• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Thursday, October 9, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

SPPI & SP Pertamina Bertemu Bahas Danantara, Ada Apa..

oceanweek by oceanweek
May 8, 2025
in Berita Lain
SPPI & SP Pertamina Bertemu Bahas Danantara, Ada Apa..
644
SHARES
3.8k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Serikat Pekerja Pelabuhan Indonesia Bersatu (SPPI Bersatu) dan Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) mengadakan silaturahmi penting sebagai langkah untuk membangun kerangka kerjasama yang solid antar organisasi pekerja di lingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Silaturahmi yang dilaksanakan pada Kamis (8/5) ini secara khusus membahas langkah untuk memantapkan pola komunikasi dalam forum komunikasi bersama untuk mengupas isu-isu strategis seperti Pensiun usia 58, Danantara dan tata kelola sinergi BUMN di sektor ketenagakerjaan.

Kedua belah pihak memahami Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara (Danantara), merupakan sebuah topik yang dinilai krusial bagi kepentingan pekerja di kedua sektor dan kedaulatan negara secara umum.

Inisiatif ini menunjukkan komitmen kedua serikat pekerja untuk secara kolektif mengidentifikasi potensi dampak dan merumuskan langkah-langkah strategis terkait isu-isu yang mempengaruhi kesejahteraan anggota mereka dan stabilitas sektor BUMN.

Pertemuan ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum SPPI Bersatu Dodi Nurdiana, didampingi Sekretaris Jendral Kamal Akhyar, Ketua Harian Djusman Hi Umar dan para Pengurus Presidium serta Ketua Bidang di lingkungan SPPI Bersatu. Mereka diterima oleh Presiden FSPPB Arie Gumilar, Sekretaris Jendral Sutrisno, Bendahara Umum serta Pengurus Harian DPP FSPPB.

“Pertemuan antara SPPI Bersatu dan FSPPB ini mengindikasikan adanya kecenderungan yang semakin kuat di antara serikat pekerja BUMN untuk menjalin kolaborasi dalam menghadapi berbagai isu yang memiliki dampak luas. SPPI Bersatu yang merupakan hasil penggabungan Serikat Pekerja Pelabuhan dari Sabang-Merauke di ex Pelindo I,II,III dn IV aktif berkolaborasi dalam upaya untuk membangun jaringan komunikasi dan kerjasama antar serikat pekerja di berbagai sektor BUMN,” terang Ketum SPPI Bersatu, Dodi Nurdiana.

Demikian pula, FSPPB tercatat aktif menjadi tuan rumah dalam pertemuan Forum Komunikasi Serikat Pekerja di lingkungan BUMN, yang semakin memperkuat sinyal bahwa serikat pekerja BUMN menyadari pentingnya bersatu untuk membahas kepentingan bersama.

Pemilihan isu Pensiun usia 58 dan Danantara sebagai topik utama dalam pertemuan antara SPPI Bersatu dan FSPPB juga bukan tanpa alasan.

Keterlibatan Pelindo, yang menaungi pekerja pelabuhan di bawah SPPI Bersatu, dan Pertamina, yang merupakan fokus FSPPB, dalam struktur Danantara menjadikan isu ini relevan dan penting bagi kedua organisasi.

Pembahasan bersama ini mencerminkan pemahaman bahwa pembentukan dan operasional Danantara berpotensi membawa konsekuensi signifikan bagi para pekerja di sektor pelabuhan dan energi.

Fokus Bahas Danantara

Danantara merupakan superholding investasi negara yang dibentuk dengan tujuan untuk mengelola aset-aset negara dalam jumlah yang signifikan.

Pembentukan Danantara bertujuan untuk mengkonsolidasikan pengelolaan BUMN serta mengoptimalkan dividen dan investasi.

Beberapa BUMN besar, termasuk Pelindo dan Pertamina, termasuk dalam daftar perusahaan yang berada di bawah naungan Danantara.

Pembentukan superholding ini merupakan tindak lanjut dari persetujuan atas Undang-Undang BUMN yang telah diamendemen.

Meskipun pembentukan Danantara diharapkan dapat memperkuat ketahanan energi nasional melalui sinergi dengan BUMN strategis seperti Pertamina, namun keberadaan lembaga ini juga menuai berbagai tanggapan dan kekhawatiran.

Salah satu kekhawatiran utama datang dari serikat pekerja, termasuk FSPPB, yang berpendapat bahwa BUMN seperti Pertamina, PLN, dan Bulog memiliki peran krusial dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dan seharusnya berada di bawah kendali langsung negara, bukan disatukan dalam entitas bisnis yang berorientasi pada korporasi murni.

