• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, October 10, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Tol Laut Moa & Kisar Sudah Selesai

oceanweek by oceanweek
July 18, 2019
in Berita Lain, Uncategorized
Tol Laut Moa & Kisar Sudah Selesai
495
SHARES
2.9k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Para pengusaha di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), khususnya pulau Moa dan pulau Kisar ingin agar kapal tol laut tetap masuk pelabuhan Moa maupun pelabuhan Wonreli.

Begitu pula dengan pemerintah daerah setempat berharap kapal tol laut masih menyinggahi di kedua daerah tersebut. Hanya saja mereka minta kepada Kemenhub (Menteri Perhubungan) supaya rute pelayarannya dikembalikan seperti awal, yakni Surabaya-Kalabahi-Kisar-Moa-Tepa-Larat, jadi tak lagi memasuki Saumlaki.

Salah satu barang milik consignee yang rusak di Kisar.

Selama tiga hari Ocean Week mengikuti perjalanan tim Perhubungan Laut ke kedua pelabuhan tol laut tersebut (tgl 16-18/2019), dan kemudian mendengarkan rapat evaluasi secara marathon antara tim Hubla bersama para pengusaha di Moa maupun Kisar, akibat adanya keterlambatan pengiriman barang (kontainer) ke kedua wilayah itu, diperoleh kesimpulan kalau sebenarnya program tol laut tetap dibutuhkan, hanya saja yang mereka minta agar tidak ada keterlambatan kapal lagi.

Problem yang berhasil Ocean Week catat, bukan hanya menyangkut kerusakan kapal, namun juga adanya keterbatasan berbagai sarana pendukung, seperti kurangnya tronton di Moa untuk angkut kontainer dari kapal ke lapangan penumpukan, kemudian belum adanya lapangan penumpukan kontainer di pelabuhan Moa, serta minimnya muatan balik dai wilayah ini.

Usai rapat evaluasi tol laut di Kisar, berfoto bersama.

Masalah informasi tarif tol laut juga menjadi salah satu yang sangat penting untuk disampaikan kepada para consignee di Moa maupun Kisar. Sebab, akibat minimnya akses informasi tersebut, mereka terkesan dipermainkan oleh para JPT (jasa kepengurusan transportasi).

Sebagai misal, tarif tol laut (subsidi) dari Tanjung Perak ke Moa itu Rp 6.001.500, sedangkan Tanjung Perak ke Kisar Rp 6.059.000. Tetapi dalam kenyataannya, para consignee harus membayar ongkos lebih dari tarif yang ditentukan pemerintah.

Misalnya dari Surabaya ke Moa mencapai Rp 11,7 juta. “Itu katanya ada paket depo yang tak termasuk dalam subsidi,” ujar Fajar dan Tomi, pengusaha di Moa.

Kustopo (nakhoda Kendhaga Nusantara 5) berdiskusi dengan Hasan, kepala seksi tramper dan PELRA, Hubla.

Bahkan, menurut mereka, beberapa penyedia jasa transportasi menawarkan hingga Rp 15 sampai Rp 20 juta per kontainer.

Hal yang tak jauh berbeda juga terjadi di Kisar. Keterlambatan menjadi faktor utama keresahan para pangusaha di Kisar. Akibat dari hal itu, mereka pun mengalami kerugian, karena barang-barang terlambat sampai di Kisar.

Pelabuhan Kisar sebenarnya sudah lebih memadai dibandingkan Moa. Hanya saja, dermaga yang ada di Kisar patah, sehingga sangat menganggu aktivitas bongkar muat. Begitu pula, fender dermaga serta tempat tali pengikat kapal (tambat) pun sudah rusak, karea itu, dermaga, maupun fasilitas yang lain perlu segera dilakukan perbaikan.

