• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, December 26, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

  • Port
    Teluk Lamong Resmikan Integrated Planning & Control serta Green Shelter Waiting Area

    Teluk Lamong Resmikan Integrated Planning & Control serta Green Shelter Waiting Area

    Pembangunan Pelabuhan Wanam Untuk Ketahanan Energi

    Pembangunan Pelabuhan Wanam Untuk Ketahanan Energi

    Operasional Teluk Bayur Normal, Fokus Pada Kapal Bantuan Bencana Aceh, Sumut & Sumbar

    Operasional Teluk Bayur Normal, Fokus Pada Kapal Bantuan Bencana Aceh, Sumut & Sumbar

    IPCC Bakal Bagikan Dividen Rp 47.57 Miliar

    IPCC Bakal Bagikan Dividen Rp 47.57 Miliar

    Kemenko Perekonomian Apresiasi Transformasi Operasional Pelindo di KTI

    Kemenko Perekonomian Apresiasi Transformasi Operasional Pelindo di KTI

    PT Pelabuhan Lembar Sejahtera Peroleh Konsesi 30 Tahun

    PT Pelabuhan Lembar Sejahtera Peroleh Konsesi 30 Tahun

    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

  • Port
    Teluk Lamong Resmikan Integrated Planning & Control serta Green Shelter Waiting Area

    Teluk Lamong Resmikan Integrated Planning & Control serta Green Shelter Waiting Area

    Pembangunan Pelabuhan Wanam Untuk Ketahanan Energi

    Pembangunan Pelabuhan Wanam Untuk Ketahanan Energi

    Operasional Teluk Bayur Normal, Fokus Pada Kapal Bantuan Bencana Aceh, Sumut & Sumbar

    Operasional Teluk Bayur Normal, Fokus Pada Kapal Bantuan Bencana Aceh, Sumut & Sumbar

    IPCC Bakal Bagikan Dividen Rp 47.57 Miliar

    IPCC Bakal Bagikan Dividen Rp 47.57 Miliar

    Kemenko Perekonomian Apresiasi Transformasi Operasional Pelindo di KTI

    Kemenko Perekonomian Apresiasi Transformasi Operasional Pelindo di KTI

    PT Pelabuhan Lembar Sejahtera Peroleh Konsesi 30 Tahun

    PT Pelabuhan Lembar Sejahtera Peroleh Konsesi 30 Tahun

    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Soal TPK Lini 2 di Perak, Dirjenla Akan Cek Dulu

