• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Monday, October 13, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Tol Laut Trayek Ship Promote the Trade

ocean_M.admin by ocean_M.admin
August 2, 2017
in Berita Lain, Uncategorized
428
SHARES
2.5k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Adanya Tol laut yang diselenggarakan pemerintah adalah dalam rangka menjamin ketersediaan barang, sekaligus mengurangi disparitas harga bagi masyarakat untuk menjamin kelangsungan pelayanan penyelenggaraan angkutan barang ke daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan.

Tahun 2017 ini, diharapkan 13 lintasan tol laut sudah dapat dilaksanakan. Saat ini baru 7 trayek tol laut, Kemenhub akan menambah 6 lintasan lagi pada tahun ini. Itu kata Menhub Budi Karya Sumadi, baru-baru ini.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menganggarkan dana sebesar Rp380 miliar untuk program tol laut pada tahun anggaran 2017. Dana tersebut diantaranya Rp220 miliar untuk membiayai enam trayek yang dioperasikan Pelni, sedangkan Rp160 miliar untuk membiayai lima trayek lainnya.

Sebenarnya, sebelum ada Tol Laut, kapal-kapal (pelayaran) anggota INSA sudah menjalani trayek-trayek reguler ke banyak pelabuhan yang sudah terbangun ekonominya.

“Sementara Tol Laut itu membuka trayek lain yang belum terbangun ekonominya. Jadi harus dibedakan antara jalur reguler dan jalur tol laut, karena tol laut adalah trayek ship promote the trade. Trayek untuk membangun ekonomi dengan subsidi,” kata Ketua Umum DPP INSA, Carmelita Hartoto, Selasa (1/8), menjawab pertanyaan Ocean Week, seputar rencana penambahan 6 lintasan tol laut oleh Kemenhub di tahun 2017 ini.

Saud Gurning sedang berdiskusi dengan Chiefy Adi K, Dirut PT IKT dalam sebuah kesempatan. (ow)
Saud Gurning sedang berdiskusi dengan Chiefy Adi K, Dirut PT IKT dalam sebuah kesempatan. (ow)

Pengamat Maritim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Raja Oloan Saut Gurning menilai, pendanaan program tol laut tidak bisa terus menerus disubsidi. Dibutuhkan kemandirian agar program ini berjalan dengan baik ke depan. Caranya tinggal melihat ada tidak ketertarikan pelayaran swasta di sana ketika tidak disubsidi lagi.

“Selama ini, permasalahan mendasar yang mencuat adalah kapal mengangkut barang logistik dari barat ke timur belum seimbang. Kapal berangkat dari wilayah Barat penuh membawa barang, tapi angkut baliknya kosong, ini membuat pemilik kapal harus berpikir supaya kapal tidak dalam keadaan kosong,” kata Saud Gurning.

Makanya, ungkapnya, tidak mungkin disubsidi terus menerus. Minimal harus ada barang yang diangkut dari wilayah timur ke wilayah barat.

Saut Gurning juga mencatat permasalahan belum terpadunya integrasi angkutan. Artinya, ketika barang telah singgah di salah satu pelabuhan wilayah timur yang dituju biaya angkut ke tangan terakhir konsumen masih terbilang mahal.

Dia mencontohkan, ketika kapal sudah sandar di pelabuhan Papua. Untuk mengirim barangnya ke daerah tentu butuh transportasi lain. Apalagi kalau medannya sulit mau nggak mau harus menggunakan alat angkut lain. Makanya perlu ada integrasi.

Sementara itu Carmelita Hartoto menambahkan, keikutsertaan pelayaran anggota INSA pada rencana penambahan trayek tol laut di tahun 2017 ini adalah bentuk partisipasi aktif INSA pada program pemerintah tersebut.

“Kami mengapresiasi pemerintah akan rencana tambahan trayek ini di tahun 2017, menjadi 13 trayek, telah melibatkan INSA, sehingga trayek-trayek yang baru tidak bersinggungan dengan jalur reguler swasta yang sudah ada,” ucap Meme, panggilan familiarnya.

