang baik, hingga pengalihan teknologi dan pengembangan SDM,” katanya. (**)

Previous Post

Patimban Bisa Tekan Biaya Operasional Logistik, Benarkah ?

Next Post

TPS SURABAYA

Next Post

TPS SURABAYA

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6161 shares
    Share 2464 Tweet 1540
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5375 shares
    Share 2150 Tweet 1344
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4489 shares
    Share 1796 Tweet 1122
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3779 shares
    Share 1512 Tweet 945
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3766 shares
    Share 1506 Tweet 942

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Kasus Pengadaan Kapal Tunda, Kejati Kembali Tahan Koruptornya

Kasus Pengadaan Kapal Tunda, Kejati Kembali Tahan Koruptornya

October 13, 2025

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

October 13, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In