• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Sunday, November 23, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

  • Port
    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM MUSTIKA

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

  • Port
    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM MUSTIKA

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Shipping Moving Kapal

Ekspor Impor Lewat Pelabuhan Tumbuh Tipis

ocean_M.admin by ocean_M.admin
August 15, 2016
in Moving Kapal
341
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin menyatakan, neraca perdagangan Indonesia sepanjang semester I-2016 mengalami surplus sebesar USD3,59 miliar. Nilai ekspor Indonesia sepanjang semester I-2016 tercatat sebesar USD69,51 miliar. Sementara itu, nilai impor Indonesia tercatat sebesar USD 65,92 miliar.
Surplus ini, ujar Suryamin, lebih baik dibandingkan Semester I-2012 hingga 2014, Namun sedikit lebih rendah dibandingkan Semester I-2015.
“Untuk sektor ekspor, pada bulan Januari hingga Juni 2016 tercatat ekspor migas mencapai USD6.497,4 juta atau mengalami penurunan sebesar 34,97 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar USD9.992,1 juta, ” katanya kepada pers akhir pekan lalu, di jakarta.
Sedangkan untuk sektor nonmigas mencapai USD63.012,5 juta atau mengalami penurunan sebesar 7,92 persen dibandingkan Semester I-2015 sebesar USD68.433 juta.
Pada sektor impor, sepanjang Semester I-2016 tercatat impor migas sebesar USD 8.612,9 juta. Jumlah ini mengalami penurunan senilai 34,61 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar USD13.096,9 juta.
Sementara itu, pada sektor impor nonmigas tercatat mencapai USD57.302,7 juta pada semester I-2016 atau mengalami penurunan sebesar 0,66 persen dibandingkan impor nonmigas pada semester I-2015 sebesar USD60.825,5 juta
Ekspor migas tercatat turun 15,89% dari posisi Juni 2016 menjadi US$1 miliar. Sementara, ekspor non migas merosot 27,75% menjadi US$8,52 miliar.
Impor juga mengalami penurunan 26,28% secara month-to-month menjadi US$8,92 miliar. Namun, secara tahunan turun hingga 11,56%.

Lewat Pelabuhan
Sementara Arus peti kemas di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur tahun 2015 tercatat 3,12 juta TEUs (2,61 juta boks), naik tipis dibandingkan tahun 2014 yang tercatat 3,10 juta TEUs (3,10 juta boks).
Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Edi Priyanto, mengatakan sejauh ini jumlah peti kemas via Tanjung Perak tetap didominasi peti kemas antarpulau alias peti kemas domestik.
Sedangkan arus perdagangan luar negeri melalui pelabuhan Makassar pada triwulan II 2016 mencapai 511,205 ton/m3. Sementara ekspor komoditas Sulawesi Selatan melalui pelabuhan Makassar pada triwulan II 2016 mencapai 37,274 Ton/m3.
Erisanty, Asmen Humas dan Hukum Pelindo Cabang Makassar, mengungkapkan realisasi pada triwulan II 2016 ini mengalami penurunan jika dibandingkan realisasi ekspor pada triwulan II pada tahun 2015 yang mencapai 88,224 ton/m3.
Untuk realisasi impor Sulsel Melalui Pelabuhan Makassar pada triwulan II 2016 mencapai 473,931 ton/m3, dimana terjadi penurunan jika dibandingkan dengan impor pada triwulan II di tahun 2015 yakni mencapai 689,417 ton/m3.
Di Belawan, arus barang pada bulan Juni di Pelabuhan pelindo 1 cabang belawan antara lain, untuk Import 187,758 ton, export 286,901 ton, bongkar antar pulau 378,539 ton, muat antar pulau 14,094 ton, totalnya sebanyak 867,292 ton.
GM PT.Pelindo 1 Cabang Belawan Sahat Parawira Tambunan mengungkapkan, komoditi impor berupa alat-alat bantu 57,aspal 3181,aspal drum 1059, bentonite 20000, billet baja 29614, coil 3644, gas oil 24118, gula pasir (curah kering) 27088, HSD 1821,kulit kerbau 30, makanan ternak (curah kering) 48135, methanol 4002, pupuk fertilizer 7700, tepung Industri 602, tiang pancang 16707, jumlahnya sebanyak sebanyak 187758 ton.
Sedangkan komoditas eksport berupa, bungkil sawit (PKE) 24496, CPO (pipa terpadu) 29750,DCFA (pipa terpadu)1500,Fatty Acid (terpadu) 2701, GLYCERINE 99.7 % 500, karet 3371, kol 100, middle fraction of palm (PMF) 1800, molasses (truck lossing) 7265, OA 78% (pipa terpadu) 1500, palm acid oil (pipa terpadu) 5000, pasir besi 6179, PFAD (pipa terpadu) 5400, RBD CNO 2000,RBD O (pipa terpadu)100750, RBD PKO (pipa terpadu) 4700,RBD PKS 4500 ,RBD S (pipa terpadu) 17932,RBDPKOL (pipa terpadu) 893,RBDPO (pipa terpadu)63315,SA 1850 (pipa terpadu) 750,SA 65 % 1380,TPFKA (pipa terpadu) 600,TPSA (pipa terpadu) 519,sehingga total komoditas eksport pada bulan juni sebanyak 286901ton.