Ketua Kadin Indonesia bidang Perhubugan ini juga menyatakan, INSA mengapresiasi pemerintah dengan telah mengundang sektor swasta berpartisipasi dan membuka 6 trayek lagi dari keseluruhan 13 trayek untuk ditenderkan pada swasta.

“Namun sayang, karena ketatnya persyaratan tender bahwasanya anak perusahaan yang melakukan ship management dianggap pihak ketiga, kurangnya informasi serta singkatnya waktu, maka tender harus diulang untuk 4 trayek dengan persyaratan lebih ringan,” ungkapnya lagi.

Tetapi, karena waktu tersisa hanya setengah tahun, hal inilah yang menurut Meme, menyebabkan peminatnya kurang.

Diharapkan pada tahun 2018, katanya, persiapan tender dapat dilakukan lebih awal untuk mengundang lebih banyak pihak swasta berpartisipasi.

Seperti diketahui bahwa Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mendorong berjalannya konektivitas tol laut dalam rangka menciptakan disparitas harga yang terjadi antara wilayah Barat dan Timur Indonesia.

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan, bahwa tol laut berintegrasi dengan program ‘Rumah Kita’ untuk mempermudah koordinasi dengan Pemda serta stakeholders terkait dengan kebutuhan barang dan pendistribusian barang di wilayah sekitar lokasi Rumah Kita yang terbagi menjadi 6 (enam) lokasi.

Dalam perjalanannya program tol laut yang dimulai sejak 2015 hingga tahun 2017 memiliki 13 rute. Rute-rute tersebut menyinggahi sebanyak 41 pelabuhan singgah di Indonesia. Diantaranya rute T1 Tanjung Perak – Wanci – Namlea – Wanci – Tanjung Perak. Rute T2 Tanjung Perak – Kalabahi – Moa – Saumlaki – Moa – Kalabahi – Tanjung Perak. Rute T3 Tanjung Perak – Calabai (Dompu)–Maumere- Larantuka-Lewoleba – Rote – Sabu – Waingapu – Sabu – Rote – Lewoleba – Larantuka –  Maumere – Calabai (Dompu) – Tanjung Perak. Rute T4 Tanjung Perak – Bau Bau – Manokwari – Bau Bau – Tanjung Perak.

Sedangkan Rute T5 Makassar – Tahuna – Lirung – Tahuna – Makassar. Rute T6 Tanjung Priok – Natuna – Tanjung Priok. Rute T7 Tanjung Priok – Enggano – Mentawai – Enggano –  Tanjung Priok. Rute T8 Tanjung Perak – Belang Belang – 207 – Sangatta – P Sebatik  – Tanjung Perak

Rute T9 Tanjung Perak – Kisar (Wonreli) – Namrole –  Kisar (Wonreli) – Tanjung Perak. Rute T10 Makassar – Tidore –  Tobelo –  Morotai – Maba – Pulau Gebe – Maba – Morotai – Tobelo – Tidore – Makassar. Rute T11 Tanjung Perak – Dobo – Merauke  –Dobo – Tanjung Perak. Rute T12 Makassar – Wasior – Nabire –  Serui – Biak  – Serui – Nabire  – Wasior – Makassar. Serta Rute T13 Tanjung Perak – Fakfak –  Kaimana – Timika – Kaimana – Fakfak -Tanjung Perak. (***)

 

Previous Post

Ditkapel Ditugasi Pelatihan Komputer Operator Kapal

Next Post

Pasca Serah Terima dari JICT, TPK Koja Tangani KMTC Athos

Next Post

Pasca Serah Terima dari JICT, TPK Koja Tangani KMTC Athos

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6161 shares
    Share 2464 Tweet 1540
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5375 shares
    Share 2150 Tweet 1344
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4489 shares
    Share 1796 Tweet 1122
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3779 shares
    Share 1512 Tweet 945
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3766 shares
    Share 1506 Tweet 942

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Kasus Pengadaan Kapal Tunda, Kejati Kembali Tahan Koruptornya

Kasus Pengadaan Kapal Tunda, Kejati Kembali Tahan Koruptornya

October 13, 2025

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

October 13, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In