• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Wednesday, September 10, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

  • Port
    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

    Kapal Besar Belum Bisa Masuk ke Batang, Kendal Perlu Bangun Pelabuhan Internasional

    Kapal Besar Belum Bisa Masuk ke Batang, Kendal Perlu Bangun Pelabuhan Internasional

    Peroleh Konsesi 27 Tahun, PT Pelabuhan Talenta Bumi Bakal Investasi Rp 500 M

    Peroleh Konsesi 27 Tahun, PT Pelabuhan Talenta Bumi Bakal Investasi Rp 500 M

    Tahap I Rampung, Pelabuhan Batang Segera Beroperasi

    Tahap I Rampung, Pelabuhan Batang Segera Beroperasi

    Pelabuhan Pintar China Dorong Perdagangan Cerdas dan Hijau

    Pelabuhan Pintar China Dorong Perdagangan Cerdas dan Hijau

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

  • Port
    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

    Kapal Besar Belum Bisa Masuk ke Batang, Kendal Perlu Bangun Pelabuhan Internasional

    Kapal Besar Belum Bisa Masuk ke Batang, Kendal Perlu Bangun Pelabuhan Internasional

    Peroleh Konsesi 27 Tahun, PT Pelabuhan Talenta Bumi Bakal Investasi Rp 500 M

    Peroleh Konsesi 27 Tahun, PT Pelabuhan Talenta Bumi Bakal Investasi Rp 500 M

    Tahap I Rampung, Pelabuhan Batang Segera Beroperasi

    Tahap I Rampung, Pelabuhan Batang Segera Beroperasi

    Pelabuhan Pintar China Dorong Perdagangan Cerdas dan Hijau

    Pelabuhan Pintar China Dorong Perdagangan Cerdas dan Hijau

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Port

Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

oceanweek by oceanweek
September 8, 2025
in Port, Uncategorized
Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai
341
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pengusaha pelayaran berharap pengerukan alur pelabuhan Baai Bengkulu cepet rampung, karena supaya kerugian tidak semakin bertambah besar.

Owner PT Gurita Lintas Samudera H. Sunarto mengatakan pihaknya terpaksa kalau kapalnya harus mengurangi jumlah muatannya, karena jika memuat full kapal kandas.

“Kami terpaksa, kapal yang sudah diisi penuh dengan draft 3.75 m dibongkar lagi untuk kejar draft 3 m. Nggak usah muluk-muluk draft 6,5 m – 12 m, cukup 4,5 m saja, karena sekarang kapal-kapal yang masuk ke Pulau Baai rata-rata hanya 4.5 m. Kapal dwt 1.250 ton hanya bisa muat 490 ton, itu mau beli minyak saja sudah tidak cukup,” ujar Sunarto.

Penasihat DPP INSA ini mengungkapkan jika pihaknya tetap bertahan karena mesti menjaga kepercayaan mitra nya. Apalagi Sunarto harus memikirkan pekerja di kebun sawit nya yang berjumlah sekitar 2000-an orang untuk tetap bekerja.

Sunarto berharap pengerukan alur pelayaran di pelabuhan Baai Bengkulu bisa segera selesai, sehingga distribusi barang dari kapal-kapal besar kembali normal.

Sementara itu, Fatih Khusumo dari Temas Tbk ketika ditanya apakah kapal muatan petikemas nya kembali masuk ke Baai setelah dulu sempat tertahan di pelabuhan hingga 2 bulanan, dijawab akan ditanyakan terlebih dahulu dengan direksi pelayaran Temas Tbk.

“Saya tanya dulu ya, apakah kapal sudah kegiatan lagi di pelabuhan Baai,” katanya beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui bahwa Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 2 Cabang Bengkulu menegaskan jika keselamatan pelayaran menjadi prioritas dalam pekerjaan normalisasi pengerukan alur Pelabuhan Pulau Baai.

“Saat ini, proses pemasangan pipa submerge yang menjadi bagian penting dalam normalisasi alur masih berlangsung dan ditargetkan selesai hari ini,” kata General Manager Pelindo Regional 2 Cabang Bengkulu S. Joko di Bengkulu, Minggu, dikutip dari Antara.

Dia menjelaskan cuaca buruk berupa hujan deras dan badai membuat pemasangan pipa submerge yang awalnya ditargetkan selesai pada Sabtu malam perlu diperpanjang pengerjaannya hingga Minggu.

Pipa submerge tersebut berfungsi menyalurkan material hasil normalisasi ke lokasi dumping darat area abrasi.

“Karena posisinya berada di alur pelayaran, pemasangan harus dilakukan dengan hati-hati dan dalam kondisi cuaca yang mendukung. Demi keselamatan kapal, untuk sementara pada hari Minggu pagi (7/9/2025) alur belum bisa dilalui hingga alur dalam kondisi aman,” katanya.

Joko mengatakan seluruh tahapan dipantau dengan “echosounder” untuk menjamin keamanan kedalaman dan posisi pipa.

Joko menyatakan pihaknya optimistis pemasangan pipa submerge dapat dituntaskan Minggu 7 September 2025 lalu sehingga alur pelayaran kembali dibuka dengan kondisi aman.

“Kami upayakan semaksimal mungkin agar pemasangan pipa dapat diselesaikan hari ini, sehingga alur dapat dilewati kapal, dari dan ke Pelabuhan Pulau Baai ketika air pasang malam ini,” katanya.

Ditempat lain, Ketua DPC Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Bengkulu Rela Sumadiyana menyambut baik komitmen tersebut.

INSA mendorong proses percepatan normalisasi alur dan mendukung langkah yang dilakukan Pelindo agar proses normalisasi dapat terlaksana sesuai target.

Meski harus gerak cepat, INSA meminta proses normalisasi alur tetap mengutamakan keamanan dan selalu menjaga komunikasi yang baik dengan pihak terkait.

“Kami juga berharap bisa mendapat info terkait update pekerjaan secara terukur, jelas dan berkala. Dan yang terpenting agar pekerjaan pengerukan ini bisa selesai tepat waktu supaya aktivitas kapal di Pelabuhan Pulau Baai, Bengkulu, bisa segera kembali normal,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPW Indonesia Shipping Agencies Association (ISAA) Bengkulu Indarto menekankan pentingnya koordinasi dengan pengguna jasa.

“Komunikasi yang jelas dari Pelindo membuat pengguna jasa dapat memahami situasi di lapangan. Bagi kami, keselamatan pelayaran adalah hal yang tidak bisa ditawar,” ujarnya. (***)

Previous Post

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

Next Post

Dari Musda Aptrindo Jakarta, Akong Bakal Dikukuhkan Sebagai Ketua

Next Post
Dari Musda Aptrindo Jakarta, Akong Bakal Dikukuhkan Sebagai Ketua

Dari Musda Aptrindo Jakarta, Akong Bakal Dikukuhkan Sebagai Ketua

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5327 shares
    Share 2131 Tweet 1332
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4464 shares
    Share 1786 Tweet 1116
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3268 shares
    Share 1307 Tweet 817
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2743 shares
    Share 1097 Tweet 686
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2572 shares
    Share 1029 Tweet 643

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Dipilih Aklamasi, Akhirnya Akong Pimpin Aptrindo Jakarta

Dipilih Aklamasi, Akhirnya Akong Pimpin Aptrindo Jakarta

September 9, 2025
Kinerja JAI Q2 Bagus, Pendapatan Tumbuh 19,25%

Kinerja JAI Q2 Bagus, Pendapatan Tumbuh 19,25%

September 9, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In