oceanweek by oceanweek
June 14, 2020
in Berita Lain, Uncategorized
Soal TPK Lini 2 di Perak, Dirjenla Akan Cek Dulu
379
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
Para Asosiasi di Surabaya minta Kemenhub cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Hubla) meninjau kembali rencana beroperasinya tempat pemeriksaan karantina (TPK) di lini 2 untuk petikemas impor barang holtikultura di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang disyahkan oleh Otoritas Pelabuhan (OP) Tanjung Perak.
“Kami minta supaya pak Dirjen Hubla memperhatikan masalah ini, karena dengan adanya TPK di lini 2 akan menimbulkan biaya logistik jadi mahal, karena kalau petikemas diperiksa disana akan double handling, seperti biaya LoLo, trucking, administrasi,” kata Ketua ALFI Jawa Timur Henky Pratoko, dibenarkan Romzi (importir) saat dikonfirmasi Ocean Week, baru-baru ini.
Mereka juga mempertanyakan kewenangan OP yang merestui salah satu perusahaan untuk menangani hal itu, meski tanpa melalui bidding, dan para asosiasi belum menyetujuinya.
“Kami hanya pernah diajak meeting dan diinfokan untuk rencana tersebut, meskipun asosiasi belum setuju, karena TPK di lini I masih bagus, dan YOR juga dibawah 50%, terkecuali sudah diatas 80%. Lagi pula dengan TPK lini 2 di Kalianak, cukup jauh dan pasti mahal untuk cost logistik,” ungkap mereka.
Dirjen Laut Agus Purnomo yang ditanyai mengenai hal itu, belum bisa panjang lebar memberi keterangan. “Saya cek dulu ya,” kata Agus Purnomo singkat.
Lukman Lajoni, salah seorang tokoh usaha pelayaran dan kepelabuhanan di Surabaya mengaku akan menanyakan masalah tersebut kepada pihak OP. “Saya belum tau adanya rencana TPK petikemas impor di lini 2. Nanti akan saya tanyakan kepada OP,” katanya.
Namun, apakah Lukman jadi menanyakan hal itu kepada pihak OP atau tidak, Ocean Week belum memperoleh informasinya.
Pelabuhan Tanjung Perak. (ist)
Sebelumnya Ocean Week memberitakan bahwa Tempat Pemeriksaan Karantina (TPK) di lini 2 Pelabuhan Tanjung Perak untuk pemeriksaan petikemas impor barang holtikultura masih menjadi perdebatan sengit di kalangan usaha di Surabaya.
Sebab hal itu dapat menimbulkan high cost logistik, terjadi double handling, lift on-lift off (lo-lo) peti kemas bisa dua kali dari kapal ke truk, kemudian menuju sea way, pemeriksaan di TPK line 1, lalu ke TPK line 2 yang biasanya juga harus berganti truk.
Padahal fasilitas serupa di lini I masih sangat memadai. Makanya muncul berbagai pertanyaan, ada apa ini sebenarnya?.
Meski begitu, pihak Otoritas Pelabuhan (OP) Tanjung Perak telah menetapkan tempat layanan inspeksi peti kemas impor untuk barang hortikultura di area lini dua atas rekomendasi pihak Karantina terhadap PT Patriots Sakti Indonesia sebagai penunjang kelancaran arus barang di wilayah Tanjung Perak.
Tetapi, Ginsi Jawa Timur tetap menolak terhadap TPK lini dua tersebut. “GINSI bersama asosiasi lain seperti ALFI, GPEI, Karantina, kemarin (Kamis 11/6) meeting dengan pihak Otoritas Pelabuhan, diberitahukan adanya TPK di lini dua di Kalianak. Tapi, dalam rapat tersebut Ginsi belum setuju,” kata Romzi Abdullah Abdat, Ketua GINSI Jatim menjawab Ocean Week, per telpon.
Menurut Romzi, pihaknya lebih memilih petikemas impor holtikultura diperiksa di TPS saja, karena lebih fisible. Lebih aman dan nyaman.
Romzi juga menilai pemeriksaan petikemas di lini 2 dipastikan high cost, dan ini akan memunculkan harga barang menjadi mahal dipasaran. “Makanya Ginsi menolak untuk itu. Kami lebih pilih di lini satu saja di TPS,” ungkapnya.
Yang dikhawatirkan Ginsi maupun ALFI  nantinya adalah munculnya power dari penguasa yang memaksakan supaya petikemas impor barang holtikultura itu diperiksa di lini dua. “Itu yang jadi kami khawatir,” kata mereka.
Sedangkan Direktur Operasi PT Pelindo III, Putut Sri Mulyanto saat ditanya mengenai hal itu menyatakan, Fasilitas TPK di lini 1 masih cukup, namun jika ada tambahan fasilitas diluar lini 1 itu kewenangan regulator, customer silahkan memilih.
“Itu wewenangnya ada di regulator, tapi silahkan saja customer yang memilih,” ujarnya kepada Ocean Week, Jumat pagi.
Di tempat lain, Corporate Secretary TPS Surabaya Erika A. Palupi menambahkan bahwa sesuai aturan, Tempat Pemeriksaan Karantina (TPK) diperkenankan untuk berada di area yang memiliki fasilitas dermaga seperti TPS, bisa juga di area yang tidak memiliki fasilitas dermaga. “Masing-masing wajib memenuhi kriteria yang ditentukan dalam aturan,” ujarnya kepada Ocean Week, Jumat pagi (12/6).
Erika mengungkapkan jika kapasitas Pemeriksaan Karantina di Terminal Petikemas Surabaya (TPS) adalah 450 TEUs. “Rata-rata yang kami tangani per harinya 56 TEUs, jadi masih sangat memadai,” ungkpanya.
Selain itu, kata Erika, di TPS hanya pihak-pihak berkepentingan yang diijinkan memasuki area kerjanya. “Patroli keamanan dilaksanakan 24 jam untuk memberi jaminan keamanan pada fasilitas terminal, baik terhadap individu/orang, barang maupun fasilitas terminal sendiri,” jelasnya.
Menjawab apakah Erika setuju dengan diadakannya fasilitas tersebut di lini dua, dia menyatakan ini bukan tentang setuju atau tidak, tapi ada aturannya.
