Eastern Pacific Shipping (EPS) dan Euroseas telah menandatangani kontrak pembangunan kapal baru di Tiongkok, melanjutkan lonjakan pesanan kapal kontainer.
Mengutip laporan Riviera Maritime Media London menyebutkan bahwa EPS telah memesan hingga 16 kapal berkapasitas 6.000 TEU, yang dibagi di dua tempat antara Hengli Heavy Industry dan CMJL Jiangsu.
Setiap kontrak mencakup empat kapal tetap dan empat unit opsional, dengan pengiriman dijadwalkan hingga tahun 2027.
Para pialang kapal memperkirakan harga per kapal sekitar US$78 juta. Pesanan ini menyusul kolaborasi terbaru EPS dengan Hengli untuk kapal tanker Suezmax berbahan bakar ganda LNG.
Sumber di pialang kapal juga mengindikasikan EPS hampir menyelesaikan kontrak kapal pengumpan tambahan di Tiongkok.
Perusahaan ini sedang menjalankan program pembangunan kapal baru yang luas di seluruh segmen pelayaran utama.
Secara terpisah, Euroseas telah menandatangani kesepakatan dengan Jiangsu New Yangzi Shipbuilding untuk dua kapal kontainer hemat bahan bakar berkapasitas 4.300 TEU.
Kapal-kapal tersebut, yang masing-masing dihargai lebih dari $59 juta, merupakan kapal saudara dari sepasang kapal yang dipesan pada Oktober 2024 dan dijadwalkan tiba pada Mei 2028.
Perusahaan yang terdaftar di AS ini kini telah memesan empat kapal berkapasitas 4.300 TEU, melengkapi armadanya yang berjumlah 22 kapal dengan kapasitas gabungan 67.494 TEU.
“Kami berkomitmen untuk mengembangkan dan memodernisasi armada kami,” ujar Chairman dan CEO Euroseas, Aristides Pittas.
Dia menambahkan bahwa berinvestasi pada kapal berukuran menengah ramah lingkungan merupakan langkah strategis, mengingat armada yang menua dan terbatasnya jumlah pesanan di segmen ini.
Pittas mengatakan bahwa perusahaan berada di posisi yang tepat untuk memanfaatkan peluang pasar di masa depan dan memberikan nilai jangka panjang bagi pemegang saham, didukung oleh perjanjian sewa yang berlaku saat ini. (**/scn)




























