• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, October 3, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Dari IKT Tangguh Menuju Banten Hebat

ocean_M.admin by ocean_M.admin
May 18, 2017
in Berita Lain, Uncategorized
336
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Setelah cukup lama membangun image dan mengembangkan pelabuhan untuk kegiatan kendaraan di Tanjung Priok hingga menjadikannya sebagai urutan ke lima dunia, yang kemudian dikenal dengan jargon IKT Tangguh. Kini Armen Amir (mantan Dirut IKT/Indonesia Kendaraan Terminal) ditugaskan oleh manajemen Pelindo II membenahi pelabuhan Ciwandan Banten.
“Kalau dulu kami membangun IKT Tangguh, sekarang kami ingin menuju Banten Hebat,” kelakar Armen Amir (General Manager Pelindo Ciwandan Banten) kepada Ocean Week di Kantornya, Rabu (17/5).
Cuaca Banten yang cukup menyengat siang itu, membuat Armen bertambah semangat. Dia kemudian mencoba memperlihatkan dan menggambarkan perubahan suasana kantor, sesaat setelah dirinya memimpin disini kepada Ocean Week.
Memang ada banyak perubahan, dari sebelumnya kantor pelabuhan Ciwandan yang tampak glamour, disulap menjadi sebuah kantor yang elegan. “Di halaman depan kantor ini, dari tadinya dijadikan tempat parkir kendaraan, akan kami bangun taman, parkir tamu dan pegawai kami siapkan ditempat sendiri,” ucapnya sembari mengajak ke berbagai ruang kerja pelabuhan Ciwandan dalam rangka Banten Hebat.

Pelabuhan Ciwandan Banten. (ist)
Pelabuhan Ciwandan Banten. (ist)

