• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Tuesday, October 14, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Menhub Harus Adil, Hapus Monopoli Angkutan Penyeberangan di Merak

oceanweek by oceanweek
February 13, 2023
in Berita Lain
Menhub Harus Adil, Hapus Monopoli Angkutan Penyeberangan di Merak
371
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Gabungan Pengusaha Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Merak meminta Menteri Perhubungan (Menhub) dapat berlaku adil untuk tidak membedakan adanya dermaga eksekutif (dermaga ekspres) yang dikelola PT ASDP dan dermaga reguler di pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni yang dioperatori swasta, terutama pada musim angkutan Lebaran 2023 mendatang.

“Kalau bisa ASDP tak ada lagi dermaga eksekutif, yah berkorban sedikit lah, hanya untuk moment angkutan Lebaran saja, semua dermaga disamakan. Sebab, jika PT ASDP sebagai operator, regulator dan mengatur penjualan tiket, ya pasti kami yang swasta nggak akan bisa bersaing dengan mereka (ASDP),” ujar Togar Napitupulu, Ketua Gapasdap Merak menjawab Ocean Week, di Kantornya, pelabuhan Merak, Banten, Senin siang (13/2/2023).

Oleh karena itu, Togar berharap supaya Kemenhub bisa adil, sehingga tak terkesan ‘tebang pilih’.

“ASDP juga jangan memikirkan diri sendiri, tak ada salahnya saat Lebaran, kapal-kapal swasta yang biasanya melayani reguler bisa digeser ke dermaga eksekutif, atau di sama ratakan, sehingga dari Merak bisa teratasi, nggak mesti harus pindah ke Ciwandan,” ungkapnya diiyakan pengurus lainnya.

Togar juga bercerita bagaimana para pengusaha penyeberangan di Merak-Bakauheni sangat berat menanggung beban. “Saat ini kami sangat berat bebannya. Gajian karyawan sering telat. Untuk bayar docking kapal saja kadang ngga mampu,” katanya lagi.

Ada sekitar 2700 pegawai berada di kapal, dan sekitar 400 orang pegawai di darat yang bekerja di 16 perusahaan penyeberangan Merak Bakauheni. “Jika pemerintah tidak berlaku adil, bakal banyak karyawan menganggur, karena perusahaan tak sanggup lagi beroperasi,” katanya.

Togar juga bercerita bagaimana beratnya perusahaan bisa bertahan hidup. Bayangkan saja, operasional kapal swasta per bulan hanya sekitar 12 hari, sedangkan ASDP setiap hari 4 kapalnya terus operasi.

Menurut dia, kapal-kapal yang dioperasikan perusahaan swasta di dermaga 1,2, dan 3 masing-masing ada 5 kapal, dermaga 4 ada 4 kapal, dermaga 5 ada tiga kapal, dermaga 7 ada 4 kapal, sedangkan untuk dermaga eksekutif dilayani 4 kapal.

Khoiri Soetomo, Ketum Gapasdap. (**)

Di tempat terpisah, Ketua Umum Gapasdap Khoiri Soetomo menambahkan bahwa masalah yang terjadi di Merak sudah sangat sering disampaikannya kepada Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, mengingat kewenangan pengaturan pelabuhan sesuai regulasi dimiliki oleh Hubdat dengan menempatkan BPTD di setiap wilayah.

“Sudah waktunya diberdayakan secara penuh. Perangkapan fungsi badan usaha pelabuhan, operator pelayaran penyeberangan, pengaturan Traffic dan penjualan tiket terpadu sudah waktunya dilepas seperti di moda Tranportasi yang lain, agar rakyat mendapatkan pelayanan maksimal dan ada pilihan,” katanya kepada Ocean Week, melalui WhatsApp nya.

Menurut Khoiri, sudah waktunya monopoli dihapus di industri angkutan Penyeberangan, terutama di dermaga executive 6 merak dan Bakauheni.

“Sudah waktunya perusahaan milik negara tidak bersaing dan memonopoli dengan badan usaha milik rakyatnya. Sudah waktunya ASDP punya semangat inklusif kolaboratif bukan exclusive dan monopolistik,” tegas Khoiri.

Antisipasi Lebaran 

Togar menyampaikan untuk mengantisipasi lonjakan saat musim angkutan Lebaran 2023, semua pihak (pemerintah terkait dan swasta), harus bisa bahu membahu mengantisipasinya.

“Karena liburan jelang Lebaran cukup panjang. Kalau bisa mulai tanggal 13 April 2023, masyarakat harus sudah bisa mengatur jadwal karena sudah mulai libur. Jangan mudik nya mepet menjelang Lebaran. Kalau lebih awal kan bisa mengurangi kepadatan,” jelasnya.

Pengurus Gapasdap Merak. (**)

Togar berharap supaya Lebaran tahun ini yang jatuh di bulan April mendatang dapat bener-bener diatur jadwalnya. Masyarakat juga harus memanfaatkan waktu longgar untuk jalan mudik. “Untuk menghindari kepadatan saat mudik Lebaran kami menghimbau masyarakat untuk mengatur waktunya. Biasanya pada jam 6 pagi sampai 6 sore kosong, nah bisa manfaatkan di waktu itu, jangan semua pada malam hari,” tegasnya.

Dia juga menyampaikan pentingnya Fasilitas layanan umum seperti memperbanyak toilet, tempat ibadah.  “Fasilitas itu perlu disiapkan benar – benar, karena saat musim lebaran kalau toilet dan tempat ibadah kurang juga bisa repot, kasihan masyarakat,” ungkapnya.

Togar menginginkan angkutan Lebaran tahun ini dapat berjalan lancar, dan tak ada masalah. (**)

Previous Post

BICT

Next Post

Menjadikan Sorong Sebagai Hub Petikemas Indonesia Timur, Bisakah ?

Next Post
Menjadikan Sorong Sebagai Hub Petikemas Indonesia Timur, Bisakah ?

Menjadikan Sorong Sebagai Hub Petikemas Indonesia Timur, Bisakah ?

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6164 shares
    Share 2466 Tweet 1541
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5375 shares
    Share 2150 Tweet 1344
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4489 shares
    Share 1796 Tweet 1122
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3781 shares
    Share 1512 Tweet 945
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3773 shares
    Share 1509 Tweet 943

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

October 14, 2025

TPK SEMARANG

October 14, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In