• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Monday, December 1, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

  • Port
    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

  • Port
    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Dockyard

Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

oceanweek by oceanweek
November 25, 2025
in Dockyard, Uncategorized
Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja
341
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan (IMATAP), Kemenperin Mahardi Tunggul Wicaksono resmi membuka acara Awareness Safety Leadership Penerapan SMK3 Pada Industri Galangan Kapal, bertempat di Gedung Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), Selasa (25/11/2025).

Dalam sambutannya, Tunggul menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bagian dari rangkaian bimbingan teknis penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) di industri galangan kapal.

Tunggul juga mengatakan, industri perkapalan merupakan industri strategis yang mempunyai peran vital bagi perekonomian nasional. “Industri perkapalan yang padat karya, padat modal dan padat teknologi memerlukan penanganan dan perhatian yang serius dari pemerintah agar mampu berkembang dan memiliki daya saing. Bagi Indonesia sektor maritim bukan hanya berfungsi untuk meningkatkan aktivitas ekonomi, namun lebih dari itu, sebagai simbol kekuatan dan kedaulatan negara,” katanya.

Menurut dia, sektor ini memiliki peran untuk menyatukan wilayah Indonesia. Oleh sebab itu, ungkapnya, industri galangan kapal sebagai manifestasi dari cita-cita tersebut mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sangat besar agar kepentingan negara dalam rangka mewujudkan konektivitas antar wilayah melalui penguatan sarana transportasi laut dapat terwujud.

Saat ini, ujar Tunggul, ada 342 industri galangan kapal tersebar di 29 provinsi dengan kapasitas terbesar mencapai 300.000 DWT, serta mampu menyerap 46.000 tenaga kerja.

Tunggul juga menyampaikan jika industri galangan kapal nasional telah mampu membangun berbagai jenis kapal, seperti kapal niaga, kapal penumpang, kapal perang. “Dan itu didukung oleh 127 perusahaan komponen kapal bersertifikasi marine class. Upaya peningkatan daya saing juga terus berjalan, sejalan dengan sudah diterbitkannya 560 sertifikat TKDN, dengan tingkat kandungan lokal antara 10,24% hingga 81,35%,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan bahwa penerapan SMK3 di Indonesia telah diatur melalui Peraturan Pemerintah no. 50 tahun 2012, yang mewajibkan setiap perusahaan menerapkan SMK3 apabila mempekerjakan sedikitnya 100 pekerja atau memiliki tingkat potensi bahaya tinggi.

“Kewajiban penerapan SMK3 itu menjadi sangat relevan bagi industri galangan kapal yang memiliki karakteristik pekerjaan kompleks dan tingkat resiko yang tinggi. Misalnya pekerjaan diruang terbatas, pekerjaan di ketinggian, penggunaan bahan kimia, merupakan kegiatan harian yang membutuhkan pengendalian resiko yang kuat dan konsisten,” katanya.

Tunggul mengatakan, dari survey Iperindo terhadap 98 perusahaan, terdiri dari 76 galangan kapal dan 22 industri penunjang, pemerintah melihat perkembangan yang menggembirakan. “Mayoritas perusahaan sudah sudah menerapkan SMK3, baik secara penuh maupun sebagian. Tapi masih sekitar 27% perusahaan belum menerapkan SMK3. Karena itu sosialisasi masih diperlukan, terutama galangan kapal yang termasuk kategori berpotensi bahaya tinggi sesuai PP 50/2012,” ungkap Tunggul.

Dia menambahkan bahwa dari diskusi dengan industri galangan sepanjang 2024, terdapat sejumlah tantangan utama dalam penerapan SMK3, antara lain kurangnya pemahaman pekerja terkait K3, belum optimalnya pendampingan teknis. “Keberhasilan implementasi SMK3 perlu dukungan kuat dari top management dan konsistensi suruh unit organisasi,” ujarnya.

Tunggul berharap melalui bimbingan teknis SMK3 ini, pihaknya ingin mendorong perusahaan galangan kapal untuk menerapkan SMK3 secara lebih terstruktur dan terukur, termasuk memahami dan Memenuhi 64 kriteria SMK3 sesuai PP 50/2012.

Tunggul menyampaikan apresiasi kepada PT BKI, DPP Iperindo, Kementerian Ketenagakerjaan, serta seluruh perusahaan galangan kapal dan perusahaan penunjang yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Kolaborasi dan dan komitmen seluruh pihak sangat diperlukan untuk membangun industri galangan kapal yang semakin aman, produktif, dan berdaya saing. Matilah kegiatan ini kita jadikan sebagai momentum memperkuat safety culture di industri galangan kapal, demi terciptanya operasional yang lebih aman, efisien, dan berkelanjutan,” ujar Tunggul.

Sementara itu, Bambang Haryo Sukartono, dewan pembina Iperindo, dalam arahannya berharap agar para pekerja galangan kapal di seluruh Indonesia tak mengalami kecelakaan kerja. “Sebab, jika ada kecelakaan kerja maka nama dari perusahaan industri galangan kapal menjadi kurang baik,” katanya.

Menurut anggota komisi VII DPR RI dari Gerindra ini dengan adanya kegiatan SMK3 ini, bisa memberikan manfaat bagi semua pihak.

Sebelumnya Ketua Umum DPP Iperindo Anita Puji Utami dalam sambutannya mengungkapkan terimakasihnya atas kerjasama Iperindo, IDSurvey BKI, Kementerian Perindustrian, dan Kemenaker.

“Terimakasih atas kerjasama ini, terutama BKI yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini,” katanya.

Anita juga mengatakan bahwa sistem manajemen K3 wajib diterapkan di semua perusahaan galangan kapal, hal itu untuk menjaga keselamatan kerja.

“K3 butuh banyak hal, baik alat dan fasilitas lainnya dan ini butuh komitmen, demi keselamatan kerja,” katanya.

Kegiatan dilanjutkan dengan talk show yang menghadirkan narasumber antara lain pakar kemaritiman Rudianto, ketua umum Iperindo Anita Puji Utami, Ir. Sugiarto, S.C, M.S, direktur operasional PT Kualifikasi Indonesia, R Benny Susanto, direktur utama BKI, serta Dr. Sudi Astono, koordinator bidang SMK3 Kemenaker. (***)

Previous Post

Kijing, Masa Depan Pelabuhan di Pontianak

Next Post

Pelabuhan Multipurpose Tak Hanya Sebagai Transit Kargo, Tapi Pusat Ekonomi

Next Post
Pelabuhan Multipurpose Tak Hanya Sebagai Transit Kargo, Tapi Pusat Ekonomi

Pelabuhan Multipurpose Tak Hanya Sebagai Transit Kargo, Tapi Pusat Ekonomi

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6234 shares
    Share 2494 Tweet 1559
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5412 shares
    Share 2165 Tweet 1353
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4516 shares
    Share 1806 Tweet 1129
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    4044 shares
    Share 1618 Tweet 1011
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3841 shares
    Share 1536 Tweet 960

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Merak-Bakauheni Sudah Kelebihan Kapal, Perlu Tambah Dermaga

Gapasdap Kerahkan Armada Bantu Kelancaran Logistik ke Daerah Bencana

December 1, 2025

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

December 1, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In