• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Monday, December 1, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

  • Port
    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

  • Port
    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Iperindo Gelar Pelatihan SMK3, 27% Perusahaan Galangan Belum Terapkan Keselamatan Kerja

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Port

2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas

oceanweek by oceanweek
October 14, 2025
in Port, Uncategorized
2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas
371
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Terminal petikemas Patimban dipastikan beroperasi penuh pada tahun 2027. Sebab tahun 2026 (hingga Desember) sejumlah peralatan pendukung bongkar muat seperti HMC dan Container Crane sudah didatangkan.

Selain itu, alur pelayaran maupun kolam pelabuhan juga sudah mencapai 14 meter, sehingga kapal-kapal kontainer ukuran besar bisa keluar masuk Patimban.

General Manager Operasional PT Pelabuhan Patimban Internasional (PPI) Bastian A.Nugroho, menyampaikan bahwa pada akhir tahun 2025 ini akan didatangkan 1 unit alat bongkar muat Mobile Harbour Crane (MHC), kemudian pada Maret 2026 akan didatangkan 1 unit lagi. Sedangkan pada kuartal ke 4 tahun depan akan didatangkan 1 unit quay container crane (QCC).

“Untuk mendukung layanan petikemas itu nantinya kami akan menyediakan 3 unit QCC dan 9 unit rubber tyred gantry crane (RTG). Harapannya, saat terminal petikemas beroperasi penuh pada akhir Desember 2026, kita sudah siap,” ujar Bastian saat ditemui di Kantornya, di Patimban, Selasa (14/10).

Bastian. (**)

Dia juga mengatakan untuk menopang layanan petikemas dan kelancaran lalu lintas angkutan maupun barang, diperlukan dukungan akses tol yang langsung terhubung dari dan ke pelabuhan Patimban.

Hari Selasa (14/10) ini, Ocean Week yang berkesempatan kembali berkunjung ke pelabuhan Patimban, melewati jalan Pantura setelah keluar tol Cikampek, hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menitan untuk sampai ke pelabuhan.

Hanya saja, Ocean Week membayangkan jika jalan tol akses langsung ke pelabuhan Patimban belum selesai sampai terminal petikemas beroperasi full di tahun 2027, bisa saja terjadi kepadatan, bahkan kemacetan, karena truk-truk petikemas setiap saat bakal lalu lalang di jalan Pantura mulai Cikampek-Subang (Patimban). Ditambah lagi truk-truk yang mengangkut mobil untuk dikapalkan melalui pelabuhan Patimban.

Karena itu, pemerintah mesti memprioritaskan penyelesaian jalan tol akses ke pelabuhan Patimban, sebelum terminal petikemas beroperasi penuh di tahun 2027 nanti.

Seperti diketahui bahwa jalan tol itu, saat ini terus dikebut oleh pemerintah. Ocean Week juga sempat melihat jalan layang tersebut sedang dalam pembangunan. Kita bisa melihat bangunan jalan tol yang sedang dikerjakan itu ketika kita mau memasuki jalan akses ke pelabuhan Patimban.

Setelah diresmikan operasional pelabuhan Patimban oleh Presiden Jokowi (waktu itu) di tahun 2021 lalu, pelabuhan yang berada di Kabupaten Subang ini terus menggeliat.

Aktifitas kapal, pengangkut kendaraan pun langsung memadati kegiatan di terminal kendaraan. Paling tidak sudah 200 ribuan kendaraan dikapalkan lewat pelabuhan Patimban ke berbagai daerah di luar Jawa, dan ada pula yang ekspor ke negara tetangga Indonesia (Brunei Darussalam).

Pelabuhan Patimban di Subang Jawa Barat, kini menjadi daya tarik tersendiri bagi pelaku usaha logistik, menyusul kian masifnya project penyelesaian pembangunan pelabuhan tersebut.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Patimban, Moh Arief Agustian menyampaikan, rencananya pengoperasian terminal petikemas pelabuhan Patimban dimulai secara bertahap pada Januari 2026.

Arief. (**)

“Kalau dari sisi kami terutama yang menyangkut kesiapan fisik didalam pelabuhan Patimban sudah siap, terutama untuk kegiatan layanan petikemas,” katanya.

Arief juga mengungkapkan, bahwa fasilitas eksisting yang sudah ready untuk melayani petikemas di pelabuhan Patimban dengan kapasitas 250.000 twenty foot equivalent units (TEUs) saat ini yakni dermaga petikemas sepanjang 450 meter, dengan backup area penumpukan petikemas seluas 10 Hektare.

