• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Monday, December 1, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

  • Port
    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

  • Port
    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

INSA Kalbar Tak Masalahkan Kapal Sandar di Kijing Atau Dwikora

oceanweek by oceanweek
November 27, 2025
in Berita Lain, Uncategorized
INSA Kalbar Tak Masalahkan Kapal Sandar di Kijing Atau Dwikora
339
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Indonesia National Shipowners Association (INSA) Pontianak Kalimantan Barat (Kalbar) menyatakan tak ada masalah kapal disandarkan di dermaga pelabuhan manapun (Dwikora atau Kijing), yang penting safety, lancar, serta menguntungkan.

Hal itu diungkapkan Tju Fo Phin, Ketua DPC INSA Pontianak, kepada Ocean Week melalui WhatsApp nya, Kamis (27/11) siang.

“Kami dari pengurus DPC INSA Pontianak sudah beberapa kali melakukan pengkajian untuk kapal secara umum tidak ada masalah mau sandar di dermaga manapun, yang penting safety dan lancar serta profit. Kami sebagai insan maritim Kalimantan Barat mengusulkan untuk segera diselenggarakan FGD Masa Depan Pelabuhan Kijing bersama Pemprov, Pelindo, INSA, ALFI dan perusahaan-perusahaan yang berkegiatan di Kijing, Pemkab, serta instansi terkait, sehingga permasalahan menjadi jelas dan segera ada solusi untuk pengoperasian TPK Kijing sesuai harapan masyarakat Kalimantan Barat, Pemprov dan Insan Maritim,” ujarnya.

Seperti dilansir Ocean Week bahwa Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Kalimantan Barat mempertanyakan kenapa sampai saat ini pelayaran/operator Container yang berkegiatan di pelabuhan Dwikora Pontianak belum ada yang berani mencoba untuk melakukan atau memindahkan kegiatannya di pelabuhan Kijing.

“Kami juga belum tau, faktor nya apa mereka (pelayaran kontainer) belum bersedia pindah dari Dwikora, masih belum jelas, apa karena biaya/cost yang pastinya lebih tinggi atau apa belum tau,” ungkap Darmayadi, Ketua ALFI Kalbar saat dimintai komentar nya melalui WhatsApp nya, Kamis pagi.

Sebelumnya Wakil Gubernur Kalimantan Barat Krisantus Kurniawan mendatangi Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo di Jakarta untuk mendesak perusahaan tersebut segera memaksimalkan operasional Pelabuhan Kijing yang berada di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar).

“Saya ke Kantor Pusat PT Pelindo Indonesia untuk menyampaikan aspirasi masyarakat Kalbar agar Pelabuhan Kijing segera beroperasi secara maksimal,” kata Krisantus Kurniawan, dikutip dari Antara.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar tiga jam, menurut Krisantus, dirinya menyampaikan seluruh kegelisahan masyarakat Kalbar terhadap belum optimalnya Pelabuhan Kijing, meski pembangunan fasilitas tersebut telah menelan anggaran besar dari pemerintah pusat.

Dia mengatakan lambannya pemanfaatan Pelabuhan Kijing berdampak luas bagi masyarakat, salah satunya meningkatnya risiko kecelakaan lalu lintas akibat arus kendaraan besar yang membawa peti kemas dari Pelabuhan Dwikora Pontianak. Aktivitas bongkar muat yang terpusat di Dwikora membuat jalur perkotaan semakin padat dan membahayakan pengguna jalan.

Dia mempertanyakan alasan Pelindo belum memfungsikan Pelabuhan Kijing. “Kalau Pelindo lama-lama tidak memfungsikan Pelabuhan Kijing, ada apa? Itu tinggal pindahkan crane dari Dwikora, pindahkan ke sana,” ujarnya.

Menurut Krisantus, Kalbar selama bertahun-tahun kehilangan potensi pendapatan daerah karena ekspor komoditas seperti sawit dan tambang tidak dilakukan melalui pelabuhan di wilayah sendiri. Akibatnya, Dana Bagi Hasil (DBH) ekspor justru tercatat sebagai milik provinsi lain.

“Kita sudah puluhan tahun rugi. DBH ekspor sawit dan tambang itu lepas. Tercatat sebagai hasil bumi dari Riau dan DKI Jakarta. Potensinya triliunan rupiah per tahun hilang begitu saja,” ujarnya.

Untuk memberikan kepastian tata kelola pelabuhan, Pemprov Kalbar berencana menyiapkan regulasi baru terkait operasional Pelabuhan Domestik Dwikora dan Pelabuhan Internasional Kijing. Regulasi tersebut akan dituangkan dalam bentuk Peraturan Daerah atau Peraturan Gubernur.

“Biar ada kejelasan regulasi operasional antara Pelabuhan Dwikora dan Pelabuhan Internasional Kijing sebagai pelabuhan ekspor impor,” katanya.

Krisantus menambahkan jika Pelabuhan Kijing mulai difungsikan secara penuh, kebutuhan untuk pembangunan jalan tol di Kalbar akan meningkat.

Menurut dia, jalan tol sangat diperlukan untuk menunjang mobilitas logistik dan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Saya akan mendorong DPR RI dan Pemerintah Pusat untuk segera membangun jalan tol, agar akses ke Pelabuhan Kijing dapat dilalui kendaraan kontainer dan meningkatkan ekonomi masyarakat Kalbar,” katanya.

Dia berharap kunjungan tersebut membuka ruang solusi bagi percepatan operasional pelabuhan terbesar di Kalimantan Barat itu.

“Dengan kedatangan saya ke kantor pusat Pelindo, saya berharap ada solusi terbaik untuk Provinsi Kalbar ke depannya,” kata Krisantus. (***)

Previous Post

TERMINAL TELUK LAMONG

Next Post

TPK SEMARANG

Next Post

TPK SEMARANG

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6234 shares
    Share 2494 Tweet 1559
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5412 shares
    Share 2165 Tweet 1353
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4516 shares
    Share 1806 Tweet 1129
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    4044 shares
    Share 1618 Tweet 1011
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3841 shares
    Share 1536 Tweet 960

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Merak-Bakauheni Sudah Kelebihan Kapal, Perlu Tambah Dermaga

Gapasdap Kerahkan Armada Bantu Kelancaran Logistik ke Daerah Bencana

December 1, 2025

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

December 1, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In