Jargon Hebat, ujar Armen, merupakan ungkapan yang penuh makna. H adalah singkatan High Quality Service, High Performance and High Productivity. E itu Energizing Trade Energizing Indonesia Through Efficient Cost Lgistics, lalu B adalah Bog Capacity and Big Facility, A maksudnya Agility in Customer Oriented Activity, dan T itu Time Delivery Service.
“Jadi di pelabuhan ini, kami akan memberikan layanan berkualitas, profesional dengan produktivity tinggi kepada para pengguna jasa,” ucapnya lagi.
Armen pun tak sungkan dan tak khawatir menceritakan bagaimana kondisi pelabuhan Banten sekarang ini. “Banyak hal yang mesti dibenahi, kalau kita ingin menjadikan Banten Hebat,” tegasnya.
Saat ini, ungkap Armen, kondisi pelabuhan Banten produktivitasnya masih rendah, pangsa layanan bongkar muat oleh Uster juga masih rendah dibawah 50% dari throughput, lalu fasilitas dermaga, lapangan penumpukan, gudang tidak terawat dengan baik, sistem informasi operasional belum sepenuhnya terpasang sehingga layanan operasional dilakukan manual.
“Terminal tidak steril dimana terdapat orang dan kendaraan yang keluar masuk ke dalam terminal sehingga rawan terhadap keselamatan kerja dan keamanan barang,” tutur Armen bersemangat.
Selain itu, kerjasama dengan pihak ketiga masih belum optimal bagi perusahaan. Kemudian banyak fasilitas berupa gudang, ruang kantor, ruang kontrol tidak berfungsi dengan baik. Beberapa alat bongkar muat dan alat bantu juga tidak berfungsi, misalnya skid teer loader, 4 unit hopper, spreader portek, rotari (hidrolic grab), satu unit forklift 3 ton, rampdoor 2 set rusak, dan beberapa kendaraan rusak.
“Ada lagi yaitu belum memiliki pool kendaraan, juga terdapat jembatan timbang belum difungsikan dengan baik, dan beberapa container yang rusak. Makanya, kami sudah inventarisasi semua kelemahan, dan rusaknya fasilitas-fasilitas itu untuk kedepan kami perbaiki,” kata Armen.
Meski ditinggali banyak masalah oleh pendahulunya, Armen menyatakan tetap bersyukur, karena dengan begitu Armen mengaku akan banyak pula yang dapat dikerjakannya. Padahal, saat dirinya mengetahui ditugaskan ke Banten, Armen berpikir pasti semua sudah ‘apik’ dan rapih, mengingat performa pelabuhan Ciwandan yang sudah baik.
“Tapi, saya bersyukur, dengan banyaknya hal-hal yang mesti dibenahi, saya masih kebagian banyak pekerjaan,” ucapnya bercanda.
Strategi
Berbagai langkah perbaikan sudah Armen persiapkan bersama tim. Misalnya untuk memperbaiki rendahnya produksi dengan cara melakukan kerjasama dengan pihak trucking (Aptrindo), kerjasama dengan APBMI, menyusun operating planning secara bersama dengan pihak terkait (PBM, Shipping Line, Cinsignee, dan trucking), termasuk menunjuk pengendali operasional (port captain dan terminal captain).
“Selama ini trcking tak bekerja 24 jam, begitu pula dengan gudang penerima, dan PBM Mitra bekerja dibawah standar,” ungkapnya.
Untuk mengatasi layanan bongkar muat uster yang rendah, Armen menawarkan solusi antara lain menjamin produktivitas tinggi, percepatan pengoperasian jembatan timbang out, serta penerapan gate security system.
Selain hal-hal tadi, Armen juga bercerita mengenai kinerja pelabuhan, terutama kunjungan kapal dan throughput barang yang cenderung menurun. “Turunnya realisasi kunjungan kapal triwulan 1 2017 dibandingkan dengan pencapaian waktu yang sama 2016 dan target RKAP triwulan 1 disebabkan perubahan kujungan kapal dari kapal-kapal muatan besar. Sementara untuk thoughput penyebabnya karena adanya pembatasan kuota impor dan turunnya permintaan pasar,” ujarnya panjang lebar.
Data produksi bongkar muat mencatat, bahwa tahun 2014 mencapai 8,386,636.00, naik sedikit menjadi 8,710,099.00 di tahun 2015, dan turun di tahun 2016 yang tercatat 8,003,835.00, sedangkan tahun 2017 hingga April tercatat 2,428,678.00.
Dari volume besaran itu, bongkar muat yang ditagani Uster tercatat 4,085,248.00 (2014), 3,989,312.00 (2015), 4,096,785.00 (2016), dan 1,311,676.00 (2017 hingga April). Untuk non uster 4,301,352.00 (2014), 4,720,787.00 (2015), 3,907,050.00 (2016), dan 1,117,002.00 (2017 hingga April).
Sementara itu, untuk pendapatan pada rentang waktu yang sama juga menurun dibandingkan RKAP. Namun pencapaian laba mengalami kenaikan, itu karena dilakukannya program cost effectiveness.
Kedepan, Armen telah membuat berbagai strategi dalam mewujudkan obsesinya itu. Investasi untuk pengembangan dan perbaikan infrastruktur sudah dicanangkannya. Contohnya pembangunan dermaga 001 dan reklamasi di belakang dermaga, dan pembangunan integrated conveyor system yang hingga sekarang masih terkendala AMDAL.
“Yang pasti, kami akan tata kembali pelabuhan Banten, khususnya Ciwandan dalam merealisasikan Banten Hebat, tanpa CINTA,” tegas Armen mengakhiri obrolannya. (ow)
 
 
 

Previous Post

PT INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

Next Post

JICT

Next Post

JICT

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5360 shares
    Share 2144 Tweet 1340
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4479 shares
    Share 1792 Tweet 1120
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3737 shares
    Share 1495 Tweet 934
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3672 shares
    Share 1469 Tweet 918
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2768 shares
    Share 1107 Tweet 692

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

TPS SURABAYA

October 3, 2025

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

October 3, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In