• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Wednesday, September 24, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

  • Port
    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

  • Port
    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Cakra Buana Resources Berencana Beli Kapal Hai Long 106, Target Operasi 2026

oceanweek by oceanweek
September 21, 2025
in Berita Lain
Cakra Buana Resources Berencana Beli Kapal Hai Long 106, Target Operasi 2026
341
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

PT Cakra Buana Resources Tbk (CBRE) berencana membeli armada kapal raksasa Hai Long 106 untuk mendukung ekspansi ke segmen angkutan internasional. Targetnya, kapal tersebut bisa beroperasi penuh pada tahun 2026 nanti.

Amanda Octania, Director & Corporate Secretary CBRE menyampaikan bahwa kapal tersebut akan digunakan untuk mendukung kinerja perseroan di segmen pelayaran offshore. Selama ini, perseroan fokus pada angkutan laut domestik.

Untuk mengakuisisi kapal ini, CBRE akan meminta restu dari pemegang saham lewat RUPSLB yang dijadwalkan 25 September 2025 ini.

“Setelah persetujuan RUPSLB perseroan, penjual akan menerbitkan Bill of Sale (Akta Jual Beli Kapal) kepada perseroan,” kata Amanda dikutip dalam surat kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Minggu (21/9).

Amanda juga mengatakan, proses peralihan bendera (re-flagging) kapal dari bendera asal ke bendera Indonesia dan peralihan milik (title transfer) dilakukan pada September-November 2025.

“Selama proses peralihan, kapal Hai Long akan tetap dioperasikan oleh pemilik lama untuk mengerjakan proyek yang sedang berjalan. Kemudian proses finalisasi transaksi hingga peralihan title transfer diharapkan selesai pada akhir Desember 2025, sehingga bisa dioperasikan CBRE secara penuh pada awal 2026,” ungkapnya.

Menurut Amanda, akuisisi ini dilatarbelakangi peluang kerja sama dari mitra strategis, yakni perusahaan global di bidang Engineering, Procurement, Construction, and Installation (EPCI) serta offshore oil & gas operator.

Kerja sama ini dapat berupa time charter, voyage charter, atau subcontract pipelay services untuk proyek instalasi pipa bawah laut, konstruksi lepas pantai, dan service pendukung offshore lainnya.

Kapal Hai Long 106 merupakan kapal berjenis pipelay & lifting vessel yang diakuisisi dari anak usaha Hilong Energy Ltd, Hilong Shipping Holding Ltd.

Kapal sepanjang 161,93 meter tersebut memiliki crane dengan daya angkut 3.000 ton.

Nilai pembelian kapal raksasa ini mencapai USD100 juta atau sekitar Rp1,6 triliun.

Biaya akuisisi kapal tersebut rencananya menggunakan dana hasil rights issue. Namun, kata Amanda, rencana rights issue yang awalnya masuk dalam agenda RUPSLB ditunda. Perseroan berencana memberitahukan kembali bila waktu pelaksanaan telah ditetapkan.

Harga saham CBRE yang sempat menyentuh level Rp18 per saham atau Rp82 miliar membuat nilai akuisisi kapal tersebut jauh di atas nilai kapitalisasi pasar perseroan.

Rencana akuisisi kapal ini membuat harga saham emiten milik pengusaha Happy Hapsoro itu naik tajam.

Sejak awal 2025, harganya melejit lebih dari 3.000 persen. Selain akuisisi kapal, rumor kolaborasi CBRE dengan Hafar Group juga mengemuka meski dibantah oleh PT Petrosea Tbk (PTRO) dan PT Rukun Raharja Tbk (RAJA).

Untuk diketahui bahwa PT Cakra Buana Resources Energi Tbk. (CBRE) adalah perusahaan pelayaran yang didirikan pada tahun 2016 dan berpusat di Jakarta.

Perusahaan ini memiliki spesialisasi dalam transportasi laut menggunakan kapal tunda (tugboat) dan tongkang (barge) untuk pengangkutan komoditas curah seperti hasil tambang, konstruksi, dan barang industri lainnya.

CBRE juga menawarkan layanan time charter, freight charter, dan manajemen kapal untuk pelayaran domestik dan internasional. 

Pada Januari 2023, perusahaan ini memiliki dua kapal tunda dan lima tongkang. Pada September 2025, CBRE juga menuntaskan akuisisi sebuah kapal pipe-laying & lifting vessel untuk memperkuat bisnis offshore, kemudian menambah armada yang lebih besar lagi. 

Untuk diketahui bahwa PT Cakra Buana Resources Energi Tbk. (CBRE) adalah perusahaan pelayaran yang didirikan pada tahun 2016 dan berpusat di Jakarta.

Perusahaan ini memiliki spesialisasi dalam transportasi laut menggunakan kapal tunda (tugboat) dan tongkang (barge) untuk pengangkutan komoditas curah seperti hasil tambang, konstruksi, dan barang industri lainnya.

CBRE juga menawarkan layanan time charter, freight charter, dan manajemen kapal untuk pelayaran domestik dan internasional. 

Pada Januari 2023 lalu, perusahaan ini memiliki dua kapal tunda dan lima tongkang.

Pada September 2025, CBRE juga menuntaskan akuisisi sebuah kapal pipe-laying & lifting vessel untuk memperkuat bisnis offshore mereka, menambah armada yang lebih besar lagi. (***)

Previous Post

Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

Next Post

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

Next Post

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5344 shares
    Share 2138 Tweet 1336
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4470 shares
    Share 1788 Tweet 1118
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3542 shares
    Share 1417 Tweet 886
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2752 shares
    Share 1101 Tweet 688
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2578 shares
    Share 1031 Tweet 645

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

September 24, 2025

TPK SEMARANG

September 24, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In