• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Wednesday, December 24, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

  • Port
    Teluk Lamong Resmikan Integrated Planning & Control serta Green Shelter Waiting Area

    Teluk Lamong Resmikan Integrated Planning & Control serta Green Shelter Waiting Area

    Pembangunan Pelabuhan Wanam Untuk Ketahanan Energi

    Pembangunan Pelabuhan Wanam Untuk Ketahanan Energi

    Operasional Teluk Bayur Normal, Fokus Pada Kapal Bantuan Bencana Aceh, Sumut & Sumbar

    Operasional Teluk Bayur Normal, Fokus Pada Kapal Bantuan Bencana Aceh, Sumut & Sumbar

    IPCC Bakal Bagikan Dividen Rp 47.57 Miliar

    IPCC Bakal Bagikan Dividen Rp 47.57 Miliar

    Kemenko Perekonomian Apresiasi Transformasi Operasional Pelindo di KTI

    Kemenko Perekonomian Apresiasi Transformasi Operasional Pelindo di KTI

    PT Pelabuhan Lembar Sejahtera Peroleh Konsesi 30 Tahun

    PT Pelabuhan Lembar Sejahtera Peroleh Konsesi 30 Tahun

    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

  • Port
    Teluk Lamong Resmikan Integrated Planning & Control serta Green Shelter Waiting Area

    Teluk Lamong Resmikan Integrated Planning & Control serta Green Shelter Waiting Area

    Pembangunan Pelabuhan Wanam Untuk Ketahanan Energi

    Pembangunan Pelabuhan Wanam Untuk Ketahanan Energi

    Operasional Teluk Bayur Normal, Fokus Pada Kapal Bantuan Bencana Aceh, Sumut & Sumbar

    Operasional Teluk Bayur Normal, Fokus Pada Kapal Bantuan Bencana Aceh, Sumut & Sumbar

    IPCC Bakal Bagikan Dividen Rp 47.57 Miliar

    IPCC Bakal Bagikan Dividen Rp 47.57 Miliar

    Kemenko Perekonomian Apresiasi Transformasi Operasional Pelindo di KTI

    Kemenko Perekonomian Apresiasi Transformasi Operasional Pelindo di KTI

    PT Pelabuhan Lembar Sejahtera Peroleh Konsesi 30 Tahun

    PT Pelabuhan Lembar Sejahtera Peroleh Konsesi 30 Tahun

    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Tak Benar Sistem Ticketing Jadi Penyebab Macet di Merak-Bakauheni

oceanweek by oceanweek
April 24, 2024
in Berita Lain
Tak Benar Sistem Ticketing Jadi Penyebab Macet di Merak-Bakauheni
350
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

PT ASDP Indonesia Ferry membantah jika sistem ticketing dinilai menjadi penyebab kemacetan yang terjadi di lintasan Merak-Bakauheni pada saat Lebaran 2024 lalu.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Banten Benny Nurdin Yusuf, dalam rapat evaluasi penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2024, pada Senin lalu (22/4), menyoroti jika sistem ticketing dinilainya menjadi salah satu penyebab kemacetan saat Angkutan Lebaran 2024 baru-baru ini.

“Mungkin iya (penyebab kemacetan) itu sistem ticketing. Tetapi saya tidak elok membicarakan itu, karena itu sistem milik ASDP,” katanya.

Menanggapi hal itu, Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menyampaikan bahwa secara umum penyelenggaraan Angkutan Lebaran berjalan sukses, aman dan selamat termasuk pada layanan moda penyeberangan.

Shelvy menyatakan, keberhasilan penyelenggaraan layanan Angkutan Lebaran ini dapat terwujud karena sinergi dan kolaborasi seluruh stakeholder yang telah mendukung dan menyukseskan layanan arus mudik maupun balik penyeberangan pada Angkutan Lebaran 2024.

“Apresiasi kepada seluruh stakeholder, mulai dari regulator Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kemenko PMK, TNI dan Polri, Pemerintah Provinsi dan Daerah, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfotik, asosiasi perusahaan ferry, dan para operator kapal, serta yang tidak kalah penting kepada seluruh pengguna jasa yang tertib untuk mempersiapkan perjalanan lebih awal dan membeli tiket sebelum tiba di pelabuhan, sehingga layanan angkutan penyeberangan pada periode Lebaran ini dapat berjalan lancar, aman, dan nyaman sehingga dapat terwujud perjalanan mudik ceria penuh makna,” ujarnya kepada Ocean Week, Rabu malam.

Tidak lupa, sambungnya, apresiasi juga disampaikan kepada seluruh petugas Posko lapangan baik dari ASDP dan juga seluruh mitra pendukung yang telah siap sedia membantu kelancaran pelayanan dan operasional arus Lebaran. Tidak ketinggalan, apresiasi kepada seluruh media massa yang secara berkala menyampaikan update informasi kepada masyarakat luas.

Kendati secara umum berjalan lancar dan terkendali, Shelvy mengakui, terjadi dinamika dalam pelayanan kepada pengguna jasa yang dinilai belum sempurna, sehingga terdapat sejumlah catatan dan evaluasi dari layanan penyeberangan ASDP di masa Angkutan Lebaran tahun ini. Hal ini terutama dilandasi oleh lonjakan pergerakan yang sangat signifikan.

Shelvy mengungkapkan bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun turut menyampaikan penilaian dari Presiden Joko Widodo bahwa secara umum layanan Angkutan Lebaran berjalan baik, namun ada beberapa catatan yang perlu diperbaiki, yakni kemacetan yang masih cukup panjang menuju Pelabuhan Merak saat arus mudik kemarin.

