• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, October 3, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Standarisasi Bongkar Muat di Terminal Petikemas

ocean_M.admin by ocean_M.admin
April 28, 2017
in Berita Lain, Uncategorized
405
SHARES
2.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Terminal Petikemas yang dikelola PT Pelindo III didorong untuk dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi bongkar muat kontainer berkisar 45 sampai 50 box ship per hour (BSH). Kebijakan untuk terminal petikemas ini ditargetkan sudah dapat seragam pada tahun 2017. Misalnya bongkar muat 1000 box, bagaimana caranya dapat selesai 30 jam atau lebih cepat lagi.
Direktur Operasi PT Pelindo III M. Iqbal menyatakan, pengelola TPS Surabaya, Teluk Lamong, BJTI, TPK Semarang, TPK Banjarmasin, dan Tanjung Perak diminta meningkatkan produktivitas bongkar muat mencapai 50 BSH, sehingga efisien. “Caranya antara lain dengan menambah peralatan bongkar muat (crane), membangun infrastruktur seperti memperpanjang dermaga, menambah lapangan penumpukan petikemas (CY), dan mendidik SDM operasionalnya, serta membangun sistemnya,” katanya kepada Ocean Week, di Surabaya, Kamis (27/4).

Muhammad Iqbal, Direktur Operasi PT Pelindo III. (ow)
Muhammad Iqbal, Direktur Operasi PT Pelindo III. (ow)

Iqbal ingin supaya standarisasi pelayanan bongkar muat di semua terminal petikemas yang dioperasikan PT Pelindo III sama, begitu pula dengan standar tarifnya. “Program ini sebagai jawaban terhadap keinginan Presiden Joko Widodo yang selalu menginginkan bagaimana biaya logistik murah, sehingga Indonesia mampu berdaya saing,” ucap Iqbal.
Makanya, semua terminal petikemas didorong untuk meningkatkan produktivitas, karena dengan produksi tinggi, otomatis biaya akan turun. Menurut Iqbal, untuk kegiatan internasional, BSH-nya ditarget 50, sedangkan kegiatan domestik 45 BSH.
Namu, Iqbal mengakui untuk menyamakan layanan kinerja bongkar muat di terminal, pasti ada kendala yang bakal dihadapi. Sebab fasilitas diantara terminal petikemas tidak sama, ada yang masih menggunakan HMC, ada juga yang sudah menggunaka crane twin lift. “Pola kerja pun tidak sama. Tapi semua itu akan kami dorong untuk bisa standar, sehingga pengguna jasa yang membongkar muat kontainernya di termial petikemas yang dioperasikan Pelindo III mempunyai standar yang sama,” ungkapnya.
Pengamatan Ocean Week di sejumlah terminal petikemas Pelindo III, dua terminal yakni Teluk Lamong dan TPS Surabaya sudah menggunakan crane twn lift.
Rumaji, Direktur Operasi Teluk Lamong (tengah), Wara Djatmika (kanan)
Rumaji, Direktur Operasi Teluk Lamong (tengah), Wara Djatmika (kanan)

Sewaktu Ocean Week ditemani Rumaji (Direktur Operasi Teluk Lamong) dan Wara Djatmika, Manajer Pemasaran Terminal Teluk Lamong melihat kegiatan bongkar muat dari kapal Cape Melville di Teluk Lamong pada Rabu (26/4) lalu, terlihat crane ‘raksasa’ twin lift sedang mengangkat petikemas sekaligus dua kontainer ke kapal itu.
“Kapal Cape Melville membongkar 234 box dan memuat 486. Kapal ini sandar hari Rabu (26/4) dan Kamis (27/4) sudah selesai dan keluar,” ujar Rumaji dibenarkan Max Bert Pangemanan, Supervisor Operation pelayaran Sinokor.
Produktivitas bongkar muat di Teluk Lamong cukup cepat, karena setiap kapal yang bongkar muat di dermaga internasional menggunakan tiga crane twin lift sekaligus, sehingga BSH-nya mampu 50.
Siang itu, jam baru menunjukkan sekitar pukul 12.00 Wib, namun bongkar muat petikemas kapal Cape Melville sudah rampung. Tak lama kemudian, kapal Temas Line sandar di deretan dermaga tersebut.
Rumaji memang menyatakan, bahwa untuk bongkar muat di dermaga internasional selalu menggunakan tiga crane, hal serupa juga diterapkan pada kapal kontainer domestik. “Kami mengutamakan produktivitas tinggi, sehingga dengan produksi yang tinggi akan efisien dan menguntungkan pihak pelayaran maupun terminal,” ucapnya.
Sebagai terminal baru, Teluk Lamong bukan saja melayani kegiatan kapal petikemas, namun juga curah kering. Dengan panjang dermaga 500 meter dan kedalaman 14 meter untuk internasional dan dermaga domestik dengan panjang 450 meter memiliki kedalaman 12-13 meter, masing-masing dapat disandari dua kapal sekaligus.
Menurut Rumaji, Teluk Lamong mentarget dapat melayani hingga 446 ribu TEUs pada tahun 2017 ini, atau meningkat tajam dibandingkan 2016 yang mencapai 243 ribu TEUs. “Pada triwulan I tahun ini sudah mencatat 103 ribu TEUs,” katanya.
Max Pangemanan sangat mengapresiasi positif terhadap kinerja dan layanan pihak Teuk Lamong. “Kami setiap bulan ada kapal, rata-rata bongkar muat sekiar 900 box. Kapal kami melayani rute Surabaya-Saigon, Shanghai-Pusan-KwangYang (Korea). Dan kami puas dengan service Teluk Lamong,” jelas Max.
TPS Surabaya
Sementara itu, TPS Surabaya yang tahun 2017 diharapkan mampu menangani kontainer hingga 1,5 juta TEUs juga terus memperbaiki layanannya. “Untuk dapat mencapai target itu, kami sudah menambah 3 unit crane twin lift, karenanya kami optimis target itu bisa tercapai,” kata Yon Irawan, Dirut PT TPS Surabaya kepada Ocean Week, di sela Ultah TPS ke-18 di Shangrila Hotel, Surabaya.
Dengan crane twin lift, ungkap Yon, diharapkan produktivitas meningkat, karena umumnya crane di Tanjung Perak hanya dapat menjangkau 13-14 row, tetapi twin lift dapat melayai hingga 16 row. Sehingga dengan jangkauan itu memungkinkan terminal untuk melayani kapal berkapasitas 3.000 TEUs.
Di tempat terpisah Ery Akbar Panggabean, GM TPKS mengungkapkan keinginannya kalau terminal ini suatu saat tembus menangani ‘satu’ juta TEUs. Sekarang saja sudah mencapai sekitar 600 ribu TEUs.
Oleh sebab itu, M Iqbal, Direktur Operasi PT Pelindo III berharap, apa yang menjadi target dan harapan perseroan dapat tercapai sesuai keinginan. (ow)
 

Previous Post

TPS SURABAYA

Next Post

Inaportnet di Tanjung Perak Kondusif

Next Post

Inaportnet di Tanjung Perak Kondusif

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5360 shares
    Share 2144 Tweet 1340
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4479 shares
    Share 1792 Tweet 1120
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3739 shares
    Share 1496 Tweet 935
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3675 shares
    Share 1470 Tweet 919
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2768 shares
    Share 1107 Tweet 692

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

October 3, 2025

TPK SEMARANG

October 3, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In