“Dengan keterlambatan kapal kami jadi merugi, banyak barang kami yang rusak. Stok barang untuk masyarakat pun jadi berkurang,” kata Fajar, salah seorang pengusha di Moa saat rapat dengan tim Hubla, dan Kadis Perdagangan MBD Body Davitz, dan Kadis Perhubungan MBD Edi Ubro.

Barang rusak punya pengusaha di Moa yang diklaim.

Harapan serupa pun dinyatakan Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach saat bertemu dengan para pengusaha di Moa dan pihak Ditjen Hubla, pada Selasa (16/7), bertempat di Aula Kantor Kabupaten MBD. Bahkan Bupati mengatakan keinginannya supaya Tol Laut dikembalikan ke Maluku Barat Daya.

Dia berpesan agar tol laut dimanfaatkan benar-benar oleh para pengusaha, karena program ini dinilainya benar-benar sangat membantu kepentingan masyarakat. “Dengan kapal tol laut, harga-harga barang disini dapat dikendalikan, disparitas harga pun antara disini dengan di pulau lain tak jauh berbeda,” ungkap Benyamin.

Cuma, dalam tiga bulan terakhir ini, Bupati mendengar terjadi masalah dalam pelaksanaan tol laut T12 ini, khususnya kapal dari Saumlaki ke Moa dan Kisar. Namun, Benyamin berharap hal itu dapat dicari solusinya. “Saya dengar ada keterlambatan kapal masuk kesini (Moa-Kisar, red), tolong agar kapal nggak telat-telat lagi. Sebab, dengan keterlambatan dapat berpengaruh pada harga barang,” katanya.

Rapat evaluasi di kabupaten Maluku Barat Daya.

Benyamin juga mengingatkan supaya harga kebutuhan pokok di wilayah Tiakur bisa terjangkau oleh masyarakat. “Saya ingin harga murah, tapi pengusaha juga tetap hidup, pelabuhan pun juga hidup. Yang pasti saya ingin kembalikan tol laut ke Maluku Barat Daya,” ungkapnya bersemangat.

Sementara itu, Thomas (akrab dipanggil Tomi), salah satu pengusaha di Moa mengatakan, agar kapal angkutan subsidi (tol laut) ini tidak mengalami masalah lagi.

Permintaan serupa agar kapal tol laut tak terlambat lagi masuk ke Kisar.

Bupati MBD Benyamin Thomas NOACH membuka rapat evaluasi.

Sementara itu, Kepala Seksi Tramper dan pelayaran Rakyat Ditjen Hubla Kemenhub, Hasan S mengungkapkan bahwa pemerintah tetap akan melanjutkan program tol laut untuk T12.

“Kami akan mengevaluasi adanya permintaan perubahan trayek T12, dikembalikan lagi seperti pada awal mula yakni Surabaya, Kalabahi, Kisar, Moa, Tepa, Larat,” katanya kepada Ocean Week, menjawab keinginan para pengusaha terhadap perubahan rute tersebut.

Hasan juga menyatakan, jika para pengusah sudah memperoleh tarif murah, supaya harga barang di masyarakat juga bisa menurun.

Hasan menambahkan, klaim para pengusaha yang barangnya rusak akibat terjadinya keterlambatan kapal tol laut, akan dijembatani untuk memperoleh penggantian kerugian.

Hasan pun sudah menegur pihak operator untuk memperbaiki kinerjanya, supaya problem keterlambatan tak terjadi lagi. (***)

Previous Post

BICT

Next Post

Kemenhub Hibahkan Puluhan Kapal Pelra

Next Post
Kemenhub Hibahkan Puluhan Kapal Pelra

Kemenhub Hibahkan Puluhan Kapal Pelra

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6133 shares
    Share 2453 Tweet 1533
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5375 shares
    Share 2150 Tweet 1344
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4489 shares
    Share 1796 Tweet 1122
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3773 shares
    Share 1509 Tweet 943
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3749 shares
    Share 1500 Tweet 937

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

October 10, 2025

TPK SEMARANG

October 10, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In