• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Saturday, October 11, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Tol Laut Jilid 2, Nyambung dengan Tol Langit

oceanweek by oceanweek
October 25, 2019
in Berita Lain, Uncategorized
Tol Laut Jilid 2, Nyambung dengan Tol Langit
382
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kementerian Perhubungan cq. Ditjen Hubla menggelar FGD Optimalisasi dan Penetapan Trayek Tol Laut Logistik T.A 2020, bertempat di Wisma Antara, Jakarta Pusat, Jumat (25/10).

Kegiatan ini resmi dibuka oleh staf khusus Menhub bidang perekonomian dan investasi, Prof. Wihana, mewakili Dirjen Perhubungan Laut Agus Purnomo.

Pada FDG kali ini juga dibahas mengenai rencana trayek tol laut logistik tahun 2020. Misalnya, jaringan trayek T20 (Teba-60- Bagusa-30-Trimus-30-Kasonaweja-120-Reba) yang dioperatori PT ASDP menggunakan kapal Mamberamo Foja.

Kemudian T21 untuk trayek Merauke-194-Kimaam-18-Moor-40-Bade (mapi)-105-Gantentiri (bouvendigul)-357-Merauke, juga dioperatori ASDP dengan KMP. Muyu.

Selian itu ASDP juga mengoperatori T22, rute Merauke-Atsy-Agats-Merauke, dengan KMP Bambit. Lalu T23, rute Agats-Eci-Agats-Pomako-Agats, menggunakan KMP Kokonao, serta T24 dengan KMP Binar, untuk rute Agats-Sawaerma-Mamugu-Agats.

Dalam sambutannya, Wihana menyatakan bahwa untuk keberhasilan program tol laut, tidak cukup dengan berkoordinasi dengan para pihak terkait, namun harus bekerjasama dengan mereka.

“Bagaimana mengakselerasi tol laut ini. Bagaimana impact dan dampaknya, maka perlu ada unit yang mengawasi delivery nya. Apakah subsidi sudah tepat sasaran atau belum,” kata Wihana.

Dia mengungkapkan juga jika selama ini, tol laut baru menyentuh dari pelabuhan ke pelabuhan. Tapi kedepan, bagaimana dari pelabuhan ke pasar. “Ke depan apa yang mestinya menjadi prioritas dalam tol laut tersebut,” ujarnya.

Staf khusus Menhub Wihana sedang memberi arahan. (**)

Sementara itu, Capt. Wisnu Handoko (direktur Lala Hubla) mengatakan bahwa program tol laut sudah berjalan selama 4 tahunan. “Hampir 300 ribu ton barang sudah dimuat dan didistribusikan ke pelosok negeri,” katanya.

Wisnu juga sependapat dengan Wihana kalau kedepan harus membangun sinergi dengan semua pihak terkait (kementerian terkait, Pemda dan swasta) untuk keberhasilan tol laut ini.

“Kami (Hubla) terus berusaha program tol laut bisa berjalan sebagaimana visi presiden (Presiden Jokowi),” ungkapnya lagi.

Capt. Wisnu Handoko juga menyinggung bahwa banyak yang menanyakan  bagaimana sebenarnya wujud Tol Laut jilid ke dua tersebut.

“Ada permintaan dari Pak Menhub (Budi Karya Sumadi) khusus Papua. Kita sudah sampai Merauke, tapi bagaimana barang itu bisa didistribusikan sampai tujuan. Ini pasti ada tantangan menarik,” ucapnya.

Karena, kata Wisnu, untuk bisa sampai ke arah sana, pasti melibatkan transportasi lain. Itu yang mungkin disebut dengan Tol Langit. “Sebab untuk di Papua, supaya barang bisa sampai tujuan, setelah turun di pelabuhan mungkin diangkut menggunakan pesawat, kita juga sudah kerjasama dengan Telkom, karena jaringan satelitnya sudah canggih menjangkau kesana,” jelasnya.

Menurut dia, yang juga penting adalah bagaimana mengawasi distribusinya, bagaimana kontrolnya, mengingat program tol laut ini bersubsidi menggunakan anggaran negara.

Kata Capt. Wisnu perlu ada Perpres baru, karena Perpres 70 yang ada belum mengatur secara detil tentang peran kementerian terkait (diluar Kemenhub). “Namun begitu kita akan terus bergerak. Sebab, indikator keberhasilan tol laut itu kalau masyarakat puas,” tuturnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari kementerian perdagangan, Pemda, KSOP, dan INSA, ALFI, serta unsur terkait.

Salah seorang dari Sangihe, Sulawesi Utara menyatakan bahwa program tol laut masih sangat diperlukan, karena dengan adanya kapal-kapal tol laut harga barang bisa diturunkan.

Contoh pada tahun 2018, harga barang bisa diturunkan 10-19 persen. “Cuma kami minta interval waktu di pelabuhan yang terlalu cepat bisa dipikirkan lagi, karena banyak barang yang harus dimuat akhirnya ketinggalan.

Sementara itu, salah satu operator tol laut berharap agar tol laut tak masuk ke pelabuhan-pelabuhan yang sudah dimasuki oleh kapal-kapal swasta. “Kalau pelabuhan sudah dimasuki kapal kontainer swasta lebih dari dua atau tiga, kapal tol laut tak perlu masuk, tapi kalau hanya satu yang masuk perlu tol laut masuk, biar tak ada monopoli,” ungkapnya tak mau disebut namanya.

Sejumlah pelayaran mempertanyakan, kenapa tarif pelabuhan yang disinggahi kapal tol laut tak pernah dievaluasi untuk diturunkan.

Saut Gurning dari ITS Surabaya, mempertanyakan bisakah tol laut berkonektivitas dan berinteraksi dengan internasional. (**)

Previous Post

JICT

Next Post

TERMINAL TELUK LAMONG

Next Post

TERMINAL TELUK LAMONG

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6145 shares
    Share 2458 Tweet 1536
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5375 shares
    Share 2150 Tweet 1344
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4489 shares
    Share 1796 Tweet 1122
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3775 shares
    Share 1510 Tweet 944
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3752 shares
    Share 1501 Tweet 938

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

October 10, 2025

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

October 10, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In