“Dermaga bisa melayani dua kapal sekaligus. Adapun alur dan kolam pelabuhan akan menjadi -14 mLWS (akhir tahun ini). Sekarang sedang dilakukan pengerukan, dan hampir selesai,” ungkapnya.

Arief berharap keberadaan pelabuhan Patimban bukan sebagai kompetitor pelabuhan Tanjung Priok, namun sebagai pelabuhan yang saling melengkapi demi mewujudkan konektivitas logistik nasional untuk bisa berdaya saing global.

Sebelumnya, Takahiro Arai, General Manager Sales & Marketing PT Patimban Global Gateway Terminal (PGT) menyampaikan Terminal Peti Kemas Patimban bakal beroperasi mulai Januari 2026.

Pelaku Usaha Sambut Positif

Pelaku usaha logistik di Jawa Barat (Jawa Barat) menyambut positif langkah Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi untuk mengakselerasi pembangunan akses tol ke Pelabuhan Patimban, Subang Jawa Barat, guna mendukung kelancaran arus barang dan konektivitas logistik.

Ketua DPW ALFI Jawa Barat, Irfan Hakim mengatakan pelabuhan Patimban kini telah menjadi episentrum baru dalam pengembangan perekonomian dan industri di luar Jabodetabek yaitu kawasan yang terdiri dari Subang, Sumedang, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Kabupaten Cirebon, dan Kota Cirebon, yang semuanya itu terletak di kawasan bagian utara Provinsi Jawa Barat.

“Sebagai pelaku usaha kami sangat gembira jika aksel tol dari dan ke pelabuhan Patimban yang menghubungkan langsung dengan sentra industri maupun hinterland-nya bisa segera direalisasikan,” ujar Irfan.

Dia mengungkapkan, kehadiran Pelabuhan Patimban yang notabene merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN), saat ini tidak hanya mempermudah aliran arus barang dan konektivitas sektor pendistribusian dan logistik masa depan, tetapi juga menjadi simpul dari kegiatan ekspor otomotif dari sejumlah kawasan Industrinya di Jawa Barat.

“Dengan kapasitas pelabuhan yang memadai dan akses jalan tol dipersiapkan, kami optimistis akan lebih cepat membangun ekosistem logistiknya yang melibatkan hinterland serta pelaku usaha terkait didalamnya,” ujarnya.

Irfan yakin, dengan optimalisasi operasional pelabuhan Patimban bakal mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat dan mendorong tumbuhnya lapangan kerja.

Apalagi Pemerintah saat ini juga terus memperkuat ekosistem investasi di Jawa Barat melalui pengembangan kawasan industri (Patimban Industrial Estate) yang berlokasi tepat di sebelah Pelabuhan Patimban dan terhubung langsung dengan jaringan jalan tol. Kawasan industri ini disebut akan menjadi motor pertumbuhan ekonomi baru di Jawa Barat, khususnya di sektor manufaktur dan logistik.

“Patimban merupakan pelabuhan masa depan yang mendekati sentra industri (hinterland-nya),” kata Irfan.

Konektivitas

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Dedi Mulyadi mengatakan pentingnya percepatan pembangunan akses tol menuju Pelabuhan Patimban, Subang Jawa Barat. Pasalnya kelancaran ekspor sangat bergantung pada konektivitas infrastruktur logistik yang baik.

Dedi menegaskan, pihaknya akan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur strategis yang dapat memperkuat sektor industri dan ekspor. Dengan tersambungnya akses tol menuju Pelabuhan Patimban, Jawa Barat diharapkan semakin siap menjadi pusat ekspor nasional yang efisien, kompetitif, dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dia menjelaskan, percepatan pembangunan akses jalan menuju pelabuhan akan mendukung kelancaran pengiriman barang ke luar negeri, mempercepat arus logistik, dan meningkatkan efisiensi biaya transportasi bagi pelaku industri di Jawa Barat.

“Patimban itu akses ke tolnya harus segera dipercepat biar ekspornya lancar, sebab kelancaran ekspor bukan hanya berdampak pada perusahaan, tetapi juga memberikan efek domino bagi perekonomian masyarakat,” kata Gubernur Jabar Dedi Mulyadi. (***)

Previous Post

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

Next Post

CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

Next Post
CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6234 shares
    Share 2494 Tweet 1559
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5412 shares
    Share 2165 Tweet 1353
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4516 shares
    Share 1806 Tweet 1129
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    4044 shares
    Share 1618 Tweet 1011
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3841 shares
    Share 1536 Tweet 960

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Merak-Bakauheni Sudah Kelebihan Kapal, Perlu Tambah Dermaga

Gapasdap Kerahkan Armada Bantu Kelancaran Logistik ke Daerah Bencana

December 1, 2025

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

December 1, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In