Untuk komoditas bongkar antar pulau berupa, alat-alat berat 656, balok beton jembatan 1,433, batang kawat (Wire Roud) 402, batu-bara 59,383, besi beton 6,643, besi plat 1,713, besi WF 978, billet baja 303, caustic soda 2,709, caustic soda (pipa terpadu) 2,701, coconut fatty acid distillate (pipa terpadu) 1,300, coil 168, CPKO (pipa terpadu) 10,204, CPO (pipa terpadu) 4,001,CPO (truck lossing) 7,688,crude coconut oil (pipa terpadu)1,650, garam 20,300, inti sawit (curah kering) 3,201,jagung biji 17,025, kacalLembaran 3,468, material equipment 770, methanol 2,102, minyak bakar 29,461, pasir 5,130, PFAD (truk lossing) 2,800, PIPA 230, PKFAD (pipa terpadu) 1,550, Plat 126, pupuk 6,000, pupuk NPK 6,650, pupuk NPK jumbo 11,183, pupuk phonska (curah kering) 22,376, pupuk urea (bag cargo) 1,300, semen curah 53,682, semen jumbo 4,435, semen sling jumbo 7,437, sheet pile 228, solar khusus 4,843 jumlahnya sebanyak 306,229 ton.
Selain itu ada juga komoditas bongkar di dermaga khusus berupa, kayu Log (khusus) 3,433, semen curah 68,877 jumlahnya 72,310 ton.jadi komoditas bongkar antar pulau pada bula juni sebanyak 378,539 ton.
Untuk komoditas antar pulau yang di muat berupa,ban vulkanisir 9, blecing 100, CPO (pipa terpadu) 5000, HSD 82, makanan ternak 300, mascol 24 300,minyak hitam 48, pasir 1079, pupuk 306, solar 78, tepung Industri 1661, tiang pancang 2370, jumlah sebanyak 14094 ton.
“Ada juga pelayaran dalam negeri berupa muat mobil (RO-RO) 3451 unit dan bongkar mobil (RO-RO) 4912 unit jumlah seluruhnya sebanyak 5257 unit”.

Previous Post

Icon dan Nothern sandar di JICT

Next Post

Kadin & INSA Harapkan Patimban Segera Dibangun

Next Post

Kadin & INSA Harapkan Patimban Segera Dibangun

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6230 shares
    Share 2492 Tweet 1558
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5409 shares
    Share 2164 Tweet 1352
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4509 shares
    Share 1804 Tweet 1127
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    4016 shares
    Share 1606 Tweet 1004
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3834 shares
    Share 1534 Tweet 959

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

JAI Dukung UMKM Batik Srikandi Girirejo ‘Go Digital’

JAI Dukung UMKM Batik Srikandi Girirejo ‘Go Digital’

November 22, 2025
Selama Nataru, Pelni Berikan Diskon Tiket Untuk Semua Jurusan

Selama Nataru, Pelni Berikan Diskon Tiket Untuk Semua Jurusan

November 22, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In