• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Wednesday, October 15, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

  • Port
    2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas

    2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas

    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

  • Port
    2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas

    2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas

    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Port

Jika Gagal Bayar, China akan Ambil Pelabuhan Kenya

oceanweek by oceanweek
November 10, 2019
in Port
Jika Gagal Bayar, China akan Ambil Pelabuhan Kenya

Salah satu terminal petikemas di Indonesia. (**)

424
SHARES
2.5k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pemerintah Kenya terancam kehilangan pelabuhan Mombasa apabila negara itu gagal membayar pinjaman kepada China.

Pada November, African Stand melaporkan, Kenya berpotensi kehilangan aset-aset strategisnya jika tak mampu melunasi utang kepada China. Kenya menggunakan pinjaman tersebut untuk pengembangan Standard Gauge Railway (SGR).

Tak hanya Mombasa, pelabuhan Kenya lainnya yang juga dipertaruhkan ialah Inland Container Depot di Nairobi.

“Imbas pengambilalihan pelabuhan itu, nantinya juga bisa berdampak pada nasib ribuan pekerja pelabuhan yang terpaksa harus bekerja di bawah pemberi pinjaman China,” tulis African Stand, Minggu (10/11).

Selanjutnya, pendapatan dari pelabuhan akan langsung dikirim ke China, sebagai pengganti sekitar sh 500 miliar atas pinjaman untuk pembangunan dua bagian SGR.

Kendati demikian, audit yang yang diselesaikan bulan lalu menunjukkan aset Otoritas Pelabuhan Kenya (KPA) yang mencakup pelabuhan Mombasa, dapat diambil alih jika SGR tidak menghasilkan cukup uang tunai untuk melunasi utang.

China bukan kali pertama melakukan akuisisi atas pelabuhan seperti kasus ini. Sebelumnya, pada bulan Desember 2017, pemerintah Sri Lanka juga kehilangan Hambantota dan diambil alih China untuk masa sewa 99 tahun setelah gagal menunjukkan komitmen dalam pembayaran pinjaman miliar USD.

New York Times menyebut, akusisi itu memberikan China kendali atas kepemilikan wilayah yang menguntungkan di jalur strategis komersial dan militer.

“Kasus ini adalah salah satu contoh dari penggunaan pinjaman dan bantuan ambisius China untuk mendapatkan pengaruh di seluruh dunia,” kata New York Times, 12 Desember 2017.

Di bawah ini adalah daftar pelabuhan petikemas di Afrika berdasarkan urutan ukuran pelabuhan, throughput TEU Kontainer, dan Investasi perbaikan.

1. Pelabuhan Petikemas Durban, Afrika Selatan

Durban adalah pelabuhan kargo tersibuk di Afrika dan merupakan rumah bagi salah satu terminal kontainer terbesar di belahan bumi bagian selatan.

Pelabuhan ini memiliki total 59 tempat berlabuh dan Kargo yang ditangani sebesar 42.668.119 ton, termasuk produk minyak dan minyak bumi. Namun, tonase ini tidak termasuk kontainer, dimana pelabuhan ini mampu menangani 1,9 juta TEU Kontainer.

2. Pelabuhan Petikemas Richards Bay, Afrika Selatan

Pelabuhan Richards Bay, merupakan terminal ekspor batubara terbesar di dunia. terletak sekitar 160km timur laut Durban dan 465 km selatan Maputo, di pesisir timur Afrika Selatan.

Throughput rata-rata pelabuhan ini, lebih dari 80 juta ton kontainer per tahun, yang mewakili 60% kargo se-Afrika Selatan.

3. Pelabuhan Petikemas Kenya, Mombasa

Pelabuhan Kenya di Kenya, Mombasa, adalah salah satu pelabuhan terpenting di Afrika Timur untuk mengatasi arus lalu lintas yang padat. Namun, saat ini program rehabilitasi sedang berlangsung disana.

Kapasitas tahunan pelabuhan ini sebesar 8,1 juta ton, dimana 72% adalah impor per tahun. pelabuhan utama Kenya ini memiliki 21 tempat berlabuh, dua dermaga minyak curah dan dermaga massal kering yang dapat menangani kapal draft modern.