FSPPB bahkan mempertanyakan motif di balik pembentukan Danantara, dengan kekhawatiran bahwa lembaga ini mungkin hanya menjadi alat untuk melunasi utang negara.

Adanya harapan akan sinergi sekaligus kekhawatiran mengenai potensi penggunaan Danantara untuk pembayaran utang negara menunjukkan adanya tujuan yang kompleks dan mungkin saling bertentangan terkait dengan pembentukan superholding ini.

Sementara beberapa pihak berharap Danantara akan meningkatkan efisiensi dan daya saing BUMN, serikat pekerja khawatir tentang potensi risiko finansial dan implikasi strategis dari penggabungan BUMN vital ke dalam satu entitas.

Fakta bahwa serikat pekerja dari sektor pelabuhan dan energi sama-sama menyampaikan kekhawatiran mengenai Danantara menunjukkan bahwa potensi dampak dari superholding ini dapat melintasi berbagai sektor dan mempengaruhi sebagian besar pekerja di lingkungan BUMN.

Kesamaan pandangan dari serikat pekerja yang mewakili infrastruktur penting ini mengindikasikan bahwa isu Danantara memiliki relevansi yang luas dan potensi konsekuensi bagi keseluruhan lanskap BUMN.

Usia Pensiun

Peraturan mengenai usia pensiun di Indonesia, termasuk untuk pekerja BUMN, mengalami perubahan seiring waktu. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Pensiun, usia pensiun di Indonesia secara bertahap meningkat.

Awalnya ditetapkan pada usia 56 tahun, kemudian meningkat menjadi 57 tahun pada 1 Januari 2019, dan akan terus bertambah 1 tahun setiap 3 tahun hingga mencapai 65 tahun.

Pada tahun 2025, usia pensiun bagi pekerja yang terdaftar dalam program pensiun BPJS Ketenagakerjaan adalah 59 tahun.

Pemerintah memberlakukan peningkatan usia pensiun ini sebagai upaya untuk menyesuaikan dengan perkembangan demografi dan ekonomi, serta untuk memperkuat keberlanjutan dana pensiun.

Meskipun demikian, beberapa perusahaan, termasuk BUMN, mungkin memiliki kebijakan usia pensiun yang berbeda, namun secara umum mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Pekerja yang telah mencapai usia pensiun namun memilih untuk terus bekerja memiliki opsi untuk menerima manfaat pensiun segera atau menundanya hingga tiga tahun setelah mencapai usia pensiun.

“Pertemuan antara SPPI Bersatu dan FSPPB secara khusus bertujuan untuk membangun kerangka kerjasama antar kedua organisasi untuk kepentingan pekerja di berbagai sektor. Inisiatif untuk membangun kerangka kerjasama ini menunjukkan langkah strategis dari kedua serikat pekerja untuk meningkatkan kekuatan kolektif dan pengaruh mereka terhadap kebijakan-kebijakan terkait BUMN,” ungkap Kamal Akhyar selaku Sekjend SPPI Bersatu.

Dengan menyadari potensi dampak luas dari isu-isu seperti Danantara, pensiun 58, memungkinkan serikat pekerja untuk menggabungkan sumber daya, berbagi keahlian, dan menyampaikan pandangan yang lebih terpadu ketika berinteraksi dengan pemerintah dan manajemen BUMN.

Kerjasama ini juga berpotensi menjadi model bagi kolaborasi di antara serikat pekerja BUMN lainnya yang menghadapi tantangan dan kekhawatiran serupa.

Jika SPPI Bersatu dan FSPPB berhasil membangun kemitraan yang produktif, hal ini dapat menginspirasi serikat pekerja di sektor lain untuk menjajaki kerjasama serupa, yang pada akhirnya dapat menghasilkan gerakan pekerja BUMN yang lebih kohesif, komprehensif dan berdampak secara nasional untuk kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (***)

Previous Post

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

Next Post

Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

Next Post
Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6076 shares
    Share 2430 Tweet 1519
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5374 shares
    Share 2150 Tweet 1344
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4489 shares
    Share 1796 Tweet 1122
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3770 shares
    Share 1508 Tweet 943
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3741 shares
    Share 1496 Tweet 935

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Arus Petikemas TPK Banjarmasin Tumbuh 4,9%

Arus Petikemas TPK Banjarmasin Tumbuh 4,9%

October 9, 2025

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

October 9, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In