Perusahaan Pelayaran raksasa Cosco telah meningkatkan kapasitas ke salah satu layanan Gulf Coast Asia-AS dengan mengganti panamax 5.000 TEU ke kapal kapasitas 8.800 TEUs, lapor Journal of Commerce New York.
Kapal-kapal yang lebih besar yang dulunya hanya bisa berlabuh di pelabuhan pantai barat sekarang dapat transit di Terusan Panama, dan sekarang akan dapat berlabuh di pelabuhan-pelabuhan Teluk AS yang baru dikeruk.
8.500 TEUs Cosco Filipina biasanya berlabuh di Pelabuhan Los Angeles dan juga berlabuh di pelabuhan di Eropa dan pantai timur AS.
Tetapi panduan layanan 2023 sekarang mencantumkan Cosco Filipina sebagai bagian dari layanan Gulf of Mexico Express dari operator, yang meminta di Houston, Mobile, dan Tampa Bay.
Sebelum tahun ini, Gulf of Mexico Express menggunakan serangkaian kapal dengan kapasitas 4.250-5.000 TEU, menurut panduan layanan 2022.
Terlepas dari satu 4.250 TEUs yang masih dalam rangkaian, Gulf of Mexico Express sekarang menampilkan kapal dari 8.000 hingga 8.800 TEU.
Cosco tampaknya telah menguji permintaan untuk kapal yang lebih besar karena tiga dari postpanamax lainnya yang sekarang dikerahkan ke Teluk Mexico Express melakukan panggilan ad hoc ke Pantai Teluk antara Juni 2022 dan Januari 2023.
Unit Orient Overseas Container Line (OOCL) Cosco juga telah memindahkan tiga postpanamax untuk pertama kalinya ke layanan Teluk AS.
Panduan tersebut sebelumnya mencantumkan kapal-kapal yang dikerahkan pada layanan Hibiscus Express OOCL dari China ke Long Beach.
Impor Asia melalui pelabuhan Pantai Teluk AS pada Desember 2022 mengalami penurunan tahunan paling tajam sejak pandemi 2020, turun 14,2 persen dari tahun sebelumnya, menurut data PIERS.
Namun, tingkat total barang Asia yang bergerak melalui Pantai Teluk AS masih jauh di atas tingkat sebelum Covid.
Karena distribusi baru dan kapasitas gudang terus bermigrasi ke luar pantai barat, pelabuhan-pelabuhan Gulf Coast berkembang untuk menangani kapal-kapal yang lebih besar.
Port Houston mengatakan dalam sebuah pernyataan minggu ini telah menyelesaikan segmen 11 mil pertama dari rencana pelebaran Saluran Kapal Houston yang akan memungkinkan postpanamax bergerak lebih baik di sekitar tanker dan kapal curah. (**/scn)



