“Hal ini tentu menjadi perhatian ASDP, namun kita semua sepakat bahwa langkah evaluasi dan perbaikan juga menjadi concern seluruh stakeholder di Pelabuhan penyeberangan yang bersepakat untuk terus meningkatkan koordinasi dan kolaborasi agar layanan baik saat Angkutan Lebaran, Angkutan Natal dan Tahun Baru dan juga layanan di saat kondisi normal tetap berjalan lancar, aman dan nyaman sehingga tujuan kita bersama untuk melayani masyarakat, dapat tercapai maksimal,” tutur Shelvy.

Menurut dia, peran dan kolaborasi stakeholder di lingkungan Pelabuhan penyeberangan sangat penting. Misalnya, terkait dengan penetapan jadwal operasi kapal dan penerbitan surat izin berlayar merupakan kewenangan dari Regulator yakni Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) selaku otorita pelabuhan. Bila mengambil contoh, peran besar BPTD ini sama halnya seperti AirNav Indonesia yang bertanggungjawab mengatur lalu lintas d udara.

Selanjutnya, untuk peran dalam pengaturan rekayasa lalu lintas jalan dan law enforcement tentunya menjadi kewenangan aparat Kepolisian. Hal yang patut diapresiasi dalam pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran kemarin, adalah konsistensi penerapan sistem penundaan (delaying system) melalui penyediaan titik zona penyangga (buffer zone) di rest area oleh jajaran Polda, yang juga menjadi key success sebagai upaya menyeimbangkan antara kapasitas pelabuhan yang tersedia dengan jumlah kendaraan yang masuk ke dalam pelabuhan.

Kata Shelvy, salah satu catatan evaluasi yang akan menjadi perhatian manajemen ASDP selaku operator pelabuhan ialah fokus dalam memberikan pelayanan penyeberangan dan pelabuhan kepada pengguna jasa, dan memastikan kesiapan sarana dan prasarana pelabuhan.

“Evaluasi ini tentu akan menjadi masukan khususnya menghadapi layanan Angkutan Natal dan Tahun Baru mendatang,” ungkapnya lagi.

Manajemen, katanya, juga akan terus mendorong masyarakat untuk melakukan reservasi tiket penyeberangan sejak awal dan sudah bertiket sebelum tiba di pelabuhan.

“Catatan kami, di saat arus mudik kemarin terdapat 19.700 unit kendaraan tidak bertiket saat menuju pelabuhan ketika puncak arus balik. Kondisi ini berdampak, terjadinya antrian kendaraan yang mengular panjang hingga lebih dari 8 kilometer keluar dari area pelabuhan,” jelasnya.

Sejak penerapan reservasi tiket online di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk pada 2020, manajemen terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas agar dapat mempersiapkan perjalanan jauh-jauh hari saat hendak menyeberang.

Terbukti, penyelenggaraan layanan Angkutan Lebaran di masa pandemi Covid-19 pada tahun 2021 hingga 2023 lalu, dapat berjalan lancar seiring penerapan penjualan tiket ferry secara online melalui Ferizy.

Apalagi tiket ferry kini sudah dapat dibeli sejak H-60 sehingga pengguna jasa dapat dengan mudah, cepat dan nyaman saat membeli tiket melalui aplikasi Ferizy.

Selain melalui Ferizy, pengguna jasa juga dapat melakukan pembelian atau pembayaran melalui mitra penjualan resmi sejak jauh hari supaya tidak kehabisan kuota.

“Kami selalu mengingatkan agar masyarakat untuk menghindari pembelian tiket di calo, dan memastikan datang ke pelabuhan sesuai jadwal yang tertera di tiket,” tuturnya.

Salah satu hal positif dan diapresiasi oleh ASDP adalah kerja sama para pemudik motor yang saat mudik kemarin dilayani melalui Pelabuhan Ciwandan.

Pasalnya, mayoritas pemudik motor telah mematuhi arahan untuk bertiket sebelum tiba di pelabuhan. Dengan demikian pelayanan pemudik motor dari Ciwandan – Bakauheni dapat terlayani dengan baik.

Shelvy mengungkapkan pada periode Hari Lebaran Rabu (10/4) atau H hingga Minggu (14/4) atau H+3, ASDP mencatat bahwa hanya terdapat sekitar 1.800 atau 1,8 persen pengguna jasa yang datang ke pelabuhan dengan kondisi tanpa tiket pada hari kedatangan untuk menyeberang sehingga arus balik penyeberangan kemarin berjalan lancar dan terkendali.

“Artinya, secara data akumulatif, pemudik bertiket yang tiba di pelabuhan Bakauheni saat arus balik mencapai 98,2 persen. Bila dibandingkan arus mudik dimana jumlah tidak bertiket mencapai 32 persen atau sekitar 19.000 kendaraan,” kata Shelvy Arifin. (**)

Previous Post

Kinerja Pelindo Regional 2 Positif, Tapi…

Next Post

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

Next Post

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6244 shares
    Share 2498 Tweet 1561
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5419 shares
    Share 2168 Tweet 1355
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4519 shares
    Share 1808 Tweet 1130
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    4113 shares
    Share 1645 Tweet 1028
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3854 shares
    Share 1542 Tweet 964

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Nataru, Dirtek Pelindo Tinjau Kesiapan Pelabuhan di Sulsel

Nataru, Dirtek Pelindo Tinjau Kesiapan Pelabuhan di Sulsel

December 24, 2025

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

December 24, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In