4. Pelabuhan Petikemas Dar Es Salaam, Tanzania

Pelabuhan Dar Es Salaam di Tanzania merupakan salah satu Pelabuhan Petikemas di Afrika yang terbesar. Dar Es Salaam memiliki terminal peti kemas khusus yang dilengkapi dengan dua kapal pengangkut gantry crane (SSG), masing-masing dengan kapasitas angkat 35,6 ton. Ini didukung oleh enam gantry gantry grater (RTG) untuk menampung susun di halaman.

Terminal kontainer memiliki tiga tempat berlabuh dengan kapasitas penanganan 200.000 TEU Kontainer per tahun. Lalu pada tahun 2006, fasilitas ini menangani lebih dari 5,5 juta ton kontainer.

5. Pelabuhan Beira, Mozambik

Beira, Mozambik terletak di muara Sungai Pungue. Adanya Pelabuhan tersebut terhubung langsung dengan daerah pedalaman (Zimbabwe dan Zambia) melalui jaringan jalan dan kereta api, dan saat ini hanya melalui jalan darat ke Malawi.

Beira mozambik adalah salah satu Pelabuhan Petikemas di Afrika yang terbesar dan mampu menampung 46.775 TEU kontainer. Total throughput pelabuhan untuk tahun ini adalah 1.367.238 ton.

6. Pelabuhan Petikemas Djibouti

Djibouti mampu menghubungkan kerja sama dengan Timur Tengah karena “Djibouti Free Zone (DFZ)” dikelola oleh JAFZA Dubai.

Total Throughput Terminal saat ini memiliki kapasitas penangan kontainer 350.000 TEU Kontainer per tahun. Sejak tahun 2001 persediaan kontainer Djibouti Port telah berlipat ganda yang menjadikannya salah satu pelbuhan terbaik di Afrika.

7. Pelabuhan Petikemas Terusan Suez, Mesir

Terminal peti kemas ini adalah salah satu Pelabuhan Petikemas di Afrika, yang mulai beroperasi pada tahun 2004. Dan dinobatkan sebagai “The Top Ten African Ports” berdasarkan tingkat perkembangannya yang luar biasa.

Pada tahun pertama operasinya, pelabuhan tersebut menangani 700.000 TEU Kontainer. Kemudian mencapai 1 juta TEU kontainer dalam 18 bulan pertama operasi.

8. Pelabuhan Petikemas Lagos, Nigeria

Pelabuhan Lagos adalah pelabuhan utama Nigeria dan terbagi menjadi tiga divisi utama: Pelabuhan Lagos, Pelabuhan Apapa dan Pelabuhan Tin Can.

Meningkatnya produk minyak bumi ke ekonomi Nigeria melalui jalur pelabuhan ini telah membantu mengkompensasi penurunan bahan baku, dengan sektor hidrokarbon dan menyumbang 20% ​​dari PDB, dan 95% pendapatan devisa untuk Nigeria secara keseluruhan.

9. Pelabuhan Petikemas Walvis Bay, Namibia

Walvis Bay adalah pelabuhan utama Namibia dan terletak di pantai barat Afrika bagian selatan. Pelabuhan ini memiliki dermaga beton seluas 1.400 meter.

Pelabuhan saat ini menangani lebih dari dua juta ton kargo setiap tahunnya dan menarik lebih banyak jumlah jalur pelayaran sebagai penelepon reguler.

10. Pelabuhan Petikemas Teluk Saldanha, Afrika Selatan

Pelabuhan Teluk Saldanha bertujuan untuk mengekspor bijih besi pada awal tahun 1970an, namun pelabuhan tersebut telah mendiversifikasi basis komoditas secara signifikan selama tiga dekade terakhir.

Fasilitas ekspor bijih besi di pelabuhan saat ini sedang ditingkatkan untuk menangani hingga 39 juta ton per tahun. (kprn/as/**)

Previous Post

Kapal Kargo Terbakar di Marunda

Next Post

RI Hadiri ASEAN STOM & ATM di Vietnam

Next Post
RI Hadiri ASEAN STOM & ATM di Vietnam

RI Hadiri ASEAN STOM & ATM di Vietnam

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6166 shares
    Share 2466 Tweet 1542
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5375 shares
    Share 2150 Tweet 1344
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4489 shares
    Share 1796 Tweet 1122
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3782 shares
    Share 1513 Tweet 946
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3776 shares
    Share 1510 Tweet 944

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

October 14, 2025
2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas

2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas

October 14, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In