“Sebagai penyedia layanan publik TPS telah menyiapkan fasilitas yang memadai. Itu hal terpenting untuk TPS,” kata Erika.
Sementara itu, Pengamat Kemaritiman dari Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Raja Oloan Saut Gurning, menyatakan kehadiran TPK baru di pelabuhan biasanya karena kapasitas tempat tersebut sudah kurang memadai.
“Seperti beberapa tahun lalu, saat pemerintah memutuskan impor holtikultura harus ke Pelabuhan Tanjung Perak, sehingga mengakibatkan kondisi kapasitas Tempat Pemeriksaan Karantina (TPK) di Terminal Petikemas Surabaya overload. Sehingga perlu area baru,” ungkap Saut Gurning.
Makanya, menurut Saut, kehadiran area TPK baru di line 2 yang ada di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak, harus dibicarakan lebih lanjut.
“Harus duduk bersama, seberapa urgent keberadaan TPK baru ini. Bagaimana keamanannya. Sebab lini 2 pelabuhan, berbeda dengan lini 1 yang lebih dekat dan tentunya memiliki peraturan yang ketat,” ujarnya.
Saut juga mempertanyakan sejauhmana urgensi TPK lini 2 saat ini. Dia menilai sebaiknya pemeriksaan petikemas impor holtikultura itu di area bersama oleh pihak Karantina dan Bea Cukai. “Kalau bisa single inspection dari keduanya di satu area tentunya lebih efisien,” tegas Saut.
Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarding Indonesia (ALFI) Jatim, Henky Pratoko,  membenarkan kalau ALFI sudah diajak pertemuan untuk membahas mengenai pembukaan area TPK baru di lini 2 wilayah Pelabuhan Tanjung Perak tersebut.
“Tapi kami dalam pertemuan itu belum  menyatakan setuju. Keberadaan TPK di lini dua terkesan dipaksakan,” kata Henky menjawab Ocean Week, Jumat pagi ini.
Menurut Ketua Forum Asosiasi di Surabaya ini, pihak OP juga belum mensosialisasikan soal itu. “Teman-teman Ginsi juga menolak jika petikemas diinspeksi di area lini dua,” ujarnya.
Henky menyatakan, pihaknya tak menginginkan adanya TPK di lini dua karena justru memunculkan high cost logistik. Apalagi di masa pandemi Corona seperti sekarang ini. Lagipula fasilitas sama dilini satu masih cukup dan memadai.
“Semua asosiasi menolak pemeriksaan petikemas di lini 2. Karena pasti high cost, dan ini bertolak belakang dengan pemerintah yang ingin biaya logistik murah. Kalau alasannya untuk kelancaran arus barang, itu juga ga tepat, sebab saat ini YOR di terminal berapa, 50% juga nggak ada, terkecuali sudah mencapai 80%. Dan kalau biayanya ditanggung pemerintah ya boleh saja,” katanya.
Dia juga mengatakan, jika petikemas diperiksa di TPK lini 2 bisa-bisa biayanya membengkak. Sebagai contoh, per petikemas 20 feet ongkos truknya Rp 1 juta, sedangkan 40 feet mencapai Rp 1,4 juta. Lalu untuk Lift on lift off (LoLo) sekitar Rp 600 ribu ditambah ongkos truk jadi Rp 2 jutaan.
Henky mengaku khawatir jika nantinya pemerintah ikut campur tangan, dengan berbagai alasan, kemudian meminta supaya pemeriksaan petikemas barang tersebut dilakukan di lini dua. “Kami juga menanyakan kok PT yang ditunjuk untuk menangani TPK lini 2 adalah perusahaan X tanpa melalui bidding,” ujar Henky.
Pastinya, ungkapnya, sekali lagi asosiasi menolak terhadap keberadaan TPK lini 2 untuk petikemas impor barang holtikultura.
Kepala OP Tanjung Perak, M Dahri, saat dikonfirmasi mengatakan bila keberadaan TPK baru di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak ini murni untuk mengantisipasi antrian panjang bila petikemas hortikultura yang memerlukan pemeriksaan karantina meningkat.
“Sehingga tidak perlu ada antrian. Dan ini tidak ada beban biaya lagi bagi Importir, karena  hanya penambahan fasilitas untuk (TPK), sehingga menjadi pilihan bagi pemilik barang dapat meringankan biaya atau kelancaran barangnya,” jelas Dahri dikutip dari Tribunnews, baru-baru ini.
Pihaknya menegaskan para pengusaha bebas memilih dan tidak diarahkan atau tidak diharuskan ke TPK line 2.
“Dan tidak ada double handling. Kalau mereka tetap memilih diperiksa di line 1 boleh, tidak harus diperiksa lagi di line 2,” tandas Dahri. (***)
Previous Post

UPP Pomako Dukung Beroperasinya Kembali Kapal Pelni

Next Post

ALFI Dukung Pengembangan Program NLE di CEISA Melalui Smart Logistics

Next Post
ALFI Dukung Pengembangan Program NLE di CEISA Melalui Smart Logistics

ALFI Dukung Pengembangan Program NLE di CEISA Melalui Smart Logistics

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6245 shares
    Share 2498 Tweet 1561
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5419 shares
    Share 2168 Tweet 1355
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4519 shares
    Share 1808 Tweet 1130
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    4116 shares
    Share 1646 Tweet 1029
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3855 shares
    Share 1542 Tweet 964

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

TPK Semarang, Dari Rencana Kedepan & Masalah Yang Dihadapi

TPK Semarang, Dari Rencana Kedepan & Masalah Yang Dihadapi

December 26, 2025
Siapkan 29 Kapal Patroli Selama Libur Nataru

Siapkan 29 Kapal Patroli Selama Libur Nataru

December 25, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In