PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) sebagai salah satu subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang bergerak di bidang Marine, Equipment, Port Services, Dredging dan Shipyard (MEPS) berkomitmen memberikan pelayanan terbaik, termasuk menjelang libur hari raya Natal 2025 dan perayaan tahun baru 2026 (Nataru).
Sebagai bagian dari service excellence, SPJM telah menyiapkan upaya-upaya mengantisipasi lonjakan jumlah arus kapal seiring dengan adanya peningkatan penumpang kapal dan pengiriman logistik yang signifikan pada akhir tahun. Peningkatan arus kapal ini tentunya dibarengi dengan peningkatan kebutuhan pelayanan bagi kapal-kapal yang berkegiatan di wilayah operasional SPJM.
“Menjelang akhir tahun, SPJM memastikan seluruh lini layanan kami, baik marine, equipment, port services atau pun dredging dan shipyard siap beroperasi dan melayani pelanggan secara optimal,” ujar SVP Sekretaris Perusahaan SPJM, Tubagus Patrick dalam keterangan tertulisnya yang diterima Ocean Week, Rabu.
Patrick juga menyampaikan beberapa upaya yang perseroan lakukan diantaranya dari kesiapan SDM Pandu dan Pendukung Pandu
(operator radio, Planner), Sarana Bantu pemanduan ( Kapal tunda, Kapal Pandu dan Kapal kepil) dan Prasarana pemanduan (stasiun pandu, kendaraan operasional, Radio komunikasi) serta kesiapan sistem IT yang memudahkan pengguna jasa mulai dari pengajuan pelayanan dan memonitor progres pelayanan hingga nanti proses pembayaran.
Selain itu, ungkap Patrick, selama liburan panjang dalam rangka Hari Natal dan dan tahun baru, pihaknya memastikan pelayanan berjalan lancar, tepat waktu, dan yang terpenting aktivitas operasional pengguna jasa di pelabuhan dapat berjalan denga aman tanpa kendala yang berarti.
“Jika ada keluhan terkait pelayanan maupun saran dan masukan untuk perbaikan layanan, kami juga menyediakan call center yang bersedia 24/7 melalui nomor telepon 102, Chat Whatsapp 0811-1552-102, atau Email customer.care@pelindo.co.id,” jelasnya.
SPJM memberikan pelayanan Pemanduan dan Penundaan kapal 24/7 bagi pengguna jasa dengan target zero Acident dan zero Waiting time serta kehandalan sistem pelayanan kapal berbasis on line melalui aplikasi Phinisi yang terintegrasi dengan pelayanan Inaportnet sebagai wujud komitmen dukungan kelancaran aktivitas kepelabuhanan, sebagai bagian dari rantai logistik dan transportasi laut, untuk kelancaran kegiatan masyarakat di momen perayaan Natal dan Tahun baru. (***